Menulis Artikel di Blog adalah kegiatan rutin yg harus dilakukan oleh siapa saja yg ingin bisnis online-nya langgeng. Siapa yg rajin menulis secara berkala, akan memetik hasilnya dalam sekian bulan atau sekian tahun. Siapa yg rajin menulis, maka secara bertahap “branding dirinya” atau “branding merk produknya” akan terangkat sendiri.

Jika branding sudah terangkat, maka efek promosi dari mulut ke mulut akan terjadi sendiri. Efek promosi ini akan membuat Sobat atau produk Sobat dikenal orang Indonesia secara luas tanpa mengeluarkan biaya promosi khusus. Jika sudah dikenal banyak orang, maka Sobat akan mudah menjual produk apa saja, baik produk yg sudah dijual selama ini, maupun produk baru yg akan Sobat launching beberapa waktu ke depan. Bukankah hal ini sangat menguntungkan Sobat utk jangka panjang??

Namun pertanyaannya, bagaimana cara menulis & apa saja yg bisa Sobat tulis untuk menarik kedatangan pengunjung ke Blog kita?

Nah, untuk kemudahan Sobat menulis, Saya akan memaparkan 7 Cara Menulis Artikel di Blog yg disukai pembaca. Targetnya adalah Sobat akan kedatangan pengunjung baru dari pencarian di Google, dari promosi mulut ke mulut, dan ujung-ujungnya Penjualan produk Sobat akan meningkat dengan sendirinya…Mau tahu caranya?

———————————–

Berdasarkan hasil penelitian Sosial Media B2B, bisnis yg menerapkan kegiatan menulis di blog atau dikenal dg istilah Blogging bisa meningkatkan Leads (hot prospek) lebih besar 67% dibanding bisnis yg tidak menerapkan kegiatan blogging.

“Did you know that businesses that blog generate 67% more leads than businesses that don’t? It’s true. And it’s just one of the many reasons blogging should be part of your overall integrated marketing program”.

cara menulis artikel di blog

Para Pemasar di Internet akan mendapatkan Prospek lebih besar 67% dibandingkan pemasar yg tidak menggunakan blog utk menulis. Ini kegiatan kecil tapi rutin, hingga efeknya bisa berpengaruh 67% mendatangkan pengunjung (image : Blog Jamie, 60 Second Marketer).

———————————–

Berikut 7 Strategi Cara Menulis Artikel yg sudah Saya terapkan untuk beberapa Blog pribadi :

1. Buat Judul Berdasarkan Keyword Pencari Terbanyak.

Jika Sobat sudah punya ide untuk menulis, ada baiknya merancang nama judul berdasarkan kata kunci yg banyak dicari orang di internet (mesin pencari google). Gunakan alat GKP (Google Keyword Planner) utk mengetahui kata kunci yg banyak dicari orang Indonesia per bulan selama setahun terakhir.

Jika rencana judul Sobat berkaitan dg produk/topik yg sedikit pencarinya di alat GKP, maka tidak perlu dipaksakan harus menggunakan “kata kunci lain” yg tidak berhubungan dg topik yg Sobat tulis.

Jika rencana judul Sobat sedikit pencarinya, namun masih bisa didekatkan dg “kata kunci lain” yg banyak pencarinya, maka ubahlah judul tsb dg menggunakan kata kunci yg banyak pencarinya.

Misal, sebelum menulis artikel ini sampai selesai, Saya sudah membuat konsep tulisan dg judul “Cara Menulis di Blog yg Menarik Pengunjung” dg target kata kunci ‘cara menulis di blog’. Sempat juga Saya ganti judulnya dg “Bagaimana Cara Menulis di Blog…”. Semua ini awalnya Saya tulis hanya berdasarkan feeling, belum menggunakan kata kunci hasil riset.

Namun setelah Saya cek dg alat GKP, ternyata ada pencari kata kunci lain yg lebih banyak pencarinya dibandingkan kata kunci “cara menulis di blog”. Kata kunci tsb adalah “cara menulis artikel” (jumlah pencarian 1.300 per bulan).

————————————–

Jika Sobat belum tahu bagaimana caranya menggunakan Alat GKP, silahkan lihat Artikel Kami yg membahas step by step Cara Riset dg Alat GKP :

http://rwpgrup.com/blog/cara-menggunakan-google-keyword-planner-1/

————————————–

Hasil riset menggunakan alat GKP (Google Keyword Planner) adalah sbb :

cara menulis artikel = 1300

cara menulis di blog = 480

bagaimana cara menulis di blog = 10

cara menulis artikel di blog = 210

——————————————

Dengan bekal informasi jumlah pencari (pasar) utk 4 kata kunci di atas, akhirnya Saya ganti judul artikel ini menjadi “7 Cara Menulis Artikel di Blog yg Menarik Pengunjung”. Dengan membuat judul ini, Saya sudah menggabungkan 3 potensi kata kunci dg jumlah pencari gabungan = 1.300 + 480 + 210 = 1.990

Penjelasannya :

cara menulis artikel (1300) + cara menulis di blog (480) + cara menulis artikel di blog (210+) = 1.990

2. Gabungkan Unsur Robot Google & Unsur Manusia sebagai Target Pembaca.

Terkadang kita yg sedang belajar ilmu SEO Google terlalu terpaku dg target tampil di halaman pertama google, sehingga dalam menulis lebih sering memasukkan kata kunci dg target supaya dibaca robot google. Gaya penulisan seperti ini biasanya kaku jika dibaca orang, karena tulisan tsb ditujukan semata-mata utk dibaca robot.

Padahal pembeli kita nanti sebenarnya adalah manusia….! Sehingga sangat penting untuk membuat artikel dg mempertimbangkan unsur manusia sebagai pembaca setia kita. Jika manusia sudah suka dg tulisan kita, maka dia akan balik lagi suatu ketika ke situs Sobat. Jika orang yg sama balik lagi ke situs kita, maka akan dicatat bagus oleh robot google. Hal ini tentu berpengaruh baik terhadap peringkat SEO kita di halaman pencarian google.

Jadi utamakan menulis buat manusia, nanti robot google akan suka sendiri tulisan kita. Jangan dibalik ya Sobat..!!! Biasanya kita suka mengutak-atik tulisan untuk disukai robot google, sehingga tidak otomatis disukai manusia sbg calon pembeli.

Gabungan antara unsur robot google & unsur manusia akan meningkatkan pengunjung setia ke Situs Sobat. Jika pengunjung sudah setia, maka penjualan akan lebih mudah terjadi.

Bagaimana bisa dikatakan bahwa pengunjung lama yg balik lagi ke situs Sobat akan berpengaruh baik terhadap rangking SEO Sobat di mesin pencari google?

Silahkan Sobat baca penjelasannya pada poin 4 di bawah ya…!

3. Menulis dg Gaya Seolah Berbicara kepada Teman Dekat.

Setiap kita punya gaya penulisan sendiri-sendiri. Jika untuk tujuan “have a fun” sekedar menghabiskan waktu kosong tanpa ada tujuan bisnis, silahkan Sobat tulis apa saja tanpa menghiraukan manfaat utk pengunjung.

Namun jika tujuan Sobat adalah untuk mendapatkan pengunjung dari google & mencari penghasilan dari tulisan di blog, maka Saya sarankan mulailah belajar menulis dg tujuan memberikan manfaat kepada orang lain terlebih dulu. Karena tujuannya memberikan manfaat  (bukan langsung menjual), maka lakukan pendekatan tulisan seperti sedang berbicara kepada seorang teman akrab.

Biasanya kita yg peduli sama teman akrab akan selalu memberikan info terbaik, saran terbaik, dan berita-berita bagus kepada teman tsb. Kita akan sampaikan apa saja dg bahasa pendekatan sederhana agar semakin mudah dimengerti teman kita tsb. Kita tidak akan mempersulit dg bahasa/istilah tingkat tinggi seperti yg banyak dipakai para penulis di media massa. Semakin sulit tulisan Sobat dicerna, maka akan semakin membuat jarak antara Sobat & Pembaca tulisan tsb. Sebaliknya, semakin mudah dicerna, maka akan semakin mendekatkan jarak antara Sobat & Pembaca tulisan tsb. Efeknya, mereka akan selalu mendengar saran-saran & membaca apa saja artikel yg Sobat tulis di Blog.

Bukankah Gaya menulis seperti ini lebih mudah Sobat lakukan & lebih bagus efeknya utk penjualan jangka panjang?

“Writing for a blog is much more conversational than the writing you did in high school or at the University level. Write as though you’re having a cup of coffee with a friend. By doing so, your blog will be read, digested, and shared with others” (Jamie-60 Second Marketer Blog).

kata-kata mutiara sahabat

Cara Menulis Artikel yg jitu adalah seperti Gaya bicara kepada teman dekat di warung kopi. Kopi yg enak itu menyenangkan utk dinikmati, teman yg baik itu adalah kekayaan yg tiada henti karena saling memberikan manfaat (image : bolstablog & aliexpress).

———————-

Okay sampai di sini dulu yah artikel Episode Pertama “7 Cara Menulis Artikel di Blog yg Menarik Pengunjung”. Nantikan artikel Episode Kedua beberapa hari lagi di Blog ini. Bagi Sobat yg berlangganan Newletter Blog RWP ini, silahkan cek informasinya via email beberapa hari lagi yah….!

Insya Allah tulisan episode kedua akan membahas kelanjutan 7 Cara Menulis Artikel dg pembahasan 4 strategi lain:

4. Manfaatkan Alat Otomatis yg Memanggil Pengunjung Datang Kembali.

5. Promosikan Link Artikel Terbaru Sobat ke Media Sosial Terlebih Dahulu.

6. Promosikan Link Artikel Sobat ke berbagai Situs Ber-PR Tinggi & Dofollow.

7. Yang Paling Penting adalah Lakukan dg Rutin.

——————————

Update : Silahkan Sobat baca kelanjutan 7 Cara Menulis Artikel di Blog pada link berikut :

http://rwpgrup.com/blog/lanjutan-7-cara-menulis-artikel-di-blog/

——————————

Kontak Tim RWP-BSG :

HP XL : 0818-0493-4850 (Call/SMS).
HP Simpati : 0813-1132-1865 (Call/SMS).
HP Marketing : 0877-7038-0976 (Call/SMS).
PIN BB : 2889F8B1

Sukses untuk Sobat yg mau cepat berhasil dg belajar tatap muka…!

 

Davit, RWP-BSG
===================
Promo Diskon Kemerdekaan 45% tinggal 7 hari lagi>Jgn sampai Terlewat.

Pencarian dari Google :

Jika Sobat merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan sebarkan info blog ini ke teman-teman Sobat di Media Sosial :

About the Author

Davit Putra, S.Si. Bercita-cita mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online RWP Grup. Hobby : Jogging, Membaca, Menulis, Mengajar, dan Bisnis Online Sosial. Silahkan Cek Blog Pribadi>>www.DavitPutra.net

Facebook Comments

70 Responses to “7 Cara Menulis Artikel di Blog yg Menarik Pengunjung (1)”
Read them below or add one

  1. dedee says:

    terima kasih atas pencerahannya… bermanfaat sekali ditunggu artikel berikutnya pak…

  2. Wow! Artikel tsb sangat bermanfaat sekali, jd tambah semangat lagi tuk belajar menulis. Makasih, Pak. Davit. Saya tunggu edisi berikutnya.

  3. Artikel yang cukup membantu, panduannya cukup terperinci, semoga dapat mempraktekannya secara konsisten.

  4. Artikelnya sangat bermanfaat untuk orang seperti saya yang masih pemula, mudah2an saya nanti bisa fokus dan rutin untuk menulis artikel sesuai kaedah SEO yang freindly dan human freindly…dan Alhasil website saya NANTI bisa nangkring di one page google. AMIN…

  5. Rutin menulis artikel secara SEO & human friendly akan menambah pengunjung otomatis dari Google.

  6. makasih atas pencerahannya mas… i like it, thank you…!!!!

  7. berarti saya salah memahami ebook rwp, yang buat tidak paham karena tidak fokus,ikut cepat lihat hasil.

    terimaksih pak Davit, saya sudah mulai lakukan perbaikan dengan info dari teman2 di grup dan dari artikel pak Davit ini.

  8. Tips nya bagus juga.. bisa tuh kami terapkan..

  9. Krim Pencerah Wajah says:

    Sangat membantu sekali trm ksh…

  10. Mantap triknya pak, lagi berusaha nongol di page 1 google nih. mohon do’a nya ya pak.

  11. Pk tolong cek web sy soalnya sy liat di histats pengunjungnya minim bgt pk, apakah artikel saya yg kurang atau yg lainnya pak. Tolong di share apa yg hrs sy lakukan ya pk. Trimksh sblmnya pk.

    • Bu Rini, nilai Google Indexnya sdh bagus utk tahap awal, yaitu 112. Saya cek juga sudah ada pengunjung yg datang dari kata kunci Google di postingan Ibu : http://www.grosiraksesorisbekasi.com/jual-aksesoris-anting-blink-strawberry/

      Kemungkinan sudah benar SEO nya. Jika pengunjung masih sedikit, coba cek di alat GWT, bagian traffic penelusuran>> sub bagian search analytics..
      Berapa kata kunci yg sudah muncul dan apa saja kata kuncinya??

      • saya sdh cek pk di alat GWT pk, ada 104 kueri dan klik nya ada yang 3, 2, 1 dan 0. Sy kurang mengerti sebenarnya apa itu. Kegunaan aksesoris mempunyai klik 3, kalung hello kitty murah mempunyai klik 2, kalung emas unik dll mempunyai klik 1, gelang emas love mempunyai klik 0
        Bisa dijelaskan pk apa yg perlu dilihat dari kueri diatas ??? trimkasih sblmnya pk

        • Wah…itu artinya situs Ibu sdh sangat sehat dari sisi SEO (GI 112, Queries 104). Mungkin kliknya bs ditingkatkan dari pengnjung di Google tsb (3,2,1 menjadi beberapa kali lipat). Tugas ibu selanjutnya adalah mengecek sdh berada di peringkat berapa saat ini situs Ibu di Google dg kueri tsb. Gunakan Ebook ke-3 BSG utk analisa peringkat tsb bu…!

  12. sepatu cibaduyut murah says:

    terima kasih pak davit atas ilmunya saya jadi teringat bahwa saya sering menulis artikel hanya untuk kepentingan google padahal untuk manusia dulu yang di utamakan.

  13. Assalamuallaikum Pak Davit
    Syukur alhamdulillah atas ilmunya, 1 bulan yang lalu sempat nyantri di RWP bogor, produk saya Umroh, namun pesaing nya berat bgt menurut saya. akhirnya saya beralih ke produk yang menunjang kegiatan istri untuk buka salon online.. dan alhamdulillah sampai saat ini masih berjalan. mohon info dukungan nya pak.

    Maulana 087887161062

  14. Terkadang buat artikel mengalir aja, jangan hanya disesaki jualan terus. sekali-kali bisa kasih tips yang bermanfaat buat pengunjung web

  15. coklat praline motif pisang says:

    terima kasih pak davit…
    semoga tambah maju dan jaya rwpgup. tambahkan lagi rwpgrup ke wilayah jawa tengah.

  16. Yang sering terjadi di saya malah sudah kepikiran banyak ide tentang pembahasan atau detail suatu produk, pas dituangkan ke dalam tulisan malah cuma sedikit yang tertulis…hehe!

    • Itu karena terlalu melebar idenya mungkin Pak. Catat aja ide yg byk muncul tsb utk beberapa artikel tulisan…Tulisan satu per satu tapi detail…Insya Allah hasilnya lebih banyak yg tertulis…!

  17. Wisata Domestik says:

    Wah, artikelnya membantu nih
    Semenjak Saya mengikuti tips ini pengunjung dan pendapatan Saya meningkat
    Ditunggu artikel lainnya

    Good Article

  18. Sangat sangat bermanfaat sekali tip tipsnya, di tunggu kelanjutannya langsung di praktekan . Terima kasih Salam RWP Mantap abis

  19. Budhi says:

    dear,
    pak David dan team RWPGroup.

    artikle-nya bermanfaat selama ini, namun apa yang kurang dari web/blog saya yah..selalu sulit mengalami di page 1 dari pencarian di google. website saya http://www.sablonmugdankaos.com tolong jika berkenan mampir dan kasih review saran serta kekurangannya apa saja. beda dgn blog teman saya yang saya buatkan serta pemilihan nama domainnya tentang terapi selalu di page pertama google.

    thxs,
    Marchell
    http://www.sablonmugdankaos.com

  20. Harga Sepatu Kicker | Sepatu Kickers Wanita says:

    wah ini yang saya tunggu, terimakasih tambahan ilmunya RWP

  21. dika says:

    makasih pak, membantu untuk jadi referensi
    ditunggu kelanjutannya

  22. Keren Pak Davit!
    Sangat bermanfaat.. :)
    Menanti kelanjutan artikelnya..

  23. Gamis Bandung says:

    Wah,, ilmu yang sangat bermanfaat buat para blogger,, harus dipraktekan. Terimakasih RWP sukses dan jaya buat RWP!

  24. jual filter air says:

    sangat membantu sekali wawasannya bagi pemula seperti saya :)

  25. jual bantal segitiga thailand says:

    Iya pak,,,mantap tips tips nya,,,tapi kadang malas nulisnya pak,,,hehehe. Thx buat rwp sukses slalu

  26. Janu Didik Santoso says:

    Saya suka dengan poin yang pertama. Dalam judul artikel bisa bidik beberapa kata kunci.

    Kalo gak salah ingat mas Davit pernah nulis juga tentang masalah ini sebelumnya, tapi lupa apa di blog ini atau di panduan BSG..

    Terima kasih sharingnya mas, sangat bermanfaat.

    Ditunggu lanjutannya.

  27. hpo maika etnik 2015 says:

    tipsnya sangat bermanfaat pak, terima kasih.
    suskes selalu RWP…

  28. Sangat membantu pak artikelnya,… sebenernya sudah saya pahami semuanya,… tapi yang jadi masalah saya sering kekurangan ide,… bingung mau nulis apa,… terkadang saya bosan dengan apa yang saya tulis,… kesannya cuma postingan berupa promosi,… ingin berbagi trik sedangkan saya sendiri masih belajar,.. hehehe,… kalo bisa berkunjung ke blog saya terus titip komentar apa yang harus saya lakukan,… untuk belajar tatap muka saya pengen banget tapi terkendala biaya pak 😀

  29. kesehatan wanita says:

    PANTAS,, ilmu ini saya tunggu-tunggu. TRIMS RWP…

  30. MAkasih pak Davit…keliahatannya strategi menulis harus dilakukan saat santai … santai di hape…kalo di laptop pas inspirasi ga muncul repot…

  31. Terimakasih pak davit,artikel nya sangat menbantu,apalagi suka bingung kalau buat artikel

  32. edi says:

    Saya ingin tanya apabila kita membuat membuat blog dgn wordpress selfhosted tidak akan di banned google apabila di daftarkan adsense. Maaf pertanyaannya di luar topik.

    • Pak Edi, jka tdk melanggar aturan konten dan syarat2 dari Adsense, tentu tidak masalah membuat blog wordpress serfhosted (hosting berbayar) dg tujuan pasang iklan Google Adsense. Apakah akun Adsense Bpk sdh diterima sebelumnya?

  33. Pak Davit, blog kalau sebagian diisi artikel di luar bisnis ada pengaruhnya? misal blog saya jualan properti tetapi di dalamnya ada artikel wisata.

    • Google menyukai penulisan artikel yg fokus pada topik atau nama blog kita. Jika artikel wisata tsb masih ada kaitannya dg pembangunan property atau Bpk bahas dg pendekatan unsur2 property (seperti luas bangunan, gaya arsitektur tempat wisata, dll), tentu masih nyambung Pak. Namun jika tidak nyambung sama sekali, sebaiknya artikel wisata dibuat khusus pd blog wisata…Semoga bermanfaat utk jadi pertimbangan Bpk…!

  34. Mari langsung praktekkan jika belum pernah dipraktekkan, jika sudah pernah dipraktekkan, mari lanjutkan dan kembangkan terus kemampuan menulis kita, hingga menjadi suatu kebiasaan, bahkan menjadi keahlian kita bersama

  35. Artikelnya sangat bermanfaat.. Diajarkan di bimbel.. Sedang diterapkan…

  36. terima kasih atas sharenya pak davit, saya sering termakan dengan yg no.2 makanya artikel suka tidak nyambung dan saya sering juga banyakk cerita tentang no.2 tersebut diatas, hanya mengejar keyword dibaca robot, saya jadi tercerahkan dengan membaca share artikel ini, sukses selalu buat RWP

  37. Andi Dboy says:

    Makasih Pak Davit..
    Pertanyaan Pak untuk poin no 1, seandainya judul postingan yang sudah lama / keindek google dirubah sesuai saran dipoin 1, apa postingan terhapus dari indek google dan dibaca sebagai postingan baru atau bagaimana Pak.
    Trima Kasih.

    • Masih boleh diubah Pak Andy kapan saja. Ketika mengubah judul, tolong ubah juga permalink yg di bawah judul (bs diubah saat sedang edit postingan). Jika judulnya diubah memakai keyword target, maka isi postingan juga perlu diedit sedikit dg memasukkan keyword target tsb…Nanti dalam 24 jam sampai 48 jam, robot google akan datang lagi dan mengindeks perubahan terbaru ini kembali…..Selamat mencoba..!

  38. Yang nomor 3 saya banget, kalu pakai bahasa yang baku-baku gitu malah jenuh, ide cepat menguap

    Nah ini, di tunggu kelanjutannya pak 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.


Top