Cerita Mentoring Klien Digital Marketing RWP

Pada tulisan kali ini, Saya mau ngajak Sobat RWP refreshing dulu…..He..he….!

Meskipun materi belajarnya serius, yaitu Kelas Mentoring Tim Perusahaan/Lembaga, tapi Saya mau ajak rileks dulu teman-teman.

Maklum, untuk mengajar Mentoring salah satu Klien RWP ini, Kami harus berangkat ke Kuningan malam hari. Supaya besok paginya bisa sampai tepat waktu untuk mengajar.

Dalam perjalanan PP (pergi-pulang) itulah Kami anggap sebagai refreshing atau semacam liburan…ha..ha…ha….Padahal pikiran harus tetap fokus ke materi Digital Marketing yg sedang dimentori, yaitu materi Bedah Website + SEO Google Mendalam.

Namun karena lebih panjang perjalanannya daripada waktu mentoringnya, maka Saya anggap saja liburan yah…hi….hi…hi.

Bagi Pebisnis Online kayak Saya atau teman-teman, keluar jauh dari rumah saja sudah dianggap liburan. Karena hampir tiap hari kerjanya di rumah. Tiap hari duduk & kerja & makan di rumah. Tiap hari ketemu anak+istri di rumah. Bisa bosen juga jika kita tidak pintar-pintar mencari waktu nyantai keluar..!

Begitu ada kesempatan keluar rumah agak jauh, apalagi ke luar kota, maka Saya anggap sambil liburan…Padahal dalam misi tugas untuk bekerja juga, yaitu MENTORING DIGITAL MARKETING alias MENGAJAR…! Jadinya BEKERJA sambil liburan….Atau LIBURAN sambil kerja. Yang benar yg mana nih???

Klien YKTN (Yayasan Karantina Tahfizh Al Quran Nasional)

YKTN adalah salah satu Klien Digital Marketing RWP Grup yg mengambil Paket Mentoring lengkap selama 1 tahun.

Lembaga ini bergerak dalam bidang Pelatihan Hafal Al Quran selama 1 bulan. Websitenya saja bernama : HafalQuranSebulan.com>>

Meski program unggulannya adalah hafal quran dalam 1 bulan 30 juz, masih ada lagi program turunannya yg lebih singkat. Misal, Karantina Week End-target 1 juz, Karantina Sepekan-target 5 juz, Karantina Dua Pekan-target 10 juz, dll.

Selama 5 tahun sejak Yayasan ini berdiri, sudah menghasilkan 10.531 Alumni dg peserta berasal dari berbagai kota di Indonesia (sampai Wisuda Angkatan 46). Bahkan ada juga peserta yg datang dari luar negeri, di antaranya negara Malaysia.

Wisuda Santri Tahfizh
Wisuda Angkatan 46 Yayasan Karantina Tahfizh Al-Quran Nasional (YKTN). Jumlah ALumni saat ini mencapai 10.531 orang.

Tiap bulan jumlah peserta terus bertambah (angkatan baru). Rata-rata dalam sebulan ada 150 s/d 200 Peserta baru yg belajar di Pesantren YKTN ini. Saat Saya menulis Artikel ini, baru menerima lagi Angkatan 47.

Sobat yg berminat tidak ada salahnya untuk mencoba daftar. Pilihlah Paket Training sesuai waktu & anggaran Sobat. Biaya Pelatihan sudah termasuk makan sehari 3x, laundry pakaian, perlengkapan belajar, dll.

Ada 4 Ikhtiar Proses yg diterapkan Tim YKTN agar Peserta bisa menghafal Al Quran dg cepat :

  1. SOP Karantina Tahfizh Al-Quran Nasional >> Pengelolaan program percepatan menghafal Al-Qur’an.
  2. Menjaga Kesehatan >> Pengkondisian kesehatan fisik, mental, dan ruhiyah selama proses menghafal Al-Quran.

  3. Tahsin Tilawah Al-Qur’an >> Standarisasi bacaan Al-Quran agar sesuai kaidah tajwid untuk menjaga keutuhan bacaan.
  4. Al-Qur’an Yadain >> Metode Yadain mudah menghafal Al-Quran Virtual, Visualisasi Tadabbur, dan Penomoran Jari.

Para Pengelola & Pendiri Yayasan termasuk Ustadz yg melek dg Teknologi Digital 4.0 . Mereka memanfaatkan internet untuk menjaring sekitar 200 Peserta per bulan dari seluruh Indonesia. Anggaran iklan Digital yg dipakai sekitar Rp. 20 Juta per bulan.

Namun karena mereka merasa ada yg kurang dari sisi pengelolaan Sistem Digital Marketingnya, Tim YKTN mencari Konsultan atau Mentor yg bisa membimbing mereka melakukan percepatan lebih cepat lagi dari sebelumnya. Targetnya Peserta bisa lebih dari 200 orang/bulan, dan juga target donasi untuk Pembangunan Kompleks Pesantren dg fasiltas lengkap dg anggaran sekitar Rp. 20 Milyar.

Alhamdulillah, dengan ijin Allah Kami dipertemukan dg Tim YKTN sehingga mereka mau melihat Presentasi RWP dalam waktu sekitar 3 jam. Setelah acara Presentasi & tanya jawab, akhirnya Tim YKTN sepakat untuk mengambil Paket Mentoring Digital Marketing RWP selama 1 tahun dg materi lengkap. 

Paket Mentoring RWP dg materi lengkap ini harganya Rp. 130 Juta/tahun dg rincian sbb :

*Paket 1 = Website + SEO Google + Google Ads + Youtube Marketing + GMB (All about Google) = Biaya Rp. 40 Juta/tahun.

*Paket 2 = Facebook Ads + IG Ads + Fanpage + Custom & Retargeting = Biaya Rp. 30 Juta/tahun.

*Paket 3 = List Building + Email Marketing + WA Marketing + Telegram Marketing + Sistem Affiliate = Rp. 60 Juta/tahun.

*Paket 4 (PAKET LENGKAP) = Gabungan Paket 1 + Paket 2 + Paket 3 = Rp. 130 Juta/tahun.

 

BEKERJA sambil Liburan….Atau LIBURAN sambil Kerja? 

Setelah Tim YKTN sepakat mengambil Paket Mentoring Digital Marketing selama 1 tahun, akhirnya Kami tentukan jadwal belajar tiap bulan selama 1 tahun.

Durasi belajar 2x sebulan (2 minggu sekali @3-4 jam, kadang bisa sampai 5-6 jam sesuai kasus yg sedang dibahas). Jadi total ada 24x pertemuan Mentoring tatap muka selama 1 tahun.

Dalam sebulan, Tim RWP ke Kantor YKTN Kuningan 1x dan Tim YKTN ke Kantor RWP Bogor 1x (jarak waktu 2 minggu).

Sisanya ada Grup Mentoring Online di Telegram, sehingga Tim YKTN tetap terhubung dg Kami setiap hari jika ingin konsultasi tentang tugas-tugas yg sudah diberikan.

Kebetulan pada Mentoring minggu sebelumnya adalah jadwal Tim RWP untuk datang ke Kantor YKTN di Kuningan-Jawa Barat. Tepatnya di Jalan Baru Obyek Wisata Cibulan, Maniskidul Jalaksana-Kuningan.

Saya & Tim berangkat setelah Azan Isya, hari Rabu malam. Jadwal Mentoringnya adalah hari Kamis jam 9.00 Wib.

Kami niatkan istirahat tengah malam di Rest Area sekitar Tol Cipali, sambil menikmati ngopi-ngeteh & diskusi tentang Digital Marketing (DM) Klien RWP. Ya, ada beberapa Klien Perusahaan yg minta Tim RWP pegang Paket DM nya. Ada yg Paket Klien murni tanpa Mentoring, dan ada yg Paket Mentoring seperti Klien YKTN di atas.

Kami Diskusi tentang hasil kerja Tim, kendala, potensi ke depan, dan hal-hal lain yg penuh imajinasi tentang masa depan Digital Marketing. Jika dalam kondisi santai seperti ini, biasanya pikiran Kami mengalir lancar, ide-ide cemerlang selalu saja muncul. Omset pun ikut meningkat.

Memang otak kita perlu dibawa ke suasana rileks jika ingin mendapatkan ide cemerlang dalam Bisnis Online yg tidak kelihatan ini. Begitu ketemu ide cemerlang, langsung siap-siap diaplikasikan. Lalu lihat hasilnya yg luar biasa nanti.

Kalo Sobat lagi mentok pikirannya, kesel, atau gak mood, maka Saya sarankan ambil waktu rehat bersama keluarga atau Tim. Cari tempat wisata atau tempat ngopi2 yg bisa mengalirkan idenya. Yg penting lepaskan dulu semua masalah yg ada. Ikhlaskan & terima saja kalo kita sedang punya masalah tsb.

Begitu kita ikhlaskan semua masalah, maka dengan sendirinya datang SOLUSI yg hasilnya LEBIH BESAR dari masalah tsb. Allah akan memberikan jalan keluar lebih “BESAR” setiap kita ada kesulitan, asal kitanya ikhlas menerima masalah tsb. Plus jangan lupa berusaha & berdoa sejak awal sampai akhir ya. Teruslah berdoa dg khusuk.

Saya ingat tulisan motivasi Pak Mardigu Wowiek (Pengusaha) yg kira-kira bunyinya begini :

“Saat kesulitan melanda, sebagian orang malah TUMBUH SAYAP untuk bisa terbang, sebagian lagi butuh tongkat penyangga karena PINCANG”.

Yang Tumbuh Sayap itu adalah orang yg ikhlas, berdoa, berprasangka baik sama Allah, dan terus berikhtiar sebelum nyawa menjemput.

Tumbuh sayap berarti kapasitasnya bertambah, rezekinya makin banyak, dan keberuntungannya makin besar.

Sedang yg Pincang adalah orang yg gak ikhlas menerima kesulitan, tidak ingat berdoa, berprasangka buruk sama Allah, dan menghentikan ikhtiarnya meski nyawa masih ada di badan…!

Yang pincang ibarat hatinya sering sakit, kecewa sering banget, kapasitasnya mengecil, rezeki sepertinya menjauh aja, dan makin sering mengeluh.

Beda orang, maka beda Rezekinya. Salah satu sebabnya adalah karena cara pandang & sikap orang tsb terhadap masalah. Ya, masalahnya adalah bagaimana CARA PANDANG & SIKAP Anda terhadap masalah.

Padahal bedanya tipis-tipis :

*IKHLAS vs GAK IKHLAS

*BERPRASANGKA BAIK vs BERPRASANGKA BURUK

*MAU BERDOA vs LUPA BERDOA

*MAU IKHTIAR vs BERHENTI IKHTIAR.

*Plus satu lagi : Percepat solusi Anda dg cara membantu menyelesaikan masalah orang lain. Walau hanya sekedar memberikan saran, ilmu, dan sumbangsih tenaga. Semakin banyak Anda berbuat baik, maka semakin banyak jalan keluar menghampiri Anda….!

 

Eh ceritanya jadi ngelantur…Malah ceramah ya…He…he…he….Tapi serius. Itulah yg Kami lakukan ketika dapat masalah. Dan hasilnya biasa dapat jauh LEBIH BESAR dari masalah tsb. Anda boleh coba kalo gak percaya…!

Next………

Oke, kembali pada istirahat di Rest Area, pilih punya pilih, akhirnya Kami berhenti di Rest Area 102 Tol Cipali (Subang). 

Rest Areanya luas, tempat parkir banyak, minimarket banyak, rumah makan banyak pilihan, masjidnya luas & nyaman, juga ada Pom Bensinnya.

Kami ngopi-ngeteh di depan minirmaket AlfaMart, plus camilan ringan. Ada air panas, dan kursi+meja untuk nongkrong di depan. Banyak juga pengunjung yg istirahat+ngopi seperti Kami meski sudah tengah malam. Sekitar jam 00.30 Wib dini hari, barulah Kami beranjak istirahat ke mobil & ke masjid. 

Bangun sebelum azan subuh ternyata sudah cukup membuat badan kami segar kembali. Pas Kami mau ambil air wudhu, tiba-tiba datang rombongan jamaah dari beberapa bus. Wuuihhh jumlahnya banyak banget. Seperti rombongan mau berangkat haji.

Saya kaget karena mau sholat subuh tapi mesjidnya penuh kayak orang mau sholat jumatan. Bahkan yg di dalam masjid sudah penuh. Jamaah sampai Sholat keluar di teras masjid. Ada ibu-ibunya juga di belakang & sholat gantian.

Ternyata Saya dengar kabar mereka adalah jamaah rombongan yg mau ziarah ke makam di Cirebon. Mungkin wisata ziarah kali yeh…he…he….

Alhamdulillah….Setelah sholat subuh, Kami siap-siap mau berangkat lagi. Kami tidak makan pagi di Rest Area tsb. Tim ingin sarapan paginya di lokasi pinggir jalan di sekitar Kuningan. Mau merasakan makanan tradisonal yg asli & hangat-hangat pagi. Padahal perjalanan ke Kuningan butuh waktu 2-3 jam lagi dari Rest Area 102 Subang ini.

Perut harus diajak bersabar dulu…..Moga-moga dapat makanan enak sesuai harapan.

Benar saja. Setelah keluar tol Ciperna Kuningan, mobil bergerak beberapa kilometer & Kami berhenti di sekitar Pasar Cilimus. Ada Soto Kuning & Nasi Kuning yg masih hanget. WUUIHHH….Lapar banget. Pengen segera makan. Tapi antrinya banyak juga…Ha…ha…ha…..

Kalo antri gini biasanya makanannya UENAKK…! Hmmmm…nyam…nyam….!

Saya pesan soto kuning, plus telor bulat, dan teh manis panas.

soto kuning cilimus
Hmmm….dari fotonya saja terlihat enak ya Soto nya? Segerrr….Ditambah telor bulat pake sambel….Plus Teh manis panas……Hemmm….Pagi terasa indah utk orang yg sudah kelaperan…ha..ha…ha……!

Enak tenan pagi-pagi gini minum Teh air panas. Ditambah Sotonya juga panas menghangatkan tubuh. Kalo makan di rumah sendiri pasti dianggap biasa. Tapi kalo makan di kota orang & kita lagi “kelaperan”, baru terasa nikmatnya makan….Belajar bersyukur bisa dari makanan di kota orang….!

makan soto kuning
Semangat makan pagi. Tuangkan air panas utk Teh, lalu srupuutt dg perasaan hangat…..mantaps..!

Habis makan pagi, Kami minta petunjuk Ibu Penjual Soto untuk referensi Masjid terdekat. Maklum ada hajat hati yg harus segera ditunaikan..ha…ha…ha…..mendesak..!

Ternyata referensi terdekat adalah di Masjid Agung depan Pasar Cilimus. Kira-kira 200 meter dari warung tempat Kami makan tadi.

Alhamdulillah Masjidnya besar, bersih, air mengalir lancar-dingin seperti di Bogor.  Begitu masuk ruangan utama masjid, terasa adem. Karena bangunan langit-langitnya tinggi. Plus ornamen doa-doa yg ditulis di sekitar ruangan masjid.

Hmmm…Sungguh adem & menentramkan jiwa bagi “musafir” berkendara seperti Kami ini…!

Saya rekomendasikan jika Sobat kebetulan mau ke Kuningan, mampirlah ke Masjid Agung Pasar Cilimus ini jika ingin beristirahat & sholat. Insya Allah nyaman & menentramkan…Saya sedikit promosi nih…he..he…!

masjid agung cilimus kuningan
Masjid Agung Cilimus di Kuningan yg cukup besar. Nyaman & Adem untuk tempat istirahat & sholat bagi Para Pengendara yg ingin break. Hayyu kita ke Kuningan…!

Next….

Kami melanjutkan perjalanan ke Kantor YKTN Kuningan. Jaraknya sekitar 20 menit dari Masjid Agung Cilimus tadi. Sebelum jam 09.00 Wib pagi, Kami sudah sampai di Kantor YKTN sesuai rencana. Alhamdulillah.

Sebelum belajar dimulai, Kami sempatkan diri melihat pemandangan sawah di sebelah Kantor YKTN. Sebagian sawah sudah dipanen pemiliknya.

Tapi kelihatannya banyak burung-burung pemakan padi yg mendekat. Saya lihat ada gantungan semacam seng di tengah sawah, yg terhubung dg tali menuju rumah petani (sekitar 30 meter). Fungsinya untuk mengusir burung. Begitu ada sekumpulan burung datang mendekat ke sawah, maka tali gantungan tadi ditarik dari rumah. Bunyinya pecah seperti seng beradu. Preengg….!

Dengan cara itu, burung-burung pada kabur…bur…..Tapi eh dasar burung. Gak sampai 5 menit, datang lagi sekumpulan burung yg sama atau berbeda. Tujuannya mungkin sama, mau cari makan padi. Dengan cara yg sama, Petani tadi menarik gantungan seng lagi….preenggg…burung kabur….5 menit datang lagi….Petani menarik gantungan lagi…burung kabur…5 menit datang lagi.

Saya pikir ini semacam hiburan buat Kami…Ha…ha…ha…. Dan sebagai bahan obrolan juga pagi itu.

pemandangan sawah di kuningan
Pemandangan sawah di sebelah Kantor YKTN Kuningan. Hmmm….Pagi-Pagi mata Kami sudah disuguhkan pemandangan hijau-kuning dipadu dg suara burung yg mencari makan. Ada sungai yg mengalir di antara kantor YKTN & sawah ini. Terdengar suara khas air mengalirr…. Pagi yg indah…!

Yang penting pagi itu mata terasa sehat, melihat hamparan hijau padi bercampur warna kekuningan…! Hal yg sulit ditemukan di kota. Apalagi di dalam rumah jika sibuk bekerja online. Mandangin Laptop muluuu….

Makanya Saya sudah bayangkan dari awal kalo ngajar Klien ke luar kota pasti ada unsur “Liburannya”. Paham kan Sobat?

Singkat cerita Kami ketemu dg Tim YKTN yg mau ikut Mentoring Digital Marketing dg materi Bedah Website & SEO Mendalam.

Ada sekitar 5 orang Tim YKTN yg hadir di ruangan. Ada ustadznya, ada penemu metode hafal quran sebulan, ada Tim IT nya, dan ada Pengurus Yayasan.

Pagi itu Saya dapat laporan data dari alat GSC (Google Search Console) dan GA (Google Analytics).

Tim YKTN menunjukkan data yg menggembirakan…!

training website dan seo google
Sesi mengajar Tim YKTN Kuningan. Laporan SEO Web HafalQuranSebulan.com menunjukkan peningkatan signifikan. Padahal baru 2-3 minggu.

Rata-rata nilai SEO naik pada Laporan GSC. Setelah 2-3 minggu sebelumnya dikasih tugas. Komponen SEO naik pada:

*Jumlah Google Index naik.

*Impresi atau Tayangan Web naik beberapa ribu kali tayang di Google.

*Jumlah Klik Pengunjung naik.

*Nilai CTR naik.

*dll.

Saya menilai Tim YKTN telah menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Hanya beberapa teknik menulis SEO Onpage yg belum diterapkan, itu karena belum Kami ajarkan detail. 

Makanya pada pertemuan kali ini Teknik SEO Onpage Kami perdalam, baik SEO untuk Artikel, maupun SEO untuk gambar.

Setelah Kami periksa postingan Artikel Web YKTN yg sudah jadi sebelum ketemu RWP, banyak yg belum menerapkan kaidah SEO Google secara benar. Hampir semua artikel. Lebih dari 100 postingan yg perlu diperbaiki Teknik menulis SEO Googlenya.

Belajar SEO Google
Tim YKTN sedang melaporkan hasil pekerjaaannya kepada Kami. Sekitar 4 jam Kami diskusi & membedah Web YKTN sampai tuntas SEO nya.

Dengan kondisi tsb, Saya memberikan Tugas untuk 2 minggu berikutnya, yaitu :

*1. Fokus memperbaiki semua teknik penulisan SEO pada postingan lama yg berjumlah lebih dari 100 postingan.

*2. Edit gambar artikel & kompress agar ukurannya ringan di bawah 100 kb.

*3. Jangan menulis Postingan baru dulu, kecuali ada info mendesak yg ingin diposting/diumumkan.

Dengan menjalankan 3 Tugas di atas selama 2 minggu, Insya Allah hasilnya akan lebih baik lagi. Komponen SEO yg sudah bagus akan meningkat lebih bagus lagi.

Selamat menjalankan Tugas Mentoring dari Tim RWP Grup ya…..!

Mentoring Digital Marketing RWP-YKTN
Mentoring Digital Marketing RWP-YKTN selama 1 tahun. Semoga berkah & tercapai target donasi 20 Milyar untuk pendanaan Kompleks Pesantren YKTN utk Para Penghafal Al-Qur’an dari seluruh Indonesia.

 

Siap-Siap Pulang Kerja….Anggap Kayak Pulang Liburan?

Setelah beres mengajar sekitar 4-5 jam di YKTN Kuningan, menjelang sore Kami bergegas untuk pulang. Maklum, cuaca terlihat mendung. Jadi meski buru-buru masuk ke mobil untuk perjalanan “Liburan” pulang.

Sepanjang jalan raya, Kami masih bisa melihat sawah-sawah yg menghijau di sisi jalan. Ada perbukitan sebagai latar pemandangannya.  Beberapa tulisan obyek wisata Subang Saya baca. Namun dilewati saja bersamaan melajunya ban mobil Kami.

Angin sore yg sepoi-sepoi menjelang turunnya hujan seolah menyapa Kami untuk mengucapkan selamat jalan : “Met jalan yah Tim RWP ke Bogor. Sampai ketemu bulan depan….We miss You..!” Ha…ha…ha….Kepedean. Menghibur diri.

Mobil terus melaju masuk ke gerbang tol. Setelah gesek kartu e-toll, Saya lihat Saldonya masih aman. Masih sekitar Rp. 300 Ribuan. Total kalo PP Bogor-Kuningan bisa habis sekitar Rp. 300 Ribu-400 Ribu-an. Ditambah bensin PP sekitar Rp. 600 Ribuan. Jadi hampir Rp. 1 Juta pengeluaran untuk Mentoring ini sekali jalan.

Belum lagi biaya makan selama perjalanan & Fee untuk Tim yg ikut. Lumayan kan Sobat jika dikali 1 tahun. Semoga program Mentoring ini berkah untuk Tim RWP & Tim YKTN.

Oh ya, mobil Kami terus melaju. membelah jalan Tol Cipali menuju Tol Cikampek. Target Kami ingin istirahat di Rest Area Karawang Barat. Sekalian mengantar anggota Tim yg tinggal di Karawang.

Rest Area keluar Tol Karawang Barat letaknya kira-kira 3 km keluar dari pintu Tol. Lurus saja terus dari Pintu Tol Karawang Barat, lalu cek di sebelah kiri jalan kira-kira 3 km lagi. Namanya Rest Area Masjid Aliyah. Suasananya nyaman & luas. Ibadah Sholat magrib terasa Syahdu. Makan malam pun terasa nikmat. 

rumah makan sambel hejo karawang
Suasana Rumah Makan tempo doeloe Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD) di Rest Area Masjid Aliyah Karawang Barat. Cocok untuk Sobat yg mau lihat suasana ruangan & peralatan jaman dulu. Bernostalgia….He…he….! Hallo Om dan Tante, apa kabar??

Di Rest Area inilah Kami istirahat makan paling lama, bisa sampai 2 jam. Dari jam 18.00 an s/d 20.00 WIB. Saya rekomendasikan untuk Sobat yg bosan istirahat di Rest Area pinggir tol, coba deh Rest Area yg keluar Tol Karawang Barat ini. Cari aja di Google Maps : Rest Area Masjid Aliyah Karawang Barat.

Parkirnya luas, Masjidnya bersih & luas, Toilet bersih, Suasana Rumah Makannya tempo doeloe, makanannya juga tradisional dg rasa modern, dll. Recommended bangets deh…! Buat betah. Nama Rumah Makannya : Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD).

Puas istirahat & diskusi dg Tim di RM Sambel Hejo Masjid Aliyah, Kami tanjap gas lagi menuju Bogor. 

Rumah makan sambel hejo sambel dadak karawang
Sedang pesan makanan tradisional khas RM Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD). Istirahat dulu ahh setelah berjam-jam berkeliaran di jalan Tol..hi..hi…hiii.

Alhamdulillah perjalanan cukup lancar. Berangkat jam 20.00 an WIB dari Karawang dan sampai sekitar jam 22.00 an WIB di Kota Bogor.

Tak terasa sebenarnya Kami sudah menempuh waktu 26 jam untuk Program Mentoring Bogor-Kuningan ini. Dan perjalