Siap-Siap Aturan Google Terbaru : Situs Mobile Friendly

Bagaimana Menghadapi Aturan Google Terbaru : Mobile Friendly Search Results?

Tanggal 21 April 2015 mendatang, Google akan mengeluarkan Aturan terbaru tentang sistem Pemeringkat Search Engine mereka yg dinamakan “Mobile Friendly Search Results”. Sebagian orang mungkin sudah tahu di luar sana, namun Saya yakin banyak para pemula atau Pelaku IM (Internet Marketing) di RWP yg belum tahu perkembangan ini…! Benar Gak?? he..he…he…

Menu Laporan SEO Mobile Friendly sebenarnya sudah muncul di Alat GWT dalam 1 tahun terakhir sejak tahun 2014. Saya sering memperhatikan menu tsb, baik di alat GWT situs sendiri mapun GWT situs murid-murid RWP.  Jika diperhatikan, banyak pesan perbaikan yg mesti kita lakukan agar situs kita tergolong mobile friendly menurut Google. Namun karena Saya pikir masih taraf uji coba dan belum diberlakukan resmi, maka pesan tsb sering Saya abaikan. Ternyata, keputusan resmi Google tsb datang juga sejak diumumkan di Blog Google tgl 26 Pebruari 2015 lalu.

Keputusan tsb akan berlaku utk situs-situs di seluruh dunia mulai tanggal 21 April 2015…..!

——————————

“Starting April 21, we will be expanding our use of mobile-friendliness as a ranking signal. This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results. Consequently, users will find it easier to get relevant, high quality search results that are optimized for their devices”.

(Google Webmaster Central)

—————————————

 Silahkan Sobat lihat Pengumuman Resmi pada Blog Google Webmaster Central berikut>>Klik

 

Hal ini sudah diindikasikan pada ucapan Matt Cutts, petinggi Google pada acara SMX 2014 (Search Marketing Expo 2014) :
“Mobile is important, and coming faster than most people in this room realize..!”

aturan mobile friendly google
Matt Cutts, salah seorang Pejabat Google yg ikut menentukan Aturan SEO & Cara Kerja Robot Google mengindex situs kita di Internet. Semakin relevan situs kita dg aturan SEO Google, maka semakin mudah situs kita TAMPIL DI HALAMAN PERTAMA OM GOOGLE ..!


Ayo Sobat RWP, Kita siap-siap menyambut aturan SEO Google yg baru ini….!

Sekitar 30% Pengunjung Organik Datang dari Hasil Pencarian Mobile Devices (Mobile Search).

Tentu Tim SEO Google punya alasan yg kuat untuk memberlakukan aturan SEO Mobile Friendly dg melihat data pengguna Perangkat Mobile yg semakin banyak di seluruh dunia. Mereka akan merubah aturan SEO melalui mobile algorithm-nya sehingga situs-situs yg tampil di halaman pertama Google selain memenuhi syarat SEO yg lama, juga ditambah dg syarat SEO Mobile Friendly….!

—————————————–

Data yg Saya peroleh dari hasil penelitian SMX (ditulis CopyBlogger), menunjukkan bahwa secara umum Pengunjung Organik situs-situs di dunia didatangi Visitor dari Search Engine dg perbandingan 30% berasal dari perangkat mobile…Meski ini hasil penelitian di luar negeri, namun sangat relevan dg DATA PENELITIAN utk Negara Indonesia berdasarkan GAMBAR SHARE OF WEB TRAFFIC di bawah…Ternyata sekitar 54% pengunjung website di Indonesia berasal dari PERANGKAT MOBILE….hmmm, dahsyat bukan?

Lihat Artikel CopyBlogger tentang Google Mobile Friendly>>
Lihat Hasil Penelitian SMX tentang The Data Behind Mobile Experiences>>

(Lihat data laporan di bawah pada SHARE OF WEB TRAFFIC…!)

—————————————–

Berikut Data Pendukung Mobile Organic Traffic dari Search Marketing Expo – SMX :

(Note : Organic Traffic adalah istilah yg merujuk pada Pengunjung yg berasal dari Search Engine)

organic mobile traffic
Data Pengunjung Organik (dari Search Engine) dunia meningkat tajam sepanjang tahun 2014. Dari yg awalnya hanya sekitar 40 Juta pada Januari 2014, kini meningkat DRASTIS mendekati 140 Juta Pengunjung Organik, yg berasal dari Perangkat Mobile pada akhir Desember 2014. Hal ini berarti Pengunjung Organic Mobile meningkat TAJAM 300% lebih selama 1 tahun terakhir….Wooww, DATA YG DAHSYAT Sobat…! (Sumber : Search Marketing Expo – SMX, Maret 2015).

 

organic mobile vs desktop mobile
DATA GRAFIK di atas harus menyadarkan kita…! Tampak TREND PENGUNJUNG ORGANIK DARI DESKTOP menurun dari 90% ke 70%. Sementara TREND PENGUNJUNG ORGANIK DARI MOBILE meningkat dari 10% hingga 30%. Dengan semakin banyaknya pengguna PERANGKAT MOBILE utk Komunikasi, sangat mungkin tahun depan ANGKA PENGUNJUNG ORGANIK MOBILE akan meningkat DRASTISS…! (Sumber : Search Marketing Expo – SMX).

Ada DATA yg sangat mengejutkan dari pengguna Mobile di Indonesia yg mengkses Website, yaitu KUNJUNGAN WEBSITE didominasi berasal dari MOBILE PHONES = 50%, dari TABLET = 4%, dan dari LAPTOP & DESKTOP = 45%. Silahkan Sobat cek hasil dari penelitian yg dipublikasikan pada JANUARI 2015 (total Traffic dari Perangkat MOBILE = 54%) :

share web traffic mobile
Tampak Share Kunjungan ke Website di Indonesia didominasi oleh Perangkat Mobile sekitar 54% (Mobile Phones = 50%, Tablet = 4%). Hal ini harus menjadi PERHATIAN kita sebagai Pelaku Internet Marketer agar bisa mendapatkan Pengunjung lebih banyak lagi dari SEO Mobile Frienldy…Sukses utk Sobat yg mau belajar..!(Sumber : Techinasia & We Are Social)

Silahkan Sobat baca lebih lengkap Laporan 2 Situs Internasional tentang penggunaan Perangkat Mobile utk Internet di Indonesia :

>http://id.techinasia.com/laporan-pengguna-website-mobile-media-sosial-indonesia/

>http://wearesocial.sg/blog/2015/01/digital-social-mobile-2015/

Apakah yg Bisa Sobat Lakukan utk Mempersiapkan & Memperbaiki Performa Situs agar Mobile Friendly?

Dengan melihat data-data di atas, apakah Sobat mau berdiam diri saja membiarkan perkembangan yg ada atau segera bergerak belajar agar bisa menyesuaikan diri?

Tentu pilihan kedua adalah yg lebih MARKETABLE, yaitu Sobat harus MENYESUAIKAN DIRI dg perkembangan yg ada dan ikut BERGERAK melakukan pembenahan-pembenahan di SITUS-nya masing-masing…! Jika Sobat DIAM saja, maka siap-siap situsnya tenggelam di halaman belakang Google…!

——————————-

Note :
~Kelas SEO Google Tatap Muka dilaksanakan tgl 18-19 April 2015 di Kantor RWP Pusat-Bogor, Pukul 10.00 WIB s/d 17.00 WIB.
~Belajar selama 2 hari Ilmu SEO Google Dasar hingga Level Menengah-Advanced.
~Boleh Menginap FREE bagi peserta dari Luar Kota Bogor…!

Atau Sobat bisa Belajar dari Ebook BSG :
www.BelajarSEOGoogle.com>>

—————————————

Berikut 2 Hal yang Perlu Sobat Lakukan agar Situsnya Mobile Friendly berdasarkan Saran Google Webmaster Central :

1.  Silahkan Tes Situs Sobat Apakah Termasuk Mobile Friendly atau Tidak.

>Gunakan Alat Tes Mobile Friendly berikut :

www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly

Tes Situs Mobile Friendly Google
Masukkan nama lengkap situs Sobat dg http, lalu tekan Analyze…!

>Jika Situs Sobat termasuk Mobile Friendly, maka akan keluar halaman penjelasan sbb :

contoh blog mobile friendly
Setelah diuji, ternyata Blog RWP Grup ini termasuk kategori MOBILE FRIENDLY…! Silahkan Sobat tes masing-masing situsnya apakah mobile-friendly atau tidak…!

>Bagaimana jika Situs Sobat termasuk kategori tidak Mobile Friendly berdasarkan hasil uji alat Google di atas?

Tentu Sobat harus membuatnya Mobile Friendly dulu dengan melakukan salah satu cara berikut :

a. Mengganti Template Situs dg Template yg Kategori Mobile Frienldy.
>Namun resikonya SEO situs Sobat akan menurun selama 2 minggu s/d sebulan (berdasarkan pengalaman kami). Karena Sobat mengganti template, maka robot google akan mengindeks ulang dan beberapa halaman situs Sobat akan mundur ke belakang  jika diketikkan dg beberapa kata kunci tertentu..!

b. Jika Situs Sobat menggunakan WordPress, maka pilihannya coba cari Plugin Mobile Friendly yg cara kerjanya tidak perlu mengganti Template (Theme) Situs Sobat…!
>Coba cari Plugin Gratis-nya…Jika tidak ada, tentu bisa cari Plugin Premium alias berbayar…!

Pembicaraan lebih detail utk 2 Solusi di atas Insya Allah akan kita bahas lebih lanjut pada artikel-artikel yg akan datang…!

