Cara Membuat Sitemap untuk Situs WordPress & Non WordPress

Cara Membuat Sitemap untuk Situs WordPress & Non WordPress

Fungsi Sitemap untuk Mempercepat Crawling Robot Google.

Peta Situs atau Sitemap berfungsi untuk mempercepat perayapan (crawling) yg dilakukan oleh robot google sehingga halaman-halaman situs kita lebih mudah diindex di database Google. Setiap sitemap yg sudah jadi dibuat, harus dikoneksikan dengan alat Google Webmaster Tools (GWT) agar kita mudah melihat laporan perkembangan hasil perayapan robot google tsb.

Kadang hasil perayapan robot google berjalan mulus sehingga seluruh halaman situs kita terdaftar di database Google, namun ada pula kemungkinan hasil perayapan robot google menghasilkan pesan “Eror” sehingga harus kita perbaiki penyebab Eror tsb. Untuk memperbaiki pesan Eror tsb, Sobat bisa baca teknik-tekniknya pada Ebook ke-3 Belajar SEO Google (BSG) Paket 2 tahun.

Ada 2 jenis sitemap yg sering dibuat pelaku internet marketing dg tujuan berbeda, yaitu sitemap untuk tujuan dibaca oleh manusia (pengunjung) & sitemap untuk tujuan dibaca robot google. Kalo untuk tujuan dibaca manusia dan tampak dimenu “page” website kita, Sobat bisa buat dg menggunakan plugin gratis di www.dagondesign.com>>klik .

Ikuti petunjuk instalasi plugin yg muncul di halaman dagon design tsb sampai selesai, lalu tampilkan di menu page dg judul Sitemap, lalu isi halaman page tsb dg kode script :
<!– ddsitemapgen –>

Selanjutnya, bagaimana membuat peta situs atau sitemap untuk kepentingan dibaca robot google agar situs kita lebih mudah diindex & tampil di halaman pertama Google?

Kali ini kita akan membahas 3 tipe website & cara membuat sitemapnya supaya halaman situs kita mudah dijelajahi robot google:

1. Membuat Sitemap untuk Situs Tipe Blogspot.

2. Membuat Sitemap untuk Situs Tipe WordPress.

3. Membuat Sitemap untuk Situs Tipe Non Blogspot & Non WordPress (contohnya : Dreamweaver).

Baiklah Sobat, akan kita bahas sedikit ya satu per satu :

1. Membuat Sitemap untuk Situs Tipe Blogspot (ada di Ebook BSG ke- 1).

Cara membuat Sitemap utk situs Blogspot sdh pernah Saya bahas di Ebook BSG ke-1. Intinya, Sobat buka situs Sitemap Generator for Blogger berikut dan masukkan nama blog Sobat utk dibuatkan Sitemapnya :

http://ctrlq.org/blogger/

Lalu ikuti petunjuk 4 gambar berikut :

Buat Sitemap utk Blogger
Masukkan nama Blog yg akan dibuatkan Sitemapnya…!

 

Kopi script user agent
Kopi script sitemap dari mulai User-Agent sampai selesai…!

 

Masukkan script ke file robots.txt
Masukkan script sitemap tadi ke Blogspot Sobat pada bagian robots.txt seperti gambar di atas…!

 

Paste script sitemap blogger
Silahkan paste script Sitemap blogpsot Sobat ke kotak robots.txt seperti gambar di atas..!


Untuk lebih lengkap cerita tentang sitemap blogspot, Sobat bisa baca urutannya pada Ebook ke-1 Belajar SEO Google (BSG) Paket 6 bulan.

2. Membuat Sitemap untuk Situs Tipe WordPress (ada di Ebook BSG ke- 1).

Cara membuat Sitemap utk situs WordPress sdh pernah Saya bahas di Ebook BSG ke-1. Intinya, Sobat download plugin “Google XML Sitemaps” By Arne Brachhold berikut dan instal di dashboard WordPress Sobat :

Google XML Sitemaps

Lalu ikuti petunjuk 4 gambar berikut sampai terpasang link sitemapnya di alat GWT  (Google Webmasters Tools) :

Cek Setting Sitemap WordPress
Setelah plugin Sitemap berhasil di instal di dashboard wordpress Sobat, segera periksa menu Setting utk melihat alamat sitemapnya. Kadang ada laporan eror atau laporan Google belum berhasil mendapatkan notifikasi. Jika itu terjadi, klik link sitemap yg muncul di situ agar erornya hilang atau Google berhasil mendapatkan notifikasi…!

Selanjtunya daftarkan Sitemap WordPress tsb ke alat GWT seperti tampak berikut :

Tambahkan sitemap di alat GWT
Monggo tambahkan akhiran sitemap.xml ke alat GWT Sobat….!

 

Refresh halaman sitemap
Segera tekan tulisan “Refresh the page” seperti pada gambar.

 

Sitemap wordpress
Horeee…Tampak Peta Situs atau Sitemap WordPress sudah diterima yg ditandai dg jumlah halaman Terindex & Tersubmit.

Untuk lebih lengkap cerita tentang sitemap wordpress, Sobat bisa baca urutannya pada Ebook ke-1 Belajar SEO Google (BSG) Paket 6 bulan.

3. Membuat Sitemap untuk Situs Tipe Non Blogspot & Non WordPress (contohnya : Dreamweaver).

Setahu Saya, jarang pelaku internet marketing membahas cara membuat sitemap utk situs selain wordpress & blogspot, misalnya dreamweaver. Orang lebih membahas cara membuat sitempa utk situs wordpress & blogspot karena memang 2 tipe website tsb yg paling banyak digunakan para pelaku internet marketing.

Nah, kali ini Saya akan membahas cara membuat sitemap untuk situs bertipe dreamweaver, dg studi kasus situs www.RahasiaWebsitePemula.com . Cara ini kiranya bermanfaat juga untuk situs lain seperti frontpage, openchart, dll.

Silahkan Sobat ikuti alur kerjanya sbb :

Buka situs Sitemap Generator www.xml-sitemaps.com seperti tampak pada contoh di bawah…!

Sitemap XML Generator
Buka www.xml-sitemaps.com, isi data situs Sobat seperti contoh di atas. Jika sudah selesai, silahkan tekan tombol “Start”>>

Setelah tekan tombol start, maka tunggu beberapa menit prosesnya sambil Sobat mengerjakan hal yg lain. Jika sudah selesai prosesnya, maka hasilnya akan tampak seperti laporan di bawah :

Download Sitemap XML
Silahkan Sobat Download hasil pembuatan Sitemap tsb dg menekan tulisan “here”. Hasil download terlihat pada contoh gambar file Saya di bawah dg akhiran .xml…!

Ini contoh hasil file download yg ada di komputer Saya :

File Hasil Download XML Sitemap
Contoh file Sitemap hasil download dalam bentuk XML Document. Upload file tsb ke hosting Sobat via Cpanel atau software Filezilla. Pada Cpanel, Sobat pilih folder “Public_html” utk menempatkan file XML tsb ketika upload.

Jika sudah berhasil poses upload yg ditandai keterangan “Complete”, maka silahkan cek dulu hasilnya dg membuka alamat situs Sobat seperti contoh situs Saya di www.RahasiaWebsitePemula.com/sitemap.xml :

Sitemap XML diupload ke Cpanel
Ini contoh hasil file XML sitemap yg diupload ke Cpanel hosting kita. Jika sudah benar, maka segera daftarkan Sitemap tsb ke alat Google Webmasters Tools (GWT)

Sekarang Sobat login ke alat GWT utk memasukkan link Sitemap tsb di menu “Perayapan”. Buka www.google.com/webmasters/tools, lalu pilih situs Sobat yg akan dimasukkan link Sitemapnya. Hasilnya tampak sbb :

Cara Menambah Sitemap di GWT
Cara menambahkan Sitemap di alat GWT yaitu dg menambah akhiran sitemap.xml seperti tampak pada contoh di atas…! Lalu tekan tombol “Submit Sitemap”.

 

Setelah submit berhasil, maka silahkan tekan tulisan “Refresh” atau “Segarkan laman” sesuai perintah yg muncul. Nanti hasil akhirnya akan tampak seperti di bawah :

Sitemap berhasil ditambahkan di alat GWT
Tadaaa….! Akhirnya Peta Situs atau Sitemaps Sobat berhasil didaftarkan ke Alat GWT. Selamat yah, semoga hasil index Google terhadap halaman Sobat bisa lebih cepat dari sebelumnya. Sehingga targetnya lebih banyak halaman situs Sobat yg masuk halaman pertama Google…!

 

Demikianlah panduan membuat Sitemap untuk Situs berbasis WordPress, Blogpsot, dan Dreamweaver. Semoga bermanfaat buat Sobat yg tadinya belum tahu fungsi sitemap & cara membuatnya…!

Sukses untuk Sobat yg mau berusaha belajar,

 

Davit Putra, RWP
==============
Foto-Foto Peserta Bimbel Privat Diskon 50%>Klik

Diskon 50% Privat Bisnis Online
Diskon 50% Privat Bisnis Online RWP berlaku mulai tgl 1 Juni s/d 31 Juli 2015. Belajar Privat & Murah selama bulan Ramadhan di Kantor RWP Pusat…!
× Tanya Produk RWP >>