Cara Mengelola Fokus dalam Bersosial Media

Sosial Media sepertinya sudah menjadi kebutuhan komunikasi bagi sebagian besar umat manusia masa kini yg menggunakan internet.

Meski ada efek baik & efek buruk yg ditimbulkan sosial media, namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yg berhasil melejitkan potensinya melalui perantara sosial media.

Banyak Pebisnis Individu maupun Perusahaan yg sudah menggantungkan sarana penjualannya lewat sosial media. Tanpa sosial media, sepertinya bisnis mereka kurang berkembang.

Ada lagi individu yg merasa terbantu karena terhubung dg kolega lama atau saudara yg berjauhan dg bantuan sosial media.

Semua yg Kami sebutkan di atas adalah efek positif dari penggunaan sosial media dalam kehidupan sehari-hari. Oke, mari kita fokus pada pengaruh positif sosial media untuk perkembangan bisnis kita masing-masing.

Bagaimana cara memanfaatkan Sosial Media untuk pengembangan Bisnis Online kita masing-masing?

Fokus Mengelola Waktu dalam Menggunakan Sosial Media.

Kata FOKUS sudah sangat sering Kami ulang dalam penulisan artikel Bisnis Online di Blog RWP Grup ini.

Fokus itu bisa meningkatkan omset, fokus itu bisa membuat orang puas terhadap layanan kita.

Kekuatan FOKUS ibarat busur panah yg siap melesat dg kecepatan tinggi menuju target sasaran yg kita inginkan.

Begitu pula jika Sobat menggunakan media sosial untuk Bisnis Online. Wajib menerapkan ilmu FOKUS terutama dalam mengelola waktu berkelana ria di dunia sosial media.

Saya mengandaikan Sosial Media itu ibarat dunia di dalam dunia Sobat yg sebenarnya.

1 Sosial Media adalah 1 dunia Anda.

Nah, jika setiap hari Sobat berkenala ke banyak Sosial Media, itu sama artinya Sobat berkenala ke beberapa dunia.

Kebayang kan, berapa jam waktu yg Sobat habiskan utk berkelana ke “beberapa dunia” tadi, sementara target Sobat dalam Bisnis Online adalah meningkatkan Omset.

Terlalu banyak berkelana di beberapa Sosial Media bisa membuat Saudara kehilangan fokus. 1 Sosial Media saja bisa menguras waktu berjam-jam apalagi diselingi dg membaca share artikel, melihat status teman, dan terakhir hanya tersisa sedikit waktu utk keperluan bisnis.

Berikut Tips Mengelola waktu supaya Bersosial Media bisa Meningkatkan Omset Bisnis Sobat :

*1. Jadwalkan Kerja Sobat di Sosial Media setidaknya 1 hari sebelum membuka Akunnya.

>Meskipun Sobat sudah punya banyak Akun di Sosmed, tentu akan lebih bermanfaat jika menjadwalkan hari kerja & Akun Sosmed mana saja yg akan dibuka pada hari tsb.

*2. Catat di buku Rencana Kerja tentang apa saja yg akan dilakukan untuk meningkatkan Omset harian (optimasi harian).

>Sobat perlu tulis beberapa hal yg akan dilakukan (optimasi) pada Akun Sosmed yg sudah direncanakan jawdalnya pada poin 1 di atas.

>Misal optimasi yg akan dilakukan adalah membuat gambar yg menarik dg kata-kata singkat, jam tayang buat status, invite teman dari komunitas tertentu, memantau penggunaan anggaran iklan Facebook, konversi jumlah prospek atau jumlah like yg sudah masuk, dll.

*3. Review Hasil Kerja Optimasi Sobat di Sosmed setiap minggu.

>Hasil optimasi kita di Sosial Media biasanya tidak instan. Butuh waktu beberapa hari dari mulai orang bertanya tentang produk kita, minta gambar produk lebih banyak, negosiasi harga, dll. Jadi, setidaknya luangkan waktu 1 minggu untuk melihat berapa Rupiah Pemasukan kita setelah melakukan optimasi di Sosial Media.

————-

Jadilah Ahli salah satu Jenis Sosial Media.

Kami tidak menyarankan Sobat membuka sebanyak mungkin akun Sosial Media setiap hari guna meningkatkan performa Bisnis Online-nya.

Bukalah Akun Sosmed sesuai rencana kerja di atas, jangan tergoda membuka banyak akun Sosmed sekaligus. Karena semakin dibuka, biasanya semakin penasaran untuk membaca dg klik sana, klik sini.

Lebih baik Sobat buka 1 akun Sosmed per hari supaya jadi Ahli pada 1 jenis Sosial Media, daripada Sobat hanya punya kemampuan standar pada semua akun Sosial Media.

Kenapa?

Karena 1 Sosial Media adalah 1 dunia dalam Komunitas di Internet. Jumlah anggota dalam berbagai Komunitas itu ada jutaan orang.

Kalo Sobat Ahli dalam Facebook Marketing misalnya, baik dg cara gratis maupun pakai iklan, maka itu sudah lebih dari cukup untuk meningkatkan Omset Bisnis Online.

Ada ribuan orang yg bisa Sobat “tarik” setiap hari supaya mau melihat produk yg Sobat tawarkan di Website atau Fanpage.

Dari ribuan potensi prospek tsb, Sobat mungkin saja bisa closing puluhan orang per bulan. Mungkin juga ratusan orang yg bisa Sobat closing/bulan. Dan tentu efek positifnya adalah Omset Sobat meningkat hingga beberapa juta rupiah per bulan.

Ada Member RWP yg punya follower sampai di atas 100.000 orang dg ilmu Optimasi Instagram. Tiap hari follower bertambah otomatis di atas 100 orang. Ini bisa terjadi karena beliau fokus melakukan sesuatu setiap hari pada akun instagramnya. Sedangkan pada Sosial Media yg lain beliau tidak aktif.

Dengan follower sebanyak itu, tentu sudah bisa dijadikan Komunitas yg kuat untuk meningkatkan omset, memberikan pelayanan fokus & bermanfaat setiap hari.

Sobat juga bisa memilih fokus pada sosial media lain yg ada di genggaman, yaitu WhatsApp (WA), Telegram, Line, Google Plus, Youtube, dll.

Kuncinya adalah : Fokus memilih 1 Sosial Media yg paling sreg di hati, paling mudah dikendalikan meskipun Sobat sedang tidak di depan komputer.

Jadi kesimpulannya, orang yg Ahli dalam 1 Sosial Media akan lebih sukses dibandingkan mereka yg memiliki pengetahuan standar tentang banyak Sosial Media.

Namun, bisakah kita menguasai 2-3 Sosial Media sampai Ahli sehingga potensi Komunitas & Omset kita meningkat terus?

Jawabannya : Bisa, asalkan Sobat sudah punya jam terbang yg tinggi dalam dunia online. Waktu 1-2 tahun belumlah cukup. Setidaknya Sobat perlu waktu di atas 3 tahun, atau di atas 5 tahun untuk menjadi Ahli dalam 2-3 Sosial Media.

So, bersabar yah Sobat dalam berproses menjadi Ahli…!

———-

Latih Kemampuan Bisnis Sosial Media Anda dg Mengajarkannya.

Hal yg jarang dipikirkan oleh Pelaku Bisnis Online Sosial Media adalah mengajarkan ilmu yg sudah diperolehnya kepada orang lain.

Mengajarkan di sini bisa secara gratis ataupun dengan menarik biaya tertentu.

Sesuaikan kondisi kapan Sobat bisa memberikan ilmu Optimasi Sosial Media secara gratis dan kapan pula berbayar.

Yang paling penting adalah : setiap ilmu yg kita peroleh, apabila diajarkan lagi kepada orang lain, maka lambat-laun akan membuat kita menjadi bertambah pintar…!

Semakin banyak ilmu yg kita tularkan kepada orang lain, bukan menyebabkan ilmu kita habis, malah semakin bertambah ilmunya. Inilah prinsip yg harus Sobat pegang jika ingin bisnisnya langgeng, berkah, dan bermanfaat buat orang banyak.

Sukses untuk diri sendiri itu tidak memuaskan. Namun jika kita bisa membuat orang lain sukses dg sedikit ilmu yg kita miliki, inilah amal jariah yg mestinya kita kejar.

Harta yg kita dapatkan selama berbisnis itu tidak akan dibawa mati.

Yang dibawa ke alam sana adalah ilmu yg sudah kita tularkan kepada orang lain, harta yg kita keluarkan untuk orang lain, dan perbuatan baik selama kita mengajar orang lain.

Semoga Keahlian Sobat di dunia Sosial Media bisa mensejahterakan keluarga sendiri, keluarga orang lain, dan menularkan ilmunya sebanyak mungkin kepada sesama….!

 

Note:

Silahkan share artikel ini ke sosial media dg menekan tombol share di bagian bawah atau samping kiri artikel ini…!

Pencarian dari Google :

Blog RWPGrup

Davit Putra, S.Si. Bercita-cita mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online RWP Grup. Hobby : Jogging, Membaca, Menulis, Mengajar, dan Bisnis Online Sosial. Silahkan Cek Blog Pribadi>>www.DavitPutra.net

110 thoughts on “Cara Mengelola Fokus dalam Bersosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *