SEO Google Panda dan Google Penguin

Perkembangan ilmu SEO Google terus berkembang dari waktu ke waktu. Jika tahun 2011 lalu pelaku internet marketer dihebohkan dengan update Google Panda yg menyebabkan banyak website didepak jauh dari halaman pertama google search, kali ini kita kenal istilah update Google Penguin.

Apa perbedaan antara Google Panda dan Google Penguin?

Menurut hemat Saya, Google Penguin merupakan penyempurnaan aturan Google Panda yang lebih mengedepankan tulisan (konten) berkualitas ketimbang hanya tulisan asal jadi (akal-akalan SEO). Google Panda lebih memenangkan artikel yg memiliki SEO on page agar link artikel tsb tampil di halaman pertama google. Menurut yg Saya pelajari, SEO on page memegang peranan sekitar 70%  hingga web kita tampil di halaman pertama google, sementara SEO off page (backlink dll) hanya sekitar 30%. Ilmu ini diajarkan pada Bimbel RWP Kelas Dasar.

Adapun Google Penguin adalah aturan baru yg merontokkan web-web bertipe spam sehingga tidak muncul di halaman pencarian google (google menyebut web-web tsb sebagai webspam tactics to manipulate search engine rankings). Kalo ada istilah spam dalam email (email spam), maka google menerapkan istilah webspam pada website yg tidak sesuai antara judul dan keywords dengan isi artikelnya.

“We’ve always targeted webspam in our rankings, and this algorithm represents another improvement in our efforts to reduce webspam and promote high quality content”.

Pernahkah Anda merasa kecewa mencari sesuatu di google karena yg ditemukan hanyalah website yg tidak relevan isinya? Anda mencari sesuatu dg keyword tertentu di google, lalu menemukan title website yg kayaknya cocok dengan pencarian, namun setelah diklik link webnya ternyata hanya menampilkan judul saja atau 1 paragraf yg isinya tidak memuaskan. Maksudnya apa yg Anda cari di google tidak sesuai dengan apa yg ditemukan. Nah website seperti itu akan “dibabat habis” oleh algoritma Google Penguin, bisa menurun drastis ke halaman belakang pencarian google, atau bisa juga hilang dari peredaran google search (masuk penjara google/Google Sandbox).

Berikut beberapa strategi agar Website Anda memenuhi aturan Google Panda dan Google Penguin:

1. Buatlah artikel sendiri (original), ini yg disukai google. Jika Anda mau menampilkan tulisan orang lain dari internet, ada baiknya ditulis ulang dengan bahasa sendiri sehingga menghindari duplicate content. Cantumkan sumber asli jika diperlukan (boleh tanpa link hidup).

2. Hindari teknik black hat SEO, lebih baik gunakan saja cara-cara white hat SEO.

3. Lakukan analisa mendalam terhadap artikel yg Anda buat. Maksudnya tuntaskan tulisan Anda sampai pembaca merasa puas terhadap apa yg ditulis. Buat step-stepnya, atau buat penjelasan detail tentang sesuatu yg Anda bahas. Mulailah dari pembukaan, isi dan penjelasan, lalu pakai paragraf penutup.

4. Buat 3 Meta Tags data untuk artikel Anda sesuai dengan isinya. Meta Tags meliputi : title, description, keywords. Masukkan keyword, deksripsi, dan judul artikel yg merupakan bagian dari artikel tsb. Jadi benar-benar mengambil kata kunci dari dalam artikel yg kita buat.

5. Landing page website/artikel Anda jangan mengandung iklan berlebihan karena bisa terkena aturan google Page Layout Algorithm . Kurangi pasang iklan di bagian atas web/artikel yg berlebihan untuk menghindari hukuman algoritma tsb.

“This algorithmic change does not affect sites who place ads above-the-fold to a normal degree, but affects sites that go much further to load the top of the page with ads to an excessive degree or that make it hard to find the actual original content on the page”.

Perhatikan bahwa google masih mentolerir iklan di website kita sepanjang masih masuk kepadatan yg normal, namun mbah google tidak menyukai website yg mencantumkan iklan secara berlebihan (iklan yg muncul lebih banyak dari pada artikel dalam satu halaman, he..he..he…).

6. Hindari Keywords Stuffing.

7. Hindari Link Schemes.

8. Hindari Cloaking dan Doorway Pages. Saya kira para pemula tidak banyak yg melakukan ini karena tidak tahu caranya. Hanya orang-orang yg sudah memiliki kemampuan menengah ke atas saja yg bisa melakukan teknik Cloaking dan Doorway Pages.

9. Jika Anda tidak tahu cara-cara SEO, lebih baik abaikan sementara ilmu SEO. Fokuskan pada membuat artikel yg berkualitas, berguna bagi pembaca, analisa mendalam sesuai bidang ilmu Anda, dan membuat pembaca ingin merekomendasikan tulisan Anda kepada orang lain.

“We want people doing white hat search engine optimization (or even no search engine optimization at all) to be free to focus on creating amazing, compelling web sites”.

10. Dan masih banyak lagi sesuai perkembangan.

Oke sobat, nantikan seri informasi selanjutnya tentang Strategi SEO (search engine optimization) agar website Anda tampil di halaman pertama google dengan aman.

===========

Note :
RWP Grup sudah membuka Kelas SEO dan Facebook Marketing untuk Anda yg sudah punya website agar bisa tampil di halaman pertama google. Kita akan mengajarkan secara praktek bagaimana untuk memenuhi aturan Google Panda dan Google Penguin sehingga website Anda aman di halaman pertama google (halaman pertama SERP=Search Engine Result Page).
(ada diskon 60% untuk Alumni Bimbel Dasar).

 

Sukses untuk Anda yg Mau Belajar dan Berusaha,

 

Davit
Bimbel SEO

 

Pencarian dari Google :

Blog RWPGrup

PT. RWP Grup Indonesia Mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online Website Utama : www.RWPGrup.com | Website Jasa Digital Marketing : www.RWPBC.com Kontak RWP Support : 0813-3454-2867 (SMS/WA/Telegram)

55 thoughts on “SEO Google Panda dan Google Penguin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Produk RWP >>