Belajar SEO Dasar On page dan Off page

Belajar SEO Dasar On page dan Off page

3 Hal Dasar Agar Website Kita Tampil di Halaman Pertama Google

Banyak orang Indonesia mulai belajar bagaimana caranya membuat website yang SEO Friendly, yaitu website yang bersahabat dengan kemauan robot google. Jika kita tahu apa maunya robot google dan apa saja ciri-ciri artikel yg disukainya, maka relatif mudah caranya untuk tampil di halaman pertama pada search engine google (peringkat 1 SERP = Search Engine Result Page).

Sebagian dari kita ada yg menyewa jasa orang lain (jasa SEO) agar website atau blognya bisa tampil di halaman pertama google. Hal ini memang suatu kebutuhan jika kita ingin mendapatkan banyak pengunjung gratis dari  pencarian orang-orang di google. Namun jika Anda tidak punya anggaran khusus untuk menyewa jasa ahli SEO, maka ada baiknya Anda belajar dari sekarang. Anda bisa belajar dengan membeli Ebook Panduan SEO di internet atau dengan googling mencari sendiri di internet, lalu menyatukan ‘pecahan-pecahan informasi’ yg Anda dapat dan dipraktekkan ke dalam website/blog sendiri.

Tulisan yg ada di Blog RWP Grup ini merupakan sebagian kecil dari luasnya ilmu SEO google. Tulisan ini didasari pengalaman penulis yg kebetulan memiliki belasan website dan hampir semuanya sudah nongol di halaman pertama google.

Dan kebetulan lagi, sekarang penulis tidak terpengaruh dengan banyaknya persaingan di halaman pertama google, baik dimulai dari 1 juta pesaing, 20 juta pesaing, 100 juta pesaing, bahkan sampai 1 milyar halaman pesaing. Semua website bisa tampil di halaman pertama google jika ingin kita targetkan.

Memang itu semua diperoleh tidak dengan cara instan, melainkan dengan praktek SEO selama 4 tahun terakhir dan dengan memberikan pengajaran kepada murid-murid RWP se-Indonesia. Semakin banyak mengajarkan ilmu kepada orang lain, secara tidak disadari kita merasa semakin ahli.  Benar kata orang-orang bijak : “ilmu tidak akan berkurang jika diajarkan kepada orang lain, malah ilmu tersebut makin bertambah…!”.

Oke, Mengapa kita sebagai pelaku bisnis online sangat perlu mempelajari karakter robot google? Karena saat ini Google menguasai lebih dari 80% search engine dunia (mesin pencari), dan setiap hari ada lebih dari 1 milyar pencarian di google yg dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Perhatikan gambar pangsa pasar search engine dunia berikut :

pangsa pasar search engine dunia, seo on page google
Gambar 1. Google kuasai lebih dari 80% pangsa pasar search engine dunia. Anda harus pelajari cara kerja robot google agar mendapatkan keberlimpahan pengunjung google yg mencapai ‘1 milyar pencarian’ per hari.

Data dari Google : Google Search Engine melayani pencarian lebih dari 1 Milyar per hari dari orang-orang di seluruh dunia. Tersebar di 181 negara dan 146 bahasa.

Robot search engine  google (googlebot) sangat menyukai ‘makanan’ berupa konten artikel dan gambar yg seo friendly. Kalau pun sekarang ada istilah SEO Google Panda dan Google Penguin, itu hanya pengembangan script algortima google agar menampilkan halaman website yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan hasil pencarian orang. Untuk Anda ketahui, para enginer google menerapkan lebih dari 200 indikator yg merupakan syarat agar website orang bisa nongol di halaman pertama google. Kita perlu mempelajari indikator-indokator tsb dan sebagian di antaranya bisa kita ketahui dari pemaparan pembuat script googlebot itu sendiri.

Silahkan cek penjelasan cara kerja robot google (googlebot) oleh Matt Cutts, sang Engineer Google yg merupakan salah seorang tokoh penting yg menyusun algoritma robot google :

Apakah Anda bisa memahami isi penjelasan Matt Cutts dalam video di atas? He..he…he…..Mungkin sebagian dari Anda ada yg bisa memahaminya, dan sebagian lagi masih meraba-raba pakai kamus. Oke, untuk Anda yg masih meraba-raba, Saya coba jelaskan sedikit berupa gambar seperti di bawah :

Jika diterjemahkan dalam bentuk tulisan, isi video Matt Cutts di atas kira-kira penjelasannya sebagai berikut :

panduan teknik seo, belajar seo, title dan artikel, nilai pagerank
Gambar 2. Google memperhatikan 3 hal dasar untuk menentukan halaman website siapa yg tampil di halaman 1, yaitu : keyword di dlm artikel, title deskripsi dan isi artikel, serta nilai pagerank google.

~Untuk menelusuri milyaran halaman website di dunia, google menciptakan spider, sebuah program software yg dikenal dengan nama robot google (googlebot).

~Jika menemui suatu halaman website, sang robot akan menelusuri seluruh isi artikel dan gambar, lalu menelusuri link-link yg ada di halaman tersebut.

~Berdasarkan hasil telusur robot google, maka setiap halaman yg ditemui akan diindeks dan disimpan dalam suatu database raksasa google. Indeksasi atau pengelompokan data halaman dilakukan berdasarkan topik yg sama. Topik tsb bisa kata-kata umum sampai kata-kata khusus yg kita kenal dengan istilah keyword.

~Jika ada orang yg mengetikkan suatu kata atau beberapa kata (keyword) pada halaman pencarian google, maka google akan mengeluarkan database hasil indeksasi mereka berupa halaman website kita yg memenuhi kriteria SEO friendly. Website yg paling relevan dengan kata kunci dan paling berkualitas isinya akan tampil di peringkat atas google.

 

#Ada 3 hal yg mesti diperhatikan berdasarkan gambar di atas agar website kita terpilih dan tampil di halaman pertama google :

1. Keyword di dalam artikel atau dokumen website kita : Seberapa sering keyword tsb tercantum di dalam website kita (note : Maksimal 2-5% dari jumlah kata dalam artikel).

2. Di bagian mana keyword tsb diletakkan, misal di judul/title artikel, di dalam nama domain (URL), di dalam meta deskripsi, dll (note : Keyword target Anda harus ada di judul artikel, menyebar di dalam artikel, di dalam meta title dan meta deskripsi, dan yg juga penting adalah keyword tsb dijadikan nama domain).

3. Indikator yg menentukan kualitas suatu website, salah satunya adalah nilai PageRank Google (note : Ada beberapa hal yg menentukan nilai pagerank suatu halaman, di antaranya adalah jumlah dan kualitas link yg menuju ke halaman website kita yg menentukan seberapa penting website kita di mata google. Asumsinya, semakin penting website kita, maka akan semakin banyak website orang lain yg nge-link ke website kita).

———————

Catatan akhir : Sekarang Google tidak menggunakan meta keyword sebagai petunjuk agar bisa tampil di halaman google, melainkan dari meta title, meta description, dan isi artikel yg mengandung keyword target. Riset keyword masih penting dilakukan untuk membuat judul artikel yg mengandung keyword, dan isi artikel yg keywordnya di sebar merata di awal, di tengah, dan akhir artikel.

Okey teman pembaca setia blog RWP Grup, sampai di sini dulu ya bahasan kita tentang SEO Dasar. Nantikan tulisan Saya selanjutnya pada kesempatan yg lain.

 

Sukses untuk Kita yg Mau Belajar dan Praktek,

 

Davit Putra,
========
Artikel terbaru : Cara Memilih Produk Bisnis Online Agar Cepat Menghasilkan>>Klik
#Blog Belajar SEO Google lebih Mendalam>>Klik

× Tanya Produk RWP >>