2. Gunakan Alat Google Webmasters Tools (GWT) untuk melihat Laporan Mobile Friendly Issues pada link berikut :

>Login pada Alat GWT Sobat melalui Link Mobile Usability Report berikut :

Mobile Usability Report GWT>>Klik

contoh situs mobile usability
Setelah Login dg akun Gmail GWT Sobat, Silahkan pilih salah satu Situs yg mau dicek Kebergunaan Seluler nya (Mobile Usability)…!

>Nanti akan muncul otomatis  Laporan Kebergunaan Seluler (Mobile Usability) utk Situs yg Sobat pilih :

laporan kebergunaan seluler (mobile usability)
Laporan GWT Blog RWP Grup menunjukkan pernah ada 1 kesalahan kebergunaan seluler sebelum 3 Maret 2015. Namun alhamdulillah, setelah tgl 3 Maret 2015 sampai 11 April 2015, terdeteksi 0 kesalahan kebergunaan seluler. Silahkan Sobat cek pada alat GWT nya masing-masing…!

Sekian pembahasan awal aturan SEO Google Mobile Friendly di Blog RWP Grup ini…Semoga bisa dipraktekkan dan bermanfaat bagi Sobat pembaca semuanya….!

Ingat Sobat, mulai tanggal 21 April 2015 aturan SEO Google Mobile Friendly akan diberlakukan Om Google, sudahkah Sobat SIAP???

———————————–

Kontak Pendaftaran Belajar SEO Google :

Hp Admin : 0813-1132-1865
PIN BB Admin : 2889F8B1

HP Marketing : 0877-7038-0976

#Bimbel SEO Google 2 Hari : Sabtu-Minggu (18-19 April 2015).
>Belajar SEO Google Dasar hingga Menengah-Advanced.
>Boleh menginap FREE utk Peserta dari Luar Bogor.

Atau Sobat bisa Belajar dari Ebook BSG :
www.BelajarSEOGoogle.com>>

#Pilihan Kelas Bimbel yg lain :
>Jadwal Bimbel Nyantri terdekat : Tanggal 25-26 April 2015 (belajar selama 2 hari + 1 mlm)
>Belajar Website Toko Online + SEO Google Dasar.
>Boleh menginap FREE utk Peserta dari Luar Bogor.

 

Sukses utk Sobat yg mau belajar SEO Google terus-menerus….!

 

Davit Putra, RWP, ListB
===================

“Ilmu itu bagaikan SAMUDERA LUAS…..Semakin FOKUS dipelajari, akan semakin dalam pengetahuan kita….Namun di saat yg sama, kita akan semakin SADAR, bahwa diri ini tidak ada apa-apanya dibandingkan SAMUDERA ILMU yg MAHA LUAS tsb…!”

 

Blog RWPGrup

Davit Putra, S.Si. Bercita-cita mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online RWP Grup. Hobby : Jogging, Membaca, Menulis, Mengajar, dan Bisnis Online Sosial. Silahkan Cek Blog Pribadi>>www.DavitPutra.net

70 thoughts on “Siap-Siap Aturan Google Terbaru : Situs Mobile Friendly

  1. Saya udah test web pondokbacaanak.com ternyata tidak mobile friendly,templatenya (indostore) saya dapat waktu platihan bikin toko online 3 hari di RWP CKP solusinya gimana ya? dikasih template lagi ngga yang mobile friendly dari RWP, atau harus beli template?

    1. Silahkan instal plugin mobile friendly aja Bu seperti yg dilakukan Pak Vitus dan teman2 pada diskusi di bawah…Namanya Wptouch mobile plugin. Cek diskusi Pak Vitus dan teman2 di bawah ya…!

    2. makasih infonya saya langsung install Wptouch mobile friendly plugin, kemudian plugin diaktifkan dan saya langsung test mobile friendly, Alhamdulillah sekarang udah mobile friendly..makasih infonya. Bravo RWP

  2. Wah nambah lagi aturan Google nih….Makasih sudah update info Google Mobile Friendly nya Pak…!

  3. Terima kasih pak Davit atas infonya, mudah2an web saya mobile friendly. Cuma yang saya takutkan kalau saya ganti templete posisi web-nya akan turun 2 – 6 minggu. Apakah setelah 6 minggu akan kembali normal posisi web kita Pak ?

    1. Beda nya dg yg baru, yaitu ada kewajiban web kita harus bersifat SEO mobile jika dilihat dari pengunjung perangkat Mobile (Hp, Tablet, dll). Syarat yg lama juga tetap berlaku, seprti konten berkualitas dan menerapkan teknisk SEO onpage spt biasa..

  4. Berbekal ilmu dari RWP , sy mulai lakukan pembenahan untuk situs-situs saya, terimakasih Pak Davit

  5. wah saya belum mencobanyanya nih,,,, saya mau coba nati kalo berhasil saya koment lagi

    obat herbal asam urat
    obat herbal darah tinggi

  6. tahnks suhu, sharingnya sangat berguna sekali untuk kami khususnya saya, siap-siap harus update ya supaya bisnis online kita makyus dan sukses hehe, maju terus dan selalu jaya RWP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *