Ketahanan Dalam Bisnis Online

Dalam beberapa tahun terakhir ini, sudah semakin banyak orang Indonesia yg menjalankan Bisnis Online. Mungkin karena terdesak kebutuhan, pengangguran yg semakin membengkak, atau karena ekspos iklan di TV perihal situs-situs Market Place yg semakin gencar promosi. Ada Tokopedia.com, ada BukaLapak.com, ada OLX.co.id yg merupakan gabungan dari TokoBagus & Berniaga, ada Blibli.com, dam masih banyak lagi situs online yg promosi di TV.

Namun apakah Sobat selama ini hanya bertindak sebagai PENONTON  di antara ramainya iklan Bisnis Online atau sudah mulai belajar menjadi PEMAIN?

Banyak Pelaku Bisnis Online Pemula yg sudah mulai merasakan sukses berjualan via internet dg sebuah Blog atau website. Ada yg masih sambilan sebagai karyawan, ada yg profesinya sbg Ibu Rumah Tangga, dan ada yg sudah FOKUS 100% berprofesi sebagai Pebisnis Online yg sehari-hari hanya bekerja dari dalam rumah (kamar). Namun dari sekian ribu orang yg belajar Bisnis Online, banyak juga yg stagnan atau mundur karena belum juga berhasil di Bisnis Online…..Apa sebabnya?

Tulisan Saya kali ini akan membahas Ketahanan dalam Bisnis Online yg sangat menentukan Sobat bisa berhasil atau tidak dalam mengarungi samudera berbisnis online…Selamat menikmati…!

Ketahanan dalam Bisnis Online ada 2 Jenis.

Setelah menjalani belantara bisnis online selama 8 tahun & mengajar selama 7 tahun, Saya berkesimpulan bahwa keberhasilan seseorang bukan hanya ditentukan oleh bagus tidaknya produk yg dijalankan, namun lebih ditentukan oleh daya tahan pada 2 faktor. Daya tahan tsb berkaitan dengan produknya & pelaku bisnis online itu sendiri….!

—————————

Bisnis Online itu berhubungan dg daya tahan. Siapa yg kuat daya tahannya, maka akan kuat pula PONDASI bisnisnya. Siapa yg lemah daya tahannya, maka lemah pula PONDASI Bisnisnya…!

————————–

Berikut 2 Jenis Ketahanan dalam Bisnis Online yg menentukan Keberhasilan Sobat :

1. Ketahanan Produknya untuk terus bertahan & berkembang sesuai rencana pembentukan di awal.

Kalo produk yang dijual berkualitas, produksinya lancar, dan pelayanan dari pengelolanya memuaskan, maka produk tsb akan terus bertahan selama bertahun-tahun.

Namun jika salah satu dari komponen produk di atas hilang atau berkurang dalam jangka panjang, maka produk tsb tidak akan bisa bertahan hidup menghadapi persaingan dalam dunia bisnis online yg semakin menggeliat.

Baik Produk fisik ataupun produk non fisik, semua memerlukan performa daya tahan agar bisa terus berkembang. Jika Sobat tidak punya produk & mau menjalankan bisnis online utk jangka panjang, maka pilihlah produk yg bagus kualitasnya, lancar produksinya, dan nomor 1 pelayanannya….!

Jika di antara Sobat ada yg memproduksi sendiri barang/jasa yg akan dijual, maka terapkan 3 komponen produk tsb sebagai indikator daya tahan jangka panjang : KUALITAS, KONTINUITAS, dan EXCELENT SERVICE.

Jika Sobat menjual produk orang lain, namun salah satu dari 3 komponen di atas ada yg cacat, maka Sobat akan kena getahnya disalahkan konsumen. Jika semakin banyak konsumen yg komplain sementara belum ada perbaikan berarti dari pemilik produk, maka lebih baik produk tsb Sobat tinggalkan.

Jika kualitas & kontinuitas produk masih oke, sementara pemilik produk masih terus berusaha memperbaiki pelayanannya, ada baiknya Sobat bantu sampai kondisinya membaik. Kadang pemilik produk kewalahan menghadapai berbagai problem yg muncul akibat meningkatnya permintaan, sementara dari sisi kerjasama Tim masih terus diasah.

Intinya, jika Sobat melihat ada produk yg sudah dionlinekan bertahun-tahun dan masih terus mendatangkan pembeli dg segala kekurangannya, maka lebih baik Sobat ikuti terus utk bergabung. Ada saatnya Sobat memetik hasil dg menjadi orang paling berpengalaman tentang produk tsb.

Jika Sobat sebagai pemilik produknya, dan sudah menerapkan unsur kualitas, kontinuitas, dan pelayanan prima, namun masih saja ada kekurangan, terus saja bergerak. Ambil pelajaran dari segala kekurangan, lalu perbaiki kekurangan tsb menjadi kelebihan. Perbaiki dan perbaiki terus….! Insya Allah Sobat akan memiliki produk yg daya tahannya teruji selama bertahun-tahun.

daya tahan bisnis online
Bisnis Online yg berhasil adalah yg memiliki daya tahan prima utk jangka panjang. Sobat jangan mau kalah dg anak bayi yg selalu mempunyai daya tahan & terus maju meski sering jatuh berkali-kali (image : obat penurun panas).

2. Ketahanan Pelaku Bisnis Online dalam menjalankan bisnisnya di tengah badai cobaan informasi yg sedemikan dahsyat…!

Sangat banyak Saya temukan lemahnya daya tahan Pelaku Bisnis Online karena sering berpikir instant. Bisnis Online yg baru ditekuni beberapa bulan saja bisa ditinggalkan hanya karena ada informasi baru yg kelihatannya menarik.

