Belajar SEO Google Dipermudah & Mendalam->>Cuma 70 Ribu/3 bulan>>> Tampil di Halaman Pertama Google jadi Kenyataan...!

Hide
Show

Studi Kasus pada Website Toko Online Member RWP.

Hari Minggu lalu (8 September 2013), RWP Bogor telah mengadakan acara Belajar Bareng (BB) yg membahas Cara Menggunakan Google Keyword Planner (GKP) untuk pemula. Meski namanya untuk pemula, namun peserta yg hadir ada juga dari member senior yg sudah menghasilkan dari bisnis online. Namun tetap yg paling dominan adalah member pemula yg belum menghasilkan dari bisnis online.

Wajar semua orang pengen tahu bagaimana menggunakan Google Keyword Planner dan aplikasinya pada bisnis online masing-masing. Saya dan Tim RWP mendapat pertanyaan intens dari member/non member RWP prihal penggunaan alat riset Google teranyar tsb. Pertanyaan masuk lewat BBM Saya pribadi, SMS dan telpon admin RWP, chatting dan email RWP. Waktu itu Saya menjawab Insya Allah akan diulas di Blog dan dibuatkan panduan Ebook terbaru utk member RWP jika sudah diujicoba di kelas tatap muka RWP. Alhamdulillah uji coba sudah dilakukan pada 3 kelas Bimbel Bisnis Online RWP, dan 1 kelas free Belajar Bareng (BB) member RWP hari minggu kemarin.

Khusus untuk kelas free BB kemarin, peserta yg daftar membludak melebihi kuota 15 kursi, yaitu 21 orang. Satu hari sebelum acara BB, masih ada juga member yg daftar dan bayar konsumsi Rp. 25.000,- utk ikut kelas BB ini. Namun karena sudah melebihi kuota, akhirnya admin RWP mengarahkan peserta yg sudah bayar konsumsi ini untuk ikut pada kelas BB 2 minggu kemudian, yaitu tgl 22 September 2013.

Silahkan Sobat lihat suasana belajar Belajar Bareng (BB) RWP Bogor seperti foto di bawah (note : BB tentang Cara Menggunakan Google Keyword Planner ini dibahas juga di RWP Cabang Depok 7 Sept 2013, RWP Bandung 15 Sept 2013, dan Insya Allah di RWP Jakarta Timur pd Bulan Oktober 2013) :

praktek cara menggunakan google keyword planner

Suasana Belajar Bareng (BB) RWP tgl 8 September 2013. Peserta terlihat serius praktek. Saya di sebelah kiri menjelaskan cara menggunakan alat GKP. Bu Danti di sebelah kanan sharing pengalaman dapat keuntungan bersih dari Rp. 2 Juta/bln menjadi Rp. 16 Juta/bln dg ilmu SEO Google.

 Foto pengajar dan peserta terlihat di ruangan kelas belajar RWP Bogor.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner Episode Pertama

Sekitar seminggu sebelum tulisan ini dibuat, Google secara resmi menggantikan alat riset kata kunci yang lama (Google Keyword Tool = GKT) menjadi alat riset baru (Google Keyword Planner = GKP) yg benar-benar terpadu dengan pusat iklan Google Adwords. Kami memantau persiapan Google sudah beberapa bulan sebelumnya, yaitu dg adanya pengumuman kecil di atas alat GKT saat masih bisa digunakan.

Ulasan “Cara Menggunakan Google Keyword Planner” ini Kami terapkan pada studi kasus website member RWP yg sudah mendapatkan keuntungan bersih sekitar Rp. 10 Juta s/d Rp. 16 Juta sebulan. Tulisan kali ini merupakan episode pertama, dan Insya Allah akan Saya lanjutkan pada episode ke 2 dan ke 3. Doa kan ya Sobat semoga Saya diberi kekuatan dan kesehatan untuk menularkan ilmunya di Blog ini…he…he…he….Sukses untuk Kita…!

Baik, kita mulai ya Sobat episode GKP pertama ini…

Google menyebutkan bahwa salah satu kelebihan alat GKP dibanding GKT adalah Kita bisa mendapatkan informasi jumlah pencarian keyword per bulan dg lebih tepat (penelusuran exact) dan estimasi kunjungan per bulan ke situs kita utk yg mau pasang iklan Adwords. Caranya yaitu dengan mendaftarkan dulu email gmail kita agar memiliki akun Google Adwords. Seperti sudah Sobat ketahui bersama, Adwords adalah akun buat pemasang iklan PPC Google.  Jadi secara langsung jika Sobat sudah memiliki akun Google Adwords, maka akan melihat fitur-fitur pemasangan iklan PPC Google ini (mau gak mau Sobat akan melihat fitur Adwords sehingga lama-kelamaan akan familiar. Dari sini, pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’ akan berlaku. Nanti akan berlaku pepatah sebaliknya : ‘karena sudah mengenal maka akan sayang’. Kalau sudah mengenal kehebatan fitur iklan Google Adwords, maka Sobat akan tertarik untuk memasang iklan di sana…ha…ha…ha….tentu ujung-ujungnnya untuk bisnis).

Sah-sah saja Google menerapkan aturan di atas, karena pendapatan terbesar google adalah dari iklan PPC ini. Selain lewat iklan yg bisa kita lihat di laptop atau komputer, Google sudah menerapkan iklan mobile via Smartphone atau gadget mobile lain. Dan Facebook adalah pesaing terbesar Google untuk iklan PPC ini. Tampaknya Google ingin terus bersaing sacara sehat dengan Facebook melalui berbagai inovasi.  Target bisnisnya tentu omset meningkat dari tahun sebelumnya. Jika Sobat belum tahu pendapatan Google dari iklan, silahkan cek artikel Saya tentang Omset Google $ 600 per detik atau sekitar Rp. 19 Milyar per jam>>.

Saya termasuk salah seorang pemula yg belajar memasang iklan PPC Google Adwords selama 3 tahun pertama mengenal bisnis online. Dari anggaran iklan Rp. 500.000,- per bulan, lalu meningkat jadi Rp. 1 Juta/bln, lama-lama meningkat jadi Rp. 3 Juta/bln, dan tertinggi pernah pasang iklan PPC Adwords Rp. 7 Juta/bln. Pernah juga pasang iklan PPC Yahoo Search Marketing (YSM) dengan budget sekitar Rp. 1-2 Juta/bln. Pernah juga pasang iklan PPC Facebook dg anggaran iklan sama dg iklan PPC Yahoo. Namun yg Saya rasakan hasil konversi  terbaik ada pada iklan PPC Google Adwords yg menghasilkan penjualan terbanyak.

Saya aktif memasang iklan PPC dengan alasan malas belajar ilmu SEO Google yg mendatangkan pengunjung dari mesin pencari secara gratis. Cara ini termasuk lama hasilnya menurut Saya waktu itu. Cara SEO perlu waktu sebulan atau lebih untuk bisa menempatkan situs kita tampil di halaman pertama Google. Itu pun melalui persaingan ketat krn ilmunya masih dangkal waktu itu. Sedangkan dg iklan PPC Google Adwords, situs Saya bisa tampil halaman pertama Google hanya dalam hitungan menit. Dan itu bisa terjadi setiap hari asalkan ada anggaran iklan dan rajin memantau kinerja keyword pada iklan-iklan kita. Namun musibah online menimpa Saya ketika Google melakukan ‘bersih-bersih’ terhadap akun Google Adsense dan Google Adwords di seluruh dunia. Saya termasuk yg terkena imbasnya dibanned Tim Google Adwords Asia Pasific (berpusat di Singapura) tanpa alasan yg jelas.

Saya ingat sebulan sebelum puasa 3 tahun lalu, kunjungan ke website-website Saya semuanya menurun drastis. Akhirnya setelah intropeksi diri dan mengambil hikmah, Saya banting stir belajar ulang ilmu SEO Google full n totalitas. Setelah dipraktekkan di situs sendiri dan situs-situs member RWP, alhamdulillah ilmu SEO bermanfaat mendatangkan pengunjung mengalir terus tanpa mengeluarkan anggaran iklan PPC. Paling sesekali Saya pernah menggunakan iklan lokal dg anggaran Rp. 100.000,- sampai Rp. 500.000,-/bulan. Namun ketika menulis artikel ini, Saya sedang tidak memasang iklan sama sekali. Alhamdulillah penghasilan jalan terus dg ilmu SEO Google, Facebook Marketing, dan Teknik List Building.

————————–

Sekarang coba Sobat mendaftar akun Google Adwords untuk bisa memakai alat Google Keyword Planner sbb :

(Studi kasus pada Toko Online member RWP dg potensi omset bersih di atas Rp. 50Juta/bulan)

1. Buka www.adwords.google.com/keywordplanner , maka akan muncul tampilan sbb :

login ke Google Keyword Planner

Tampilan login ke alat riset Google Keyword Planner (GKP). Masukkan email gmail Sobat dan password, lalu klik Sign in. Kalo blm punya email gmail, harap Sobat buat dulu ya gratis..he..he..

2. Setelah login (Sign in), akan muncul halaman pendaftaran jika Sobat baru pertama kali buka akun ini. Ini tampilannya :

setting waktu dan mata uang iklan PPC Google Adwords

Sobat perlu memilih setting zona waktu dan mata uang jika suatu saat mau pasang iklan PPC Adwords. Perhatikan warna kuning di atas : itu peringatan bahwa zona waktu dan mata uang tidak bisa diganti, karena bersifat permanen. Jika nanti Sobat mau ganti mata uang dan zona waktu, bisa membuka akun Google Adwords yg baru dg email gmail yg baru juga.

3. Setelah Sobat klik tombol Continue di atas, maka akan di bawa ke halaman verifikasi akun sbb:

verifikasi akun google adwords

Verifikasi Akun Google Adwords berhasil. Perhatikan ada tulisan ‘Next Step : Create your first campaign’. Terlihat bahwa akun ini sebenarnya untuk pemasang iklan Google Adwords. Namun Sobat tidak perlu khawatir, karena iklan tidak akan jalan (Sobat tdk akan ditagih) sampai memasukkan informasi billing.

4. Untuk memakai alat Google Keyword Planner secara gratis, Sobat bisa klik tulisan biru di atas ‘Sign in to your Adwords account’. Nanti hasilnya terlihat seperti ini :

 

tools dan analysis keyword planner

Abaikan petunjuk untuk membuat iklan pertama kali (create your first campaign). Fokuskan pada menu atas yg ada tulisan ‘Tools and Analysis’. Lalu pilih ‘Keyword Planner’.

5. Setelah Sobat memilih Sub menu Keyword Planner di atas, maka akan dibawa ke halaman riset sbb :

3 pilihan cara riset google keyword planner

Ada 3 cara riset yg ditawarkan Google Keyword Planner. Sebagai pemula, Sobat fokus saja dulu pada cara nomor 1 : Search for keyword and adgroup ideas. Cara ke-1 ini sudah Kami terapkan di kelas Bimbel RWP selama beberapa bulan.

6. Setelah Sobat klik cara riset pertama di atas, maka akan terlihat kotak pengisian keyword sbb (Saya mengambil kata kunci ‘produk kecantikan’ karena mengacu pada studi kasus website Bu Danti www.CantikGrosir.com):

keyword produk kecantikan

Ketikkan keyword dasar terdiri dari 2 kata, misalnya dari website Bu Danti topiknya ttg produk kecantikan, maka Saya ketikkan ‘produk kecantikan’. Lalu ganti kotak Targetting : All location dg negara Indonesia dan All languages dg Bahasa Indonesia.

pilih taget negara dan bahasa Indonesia

Ketikkan target Negara Indonesia dan Bahasa Indonesia (Indonesian). Hal ini kita lakukan dg asumsi target pasar produk Sobat ada di Indonesia dan menggunakan Bahasa Indonesia. Untuk mengetikkan pada kotak berikutnya, klik aja mouse Sobat di luar area kotak di atas.

7. Selanjutnya Sobat bisa menekan tombol Get Ideas atau Dapatkan Ide untuk melihat jumlah pencari (pasar) ‘produk kecantikan’ dan kata kunci turunannya sbb :

kata kunci utama dan kata kunci turunan

Klik Get ideas untuk mendapatkan jumlah pencari kata kunci utama dan kata kunci turunan menurut rekomendasi Om Google.

8. Hasil rekomendasi Om Google untuk jumlah pencari kata kunci utama dan kata kunci turunan adalah sbb :

download keyword ideas

Abaikan Ad group ideas karena itu utk pemasang iklan. Sobat Pilih aja Keyword Ideas, lalu lihat hasil keyword total berjumlah 656. Lalu segera klik download/unduh untuk menyimpannya di komputer kita dalam format excel.

9. Setelah tekan tombol Download di atas, maka akan keluar kotak dialog 1, dialog 2, dan dialog 3 sbb :

download format excel

Kotak dialog 1 untuk download ke format excel. Klik tombol Download.

download format excel

Kotak dialog 2 untuk download ke format excel. Klik tulisan biru ‘Your download is now available’.

download format excel

Kotak dialog 3 untuk download ke format excel. Pilih open with, lalu tekan tombol OK.

10. Setelah Sobat pilih open with, lalu tekan tombol OK di atas, maka kumpulan keyword yg jumlahnya ratusan tadi akan tersaji di komputer Sobat dalam format excel sbb :

kolom keyword dan pencari rata-rata bulanan

Keyword hasil download tersaji dalam format excel. Sobat harus edit dulu tabel ini karena banyak kolom-kolom yg tidak kita perlukan. Hapus semua kolom kecuali sisakan 2 kolom saja, yaitu : Kolom Keyword dan Kolom Average Monthly Search.

11. Nanti kolom yg tersisa seperti ini :

kata kunci potensial1

Ganti judul ‘Average Monthly Search’ dg ‘Jumlah Pencari/bln’. Ini baru  Keyword awal yg diolah di excel pertama kali. Masih ada cara pengolahan berikutnya agar terlihat potensi pendapatan bersih jutaan rupiah dari kata kunci potensial yg disaring. Jika total jumlah pencari dijumlahkan, maka terlihat sementara jumlahnya 147.630 pencarian/bln. Ini masih data kasar.

12. Next, kita lanjutkan ya pembahasan berikutnya pada artikel episode ke-2 ttg Google Keyword Planner ini. Soalnya Saya mesti keluar Sobat dari dlm kamar kerja karena ada yg mesti dikerjakan di luar…he…he….See you next episode…!

Sampai jumpa dengan artikel ‘bagaimana perhitungan’ agar omset bersih Toko Online Bu Danti meningkat dari Rp. 16 Juta/bulan menjadi di atas Rp. 50 Juta/bln : www.CantikGrosir.com

—————————————

Berikut kelanjutan artikel “Cara Menggunakan Google Keyword Planner Episode ke-2″ >>Klik

—————————————-

Sukses untuk Sobat yg mau belajar lebih fokus,

 

Davit Putra
=========
Pin BB Davit : 26B2772F
PIN BB Admin RWP : 2AFF9AAB
SMS/Telp : 0818-0493-4850.
=========

#Privat Bisnis Online di Rumah Sobat atau di Kantor RWP>> (Waktu Fleksibel)

#Juga ada Bimbel Website Nyantri 3hari+2mlm untuk yg Mau nginap di RWP>> (tgl 28-29-30 September 2013). Riset Pasar Menggunakan Google Keyword Planner.

#Juga ada Bimbel Blog + SEO selama 2 hari untuk yg mau nginap atau tidak>> (tgl 14 & 15 September 2013). Riset Pasar Menggunakan Google Keyword Planner.

—————————

Pencarian dari Google :

Jika Sobat merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan sebarkan info blog ini ke teman-teman Sobat di Media Sosial :

About the Author

36 Responses to “Cara Menggunakan Google Keyword Planner(1)”
Read them below or add one

  1. sangat sangat bermanfaat pak, dapet ilmu baru..hee :)

  2. terimakasih, ditunggu yg tingkat expertnya gan :D

  3. Nick says:

    Trims pak davit, sgt bermanfaat bgt…

  4. Fitri Prihatini says:

    wah … saya betul2 tertarik dgn RWP, tp jujur sayamasih dlm tahap bingung nih… untuk memulai,

  5. M. Taufik says:

    bagaimana cara membuka halaman GKP seperti contoh diatas? ketika saya coba ketikkan http://www.adwords.google.com/keywordplanner. maka yg terbuka bukan seperti yg di atas. jadi saya tdk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, bagaimana caranya membuka halaman GKP supaya halaman yg terbuka seperti tampilan diatas? mohon bantuannya.terimakasih.

    • RWPGrup says:

      Pak M. Taufik, fleksibel aja mengikuti perkembangan halaman google tsb. Sekarang beda dikit: klik aja sebelah kanan atas tertulis “Sign in to Adwords”, lalu lanjutkan dg isi biodata email.

  6. masih bingung hrs mulai dr mana pak davit

  7. Bagi para pemula, google keyword planner sangat sulit untuk digunakan. Padahal fungsinya tidak jauh berbeda dengan Google keyword tools, hanya sisi tampilannya saja yang sedikit berubah. :)

  8. thanks untuk penjelasan GKP, jadi pengin cepet riset nih..

  9. budi says:

    thank pa info nya sangat bermanfaat

  10. Mangtab dan detail bener penjelasannnya, Pak.. Sukses untuk Anda..

  11. Roni Radesa says:

    Mau nanya..Jadi kalau ingin menggunakan GKP mesti mendaftar Google Adwords dulu?

    Thanks

  12. zis says:

    makasih pak davit, ilmu nya sangat bermanfaat
    smoga allah melipat gandakan ilmu pak davit
    amiennn

  13. kang iwan says:

    terima kasih skg sya lebih phm mngunakn GKP

  14. Wih mantap artikelnya ok sekarang saya ngerti dengan tool planner google ini dan saya sangat mau tau caranya yg pada bagian akhir ” meningkat dari Rp. 16 Juta/bulan menjadi di atas Rp. 50 Juta/bln ” dan cara yg harus di lakukan setelah data kata kunci terkumpul, terima kasih pak

  15. Terima kasih untuk artikelnya Pak, sangat bermanfaat sekali bagi kami. :)

  16. gugel selalu ada perubahan, kalo bahasa gaulnya “google dance”
    tapi mantaf lah, berbagi ilmu dan semoga bermanfaat buat yg lainnya.
    btw saya lihat kunjungan per hari member rwp bisa tembus ribuan ya? super sekali, gimana tuh caranya?

  17. GKT berubah wujud ya gan??? udah lama gak research, pas buka GKT dari bukmark kok tampilannya aneh gini, saya pikir salah url, terus gugling eh sama saja,,owwwww ternyata ganti GKP hehe itu juga tahu berkat mampir ke sini. tks.

    Itu kita mesti daftar adword gan? kalau cuma untuk research gratis kan?

  18. sangat bermanfaat dan membantu sekali.
    trims ya

  19. Heri Zubaidi says:

    Selamat pagi pak davit, wah panduan GKP nya sangat bermanfaat pak, kapan pak di upload pada tutorial RWP nya pak, soalnya mungkin bukan saya saja yang menuggu update materi GKP pada Rahasiawebsitepemula.comm biar bagi semua member yang tidak bisa berkunjung belajar bareng bisa belajar mandiri lewat panduannya pak. Terima kasih…

  20. thanks infonya pak ,,, ditunggu kelanjutannya

  21. Terima kasih pak, ditunggu kelanjutannya…!!!

  22. mksih bnyak boss,atas info pntingnya

  23. ada perbedaan yg signifikan antara google keyword tool dan google keyword planner , dulu saya pakai google keyword tool untuk mencari kata kunci untuk bikin toko online pas dicek kata kunci yg dlu di google keyword planner hasil berbeda..

  24. tq pak Davit, materi ini sangat membantu bagi saya yang pemula ini.

  25. yuhals says:

    terimakasih pak davit. saya ikut bb hari minggu kemarin. jadi tahu cara gunakan keyword planner, dan sekarang sedang menyiapkan blog baru untuk toko online. karena blog sekarang tidak bisa untuk jualan.

  26. Taufan says:

    Terima kasih banyak pak Davit infonya sangat bermanfaat buat saya

  27. Panduan yang sangat bermanfaat.langsung saya praktekan.ide kata kuncinya buanyak sekali jadi bingung.Ditunggu lanjutannya P Davit…
    Oh ya maaf, link GKP di atas sepertinya error…
    Terima kasih

  28. terimakasih atas tutorialnya Pak Davit ditunggu tutorial berikutnya

  29. Alhamdulillah, akhirnya di posting juga mengenai keyword planner ini. Terima kasih banyak Pak Davit, semoga Kita sukses bersama-sama.

  30. Mantap tutorialnya mas.
    Awalnya agak bingung sih, tapi sedikit demi sedikit paham cara juga menggunakannya.
    Ditunggu yang part 2 nya mas.

  31. arpatonis says:

    semakin menarik untuk dipelajari,ditunggu kelanjutan dari artikel Google Keyword Planner (GKP),semoga pak davit sehat dan lebih sukses

  32. Tutorial yg cukup bermanfaat bagi para pemula, ayo segera ke TKP. salam investasi

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

Top

Info ini juga Berguna Sobat :close