Lanjutan 7 Cara Menulis Artikel di Blog yg Mendatangkan Pengunjung (2)

Lanjutan 7 Cara Menulis Artikel di Blog yg Mendatangkan Pengunjung (2)

Beberapa waktu yg lalu, kita sudah membahas 3 poin Cara Menulis Artikel di Blog yg Menarik Pengunjung. Kini kita akan membahas 4 poin lagi yg totalnya menjadi 7 poin “Cara Menulis Artikel” sesuai informasi di artikel sebelumnya.

Pembahasan point 1 s/d 3 ada pada artikel pertama 7 Cara Menulis Artikel di Blog yg Menarik Pengunjung>>klik.

Pembahasan point 4 s/d 7 akan kita lanjutkan pada artikel di bawah…!

Jika Saya ulangi, maka berikut 7 Cara Menulis Artikel yg Menarik & Mendatangkan Pengunjung di Blog Sobat :

1. Buat Judul Berdasarkan Keyword Pencari Terbanyak.
2. Gabungkan Unsur Robot Google & Unsur Manusia sebagai Target Pembaca.
3. Menulis dg Gaya Seolah Berbicara kepada Teman Dekat.
4. Manfaatkan Alat Otomatis yg Memanggil Pengunjung Datang Kembali.
5. Promosikan Link Artikel Terbaru Sobat ke Media Sosial Terlebih Dahulu.
6. Promosikan Link Artikel Sobat ke berbagai Situs Ber-PR Tinggi & Dofollow.
7. Yang Paling Penting adalah Lakukan dg Rutin.

————————–

4. Manfaatkan Alat Otomatis yg Memanggil Pengunjung Datang Kembali.

Hal yang paling jarang dilakukan oleh Pebisnis Online Pemula adalah memanfaatkan data pengunjung lama untuk datang kembali ke Blog kita. Ada juga Pebisnis Online Menengah yg tidak tahu bagaimana caranya memanggil atau mengajak pengunjung lama utk datang kembali jika kita menulis artikel terbaru. Mereka hanya mengandalkan pengunjung baru yang datang dari berbagai media internet & pengunjung lama yg datang dg sukarela jika kebetulan membuka kembali Blog kita.

Padahal peluang pengunjung lama akan datang kembali ke Blog kita sangat kecil jika mereka tidak diundang oleh kita. Pengunjung lama biasanya akan melupakan Situs kita karena mereka punya kesibukan lain yg kita tidak tahu. Pengunjung lama yg balik ke situs kita hanyalah pengunjung yg memang butuh dg produk yg kita tawarkan, dan mereka tidak punya pilihan informasi lain selain ke situs kita (hehehe…di jaman sekarang informasi sangat banyak bertebaran di dunia maya…Jadi sangat kecil kemungkinan jika situs kita jadi satu-satunya pilihan bagi pengunjung lama utk membaca informasi…!).

Selama ini, sudah banyak pebisnis online yg memanfaatkan fasilitas Boradcast via Blackberry Messenger (BBM) atau via WhatsApp (WA). Ini sebenarnya merupakan salah satu cara manual yg bisa dipakai sebagai alternatif jangka pendek. Untuk jangka panjang, Sobat akan capek terus-menerus melakukan Broadcast (BC) via BBM atau WA karena sifatnya manual dan tidak bisa disetting otomatis.

Apalagi jumlah kontak di BBM hanya dibatasi sampai 2.000 kontak, dan WA juga tergantung dari kapasitas Hp kita. Dengan keterbatasan jumlah kontak yg sangat minim tersebut dibanding pasar (online) Indonesia yg jumlahnya sudah 70 Juta orang lebih, dan sifatnya manual tanpa bisa terkirim otomatis, maka sangat wajar jika Saya katakan fasilitas Broadcast via BBM & WA hanyalah alternatif jangka pendek…!

Nah, sekarang jika Sobat tahu bahwa sebenarnya data pengunjung lama yg balik lagi ke situs kita merupakan salah satu faktor yg bisa mendongkrak SEO, maka Sobat pasti akan mau belajar utk mempraktekkannya. Mau nggak Sobat?? he…he…he….!

Selain untuk meningkatkan faktor SEO situs kita & peringkat di Google, fasilitas pemanggil pengunjung di internet bisa disetting otomatis….Jika Sobat menggunakan layanan pemanggil yg gratis (misal Feedburner dari Google), maka biasanya hanya ada fasilitas broadcast otomatis tanpa bisa kita kelola data pengunjungnya. Ada juga fasilitas dari layanan Autoresponder gratis yg bisa disetting untuk pengiriman broadcast & email followup. Namun biasanya jumlah kuota prospek dibatasi karena layanan gratis tsb.

Coba Sobat lihat salah satu Blog Google berikut, di sebelah kanan bawah kotak kecil berjudul “Subscribe via email”. Lalu di tengahnya ada tulisan “Enter your email address:” Ini tampilan Blog Google Webmaster Central tsb :

cara menulis artikel & feed burner
Selain Cara Menulis Artikel yg bagus, fasilitas Feed Burner dari Google juga bisa dimanfaatkan untuk menarik pengunjung datang kembali ke blog kita. Pengunjung yg balik kembali ke Blog kita akan meningkatkan faktor SEO & Rangking utk Situs kita di Google…!

 

Di awal sudah Saya sebutkan bahwa pengunjung yg balik lagi merupakan faktor pendukung SEO situs kita & turut mempengaruhi peringkat di Google. Kenapa bisa begitu? Karena pengunjung yg balik lagi pertanda situs kita disukai pembaca, kalo sudah disukai banyak pembaca, maka hal tsb akan mengurangi persentase bouncing (pentalan pengunjung) dari situs kita.

Silahkan Sobat lihat Bagan Kesuksesan SEO Onpage & SEO Offpage yg dibuat Internet Marketer luar negeri sbb :

faktor kesuksesan seo google
Jika Sobat sudah menerapkan cara menulis artikel yg baik, maka perlu diterapkan Faktor History (PH) agar pengunjung individual balik lagi ke situs kita. Jika dilihat dari skala -3 sampai +3, maka unsur PH memberikan Point Tertinggi (+3) terhadap faktor kesuksesan rangking SEO kita pada situs Mbah Google.

Faktor History atau pengunjung yg balik lagi ke situs kita dicatat oleh Google dalam laporan Alat Google Analytics (GA). Idealnya, situs kita memiliki pengunjung baru & pengunjung lama yg balik lagi. Jika tidak ada pengunjung yg balik lagi alias semuanya hanya pengunjung baru, maka itu ibarat “Toko kita kurang disukai atau mudah dilupakan oleh pelanggan…!”.

Jika situs kita memiliki pengunjung baru & pengunjung lama, itu ibarat “Toko kita disukai pelanggan lama, tidak mudah dilupakan pelanggan lama, dan nanti pelanggan baru kemungkinan besar juga akan balik lagi ke situs kita…!”. Bukankan Sobat ingin membina hubungan jangka panjang dg Pembeli atau Pelanggannya?

Kalo begitu, mulai sekarang coba terapkan ilmu cara memanggil kembali pengunjung lama (pelanggan lama) dg cara membuat mereka puas membaca apapun yg ada di situs kita. Siapkan konten artikel/produk/tips yg disukai pengunjung supaya pengunjung baru & pengunjung lama sama-sama puas dg apa yg kita kita uraikan di situs. Oleh karena itu, jangan sesekali membuat postingan/page dengan asal-asalan, meski ada niat suatu saat akan diedit. Lebih baik disimpan dulu dalam bentuk draft jika tulisan Sobat belum selesai, lalu jika sudah diperbaiki draftnya dg sempurna barulah diterbitkan tulisan tsb…!

Ini screenshot laporan Alat Google Analytics Blog RWP jika ditinjau dari pengunjung balik lagi & persentase bouncing :

cara menulis artikel kurangi bouncing rasio
Dari Chart warna biru di atas, terlihat Blog RWP Grup memiliki pengunjung balik lagi sekitar 53,8%. Data ini sangat positif & didukung oleh Durasi Kunjungan selama 4 menit 6 detik, dan faktor Bouncing Ratio sekitar 60%.

 

Lalu bagaimana caranya supaya pengunjung lama bisa balik lagi ke situs atas undangan Sobat? Caranya bisa pakai fasilitas gratis Feed Burner di atas, atau Sobat bisa mulai belajar memakai Autoresponder berbayar.

Autoresponder luar negeri yg Saya rekomendasikan adalah dari Aweber.com seperti yg Saya pakai selama ini. Atau Sobat bisa memakai Autoresponder Indonesia Murah seperti yg dipakai sebagian Member RWP.

Autoresponder berbayar adalah alat yg paling ampuh untuk mengelola pengunjung menjadi apapun yg kita tergetkan : merubah prospek menjadi pembeli, membuat pembeli menjadi pelanggan setia, membuat branding perusahaan atau pribadi, mengatur email followup dengan durasi harian atau mingguan, mengatur segmen pengiriman broadcast utk berbagai level prospek yg kita inginkan, dan masih banyak lagi fungsi Autoresponder yg intinya meningkatkan penjualan…!

5. Promosikan Link Artikel Terbaru Sobat ke Media Sosial Terlebih Dahulu.

Google semakin pintar membuat perubahan algoritma agar bisa menilai situs kita disukai pengunjung atau tidak. Selain teknik 1 sampai 4 yg sudah dijelaskan di atas, teknik ke-5 ini diperkirakan semakin kuat peranannya sebagai faktor ranking SEO. Faktor tsb adalah adanya indikasi sejumlah pengunjung yg datang dari situs media sosial.

Tahun lalu juga sudah diperingatkan oleh Google & Pelaku Internet Marketing Indonesia, bahwa sinyal pengunjung dari media sosial turut diperhitungkan Google. Dan tahun ini kabarnya syarat adanya kunjungan dari media sosial semakin kuat.

cara menulis artikel ke media sosial
Setelah Sobat menerapkan Cara Menulis Artikel yg menarik pengunjung, sekarang saatnya promosikan Link Artikel Sobat ke Media Sosial. Semakin banyak pengunjung yg datang dari Media Sosial, itu akan menaikkan prestise situs Sobat di mata robot google.

 

Autoresponder berbayar bisa melakukan tugas posting status otomatis di akun medsos jika situs kita baru saja menerbitkan postingan terbaru di Blog..Jika Sobat belum punya Autoreponder berbayar, maka Sobat bisa memanfaatkan fasilitas gratis seperti TwitterFeed.com untuk membuat artikel terbaru Sobat menjadi Posting Status otomatis di media sosial (medsos). Dengan postingan status di medsos tsb, diharapkan ada pengunjung di medsos yg klik artikel Sobat. Jika pengunjung tsb ada yg klik & membaca artikel Sobat, maka tercatat sebagai pengunjung dari media sosial yg disyaratkan oleh Google.

Jika Sobat tidak suka cara otomatis di atas, maka lakukan saja secara manual utk mempromosikan Link Artikel Sobat ke media sosial. Kopi-paste sebanyak  1-2 alinea artikel terbaru Sobat ke medsos, lalu kasih link menuju artikel Sobat tsb di Blog.

6. Promosikan Link Artikel Sobat ke berbagai Situs Ber-PR Tinggi & Dofollow.

Jika Sobat ingin tersebar link artikelnya & meningkatkan rangking SEO secara akurat, saran kami lakukanlah penyebaran link artikel Sobat secara manual. Pada saat menyebarkan link artikel, selipkan kata kunci utama yg Sobat target agar lebih cepat terindeks google.

Yang paling penting adalah menyebarkan link artikel ke berbagai situs ber-Page Rank (PR) tinggi & sifatnya Dofollow. Meninggalkan komentar di Blog orang lain dg variasi platform web sangat disarankan, yaitu wordpress, blogspot, joomla, dll. Semakin banyak variasinya, akan semakin disukai google. Yang penting situs tsb ber-Page Rank (PR) tinggi & sifatnya Dofollow.

Silahkan Sobat install add on dofollow pada browser mozilla atau chrome dg download melalui link ini :

Download & Install Addon Nodofollow>>klik

Banyak Member RWP meninggalkan komentar di Blog RWP ini karena memang sudah Saya setting jadi dofollow & punya multi link. Jadi setiap Sobat meninggalkan komentar dg “kata kunci target”, maka akan diindeks google dan dibaca mendapat backlink dalam jumlah yg banyak….!

Selain komentar di Blog Dofollow & PR Tinggi, Sobat juga disarankan buat backlink dari forum diskusi atau situs sosial bookmarking yg bisa disetting hyperlinknya dg keyword target. Biasanya forum diskusi & social bookmarking punya nilai PR yg tinggi, sehingga sangat cepat menaikkan ranking SEO Sobat di Google. Hal ini sudah dibuktikan pada murid-murid Bimbel RWP yg meningkat Omsetnya setelah rangking SEO-nya naik dg melakukan cara-cara sederhana di atas…!

7. Yang Paling Penting adalah Lakukan dg Rutin.

Hal yang paling penting dari semua teknik 1 sampai 6 di atas adalah “Lakukan secara RUTIN & KONSISTEN…!”

Banyak murid yg sudah berhasil karena mau mengikuti resep Rutin & Konsisten tsb. Namun banyak pula murid yg gagal (belum berhasil) karena dalam praktekknya mereka TIDAK Konsisten & TIDAK Rutin. Berbagai alasan bisa menjadi penyebabnya, seperti sibuk dg rutinitas kantor, tidak fokus karena tergoda banyaknya informasi di internet, sampai karena adanya mental “serba instant” yg masih menggelayuti sebagian Member RWP.

Saya selalu katakan bahwa :

“Yang INSTANT itu biasanya rapuh pondasinya, bahagianya sedikit di awal, namun kecewanya bisa untuk jangka panjang…!”

“Yang STEP BY STEP itu biasanya kuat pondasinya, sedih sedikit di awal, namun bahagianya untuk jangka panjang…!”

Jadi, Sobat mau pilih yg Instant atau Step by Step?? Mau bahagianya sedikit di awal atau bahagia utk jangka panjang???

——————————————–

Sukses untuk Sobat yg sedang belajar Cara Menulis Artikel di Blog…!

 

Davit Putra, RWP
===================
Kelas Semi Privat Murah, cuma 3-5 orang/kelas>klik

2-(300 x 300)-Fix-Privat-Unlimited

 

 

 

 

 

 

 

 

 

× Tanya Produk RWP >>