Ada juga Pebisnis Online yg sudah menekuni webnya selama 1 tahun lebih, namun merasa tidak berhasil karena omsetnya tidak bergerak dari 1 Juta/bln. Mulailah dicari-cari peluang bisnis baru yg dikiranya lebih mudah & lebih besar penghasilannya. Padahal jika Saya analisa dari produk yg dijual & tampilan webnya, ternyata masalahnya bukan karena produk. Tapi karena tidak pernah dianalisa secara serius adanya kekurangan pengunjung yg disebabkan tidak tahu cara promosi.

Jika produk yg kita jual bagus, produksinya lancar, pelayanan prima, maka akan percuma juga jika pengunjung yg datang ke web kita masih di bawah 10 visitor atau di bawah 30 visitor per hari. Dalam hal ini daya tahan Sobat diuji sebagai PELAKU BISNIS ONLINE agar tidak berpaling ke lain produk. Gunakan pikiran & analisa, perbanyak belajar agar bisa mendatangkan pengujung di atas 100 Visitor per hari.

Sobat jangan terlalu sering menonton keberhasilan orang lain tanpa pernah serius menjadi pemain bagi bisnis online sendiri. Lakukan analisa luar-dalam terhadap perjalanan bisnis online Sobat. Apakah Sobat selama ini sudah maksimal berusaha? Mainkan sendiri langkah-langkah perubahan pada situs Sobat dg berbagai macam trial eror, atau modifikasi dari keberhasilan orang lain. Meniru gaya keberhasilan orang lain memang tidak ada salahnya, asalkan Sobat terapkan unsur kreativitas dalam tindakan meniru tsb.

Jangan hanya jadi penonton, jadilah pemain yg fokus pada diri sendiri tanpa menghiraukan penilaian orang lain.

Oh ya, satu hal lagi yg penting adalah jangan terlalu MATERI ORIENTED…!

Jika Sobat hanya mengejar materi tanpa melihat visi+misi bisnisnya, maka Sobat akan menjadi orang yg hanya oportunis, bekerja kalo hanya melihat untungnya. Padahal selalu ada untung-rugi atau naik-turun dalam perkembangan bisnis online kita.

Kalo hanya melihat materi, maka Sobat akan melupakan “nilai-nilai” kehidupan yg  sebenarnya bisa didapat kalo kita melewati masa-masa susah menuju senang. Juga nilai-nilai tersebut akan ditemukan kalo Sobat melewati masa-masa senang menuju susah.

Jika Sobat terlalu Materi Oriented, maka Sobat hanya menjadi “kutu loncat” yg selalu berpindah-pindah bisnis dan tidak memiliki arah VISI yg jelas. VISI Sobat hanyalah VISI Materi…! Rendah sekali kalo mental Sobat hanya berpikir Materi semata tanpa membungkusnya dg nilai kebaikan, nilai saling membantu, nilai kesabaran, nilai kebersamaan, dan nilai ketaqwaan utk mengejar akhirat.

Jika Sobat lihat Bisnis Online yg berhasil, maka akan terlihat di dalamnya ada nilai-nilai kebaikan & tolong-menolong yg tinggi. Menjual bukan hanya mendapatkan materi, tapi mendapatkan juga kepuasan nilai-nilai kemanusiaan yg merupakan daya tarik tertinggi dibandingkan materi semata…!

Materi akan mengikuti sendiri jika Sobat punya nilai-nilai kemanusiaan yg lebih tinggi dari materi. Karena sebenarnya materi yg kita peroleh adalah sekumpulan kepercayaan orang-orang yg dititipkan kepada kita. Tanpa nilai kepercayaan, Sobat tidak akan memiliki materi yg berarti…Jadi mulai sekarang, ubah konsep kita tentang MATERI menjadi sekumpulan NILAI-NILAI kepercayaan yg dititipkan kepada kita. Insya Allah materi akan mendekati Sobat dengan sendirinya…!

————————-

Semoga penjelasan 2 Jenis Ketahanan Bisnis Online di atas bisa menjadi refensi bagi Sobat yg saat ini sedang LEMAH daya tahannya…!

Kekuatan pertahanan kita sebenarnya anugerah dari Tuhan, namun kita diwajibkan berikhtiar untuk mendapatkan daya tahan yg prima, baik ketahanan fisik maupun ketahanan mental.

Tidak ada yg instant dalam hidup ini Sobat jika kita mau memiliki ketahanan yg KUAT dalam Bisnis Online….!

——————————

Sukses utk Sobat yg sedang belajar memiliki KETAHANAN dlm Bisnis Online,

 

 

Davit Putra, RWP
================

Kelas Semi Privat Murah, cuma 3-5 orang/kelas>klik

2-(300 x 300)-Fix-Privat-Unlimited

Blog RWPGrup

Davit Putra, S.Si. Bercita-cita mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online RWP Grup. Hobby : Jogging, Membaca, Menulis, Mengajar, dan Bisnis Online Sosial. Silahkan Cek Blog Pribadi>>www.DavitPutra.net

41 thoughts on “Ketahanan Dalam Bisnis Online

  1. Konsep yg sangat simpel namun berisi sekali.
    perjlanan kedepan dlm bisnis online merupakan tantangan skaligus uji nyali, sberapa tangguh ketahanan kita ? smg sllu optimis ….

  2. Ketahanan dalam bisnis online sangat penting,,,
    semoga dapat melewati tantangan2 yang ada…
    Sukses selalu RWP !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *