Mengenal Addon Domain & Cara Install WordPress nya

Apa itu Addon Domain ?

Setiap Anda memesan sebuah layanan hosting, baik plus domainnya atau hosting saja, maka nama domain yang dijadikan rujukan hanya 1 nama saja. Sehingga jika Anda ingin menambahkan domain lain / domain baru atau istilahnya addon domain, Anda perlu memesan domain lain untuk nantinya di gabungkan ke hosting yang ada sebelumnya.

Lalu bagaimana cara addon domain ke hosting yang sudah ada tersebut?

Bisa saja Anda melakukan sendiri, tapi… ya dari pada mumet dan juga memang hampir semua pihak hosting mau menerima konsultasi dan bantuan – bantuan yang ringan, seperti layanan addon domain ini.

Oh iya, kami sarankan sekali, sebaiknya, sebelum Anda memesan domain baru tersebut, lebih bagus lagi bila Anda konfirmasi dahulu ke pihak hosting (bisa melalu LIVE Chat atau buka tiket di member area) bahwa Anda akan membeli domain sekaligus minta tolong domain tersebut “set-kan” ke hosting Anda yang sudah ada itu.

Satu lagi… Anda juga perlu pastikan, bahwa paket hosting Anda betul – betul di berikan fasilitas untuk tambah domain baru. Fitur ini biasanya sudah disampaikan dalam uraian paket – paket hosting yang di jual oleh pihak hosting, namun Anda juga dapat memastikan lagi, bahwa hosting Anda memenuhi untuk addon domain. Keterangannya dapat Anda lihat di bagian sidebar di halaman cpanel Anda, seperti di gambar dibawah ini :

addon domain,cara install wordpress

Jadi kalau disimpulkan sementara bahwa Addon domain merupakan cara menambahkan domain baru di sebuah hosting yang sama, sehingga memungkinkan satu hosting tersebut dapat digunakan untuk dua domain atau lebih.

Domain yang telah di addons merupakan website baru, yang sama sekali bisa berbeda dengan domain utama Anda, karena penyimpanan domain Addons, berbeda root directory dengan domain utama, sehingga memungkinkan membuat 2 website dalam 1 hosting.


Berikut beberapa keuntungan jika menggunakan Addon domain :

1. Anda tidak perlu membuat account hosting baru untuk sebuah domain.
2. Addon domain akan menggunakan resource yang sama dengan domain utama (space, bandwith, dll).
3. Addon domain memiliki FTP manager, website statistic, dan cgi-bin yang akan dibuat secara otomatis (domain yang di addon, tidak memiliki akses cPanel)
4. Addon domain dapat diakses menggunakan beberapa alamat.

Contoh: misalkan domain utama Anda adalah www.web1.com dan domain yang akan di add adalah www.web2.com. Maka untuk mengakses www.web2.com dalam penempatannya dapat menggunakan pola utuh atau sambungan :

www.web2.com (utuh)
www.web1.com/web2 (sambungan)


Berikut cara Addon Domain baru di hosting Anda sebelumnya :

1. Silahkan Anda login dahulu ke cpanel website Anda yang sebelumnya, tulis url nya sesuai dengan format yang disediakan oleh hosting Anda, misal : http://cpanel.domainanda atau http://domainanda/cpanel

addon domain,cara install wordpress

2. Pada kolom Domains, klik pada “Addon Domain”

addon domain,cara install wordpress

3. Setelah masuk ke menu “Addon Domains”, Anda dapat melakukan setting addon domain sesuai dengan contoh berikut ini :

addon domain,cara install wordpress

Poin dari gambar:

– New Domain Name : isi nama domain baru yang akan anda tambahkan (tanpa menggunakan www).
– Subdomain : Nama subdomain yang digunakan addon domainnya, biarkan default atau ganti ke subdomain lain jika subdomain default sudah tersedia sebelumnya.
– Document Root : Penentuan folder addon domainnya, harus didalam folder “public_html”.
– Create FTP : Additional / tambahan jika diperlukan untuk akses FTP khusus ke folder addon domainnya.
– Jika sudah selesai, silahkan klik tombol “Add Domain”.

4. Jika berhasil maka akan muncul nama domain yang telah Anda add tersebut dan terlihat juga di sidebar halaman depan cpanel Anda.



Cara Install WordPress di Addon Domain :

1. Silahkan Anda menuju kolom Softaculous Apps Installer, lalu pilih dan klik “WordPress:

addon domain,cara install wordpress

2. Terbuka Jendela baru, klik “Install Now”

addon domain,cara install wordpress

3. Pada baris Choose Installation URL, pada kotak domain, pastikan Anda memilih “domain baru” Anda dan juga Hapus tulis “wp”, sehingga kotak tersebut menjadi kosong (perhatikan gambar)

addon domain,cara install wordpress

4.  Pada kota Site name, tulis “Nama Domain atau Nam Produk Anda ” dan pada kota deskripsi, tulis deskripsi jualan Anda, cukup singkat dan padat saja (perhatikan gambar)

addon domain,cara install wordpress

5. Disini Anda diminta untuk buat data login, Username dan Passwordnya, agar Anda bisa masuk ke Dashboard WordPress nya nanti. Jangan lupa, catat terlebih dahulu (perhatikan gambar)

addon domain,cara install wordpress

6. Sistem WordPress dan Plugin – pluginnya, sering dilakukan upgrade, maka biar Anda tidak repot upgrade manual, setting ke Auto saja (perhatikan gambar)

addon domain,cara install wordpress

7. Terakhir, masukan email dan klik tombol “Install” untuk segera jalankan penginstalan wordpress nya

addon domain,cara install wordpress

8. Jika muncul jendela seperti dibawah ini, berarti, install WordPress Anda sudah selesai

addon domain,install wordpress

 

Baik… itulah penjelasan singkat tentang bagaimana Mengenal Addon Domain & Cara Install WordPress nya di hosting Anda yang sudah ada sebelumnya. Silahkan bagikan artikel ini agar menjadi kebermanfaat untuk sesama

 

Blog RWPGrup

PT. RWP Grup Indonesia Mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online Website Utama : www.RWPGrup.com | Website Jasa Digital Marketing : www.RWPBC.com Kontak RWP Support : 0813-3454-2867 (SMS/WA/Telegram)

2 thoughts on “Mengenal Addon Domain & Cara Install WordPress nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Produk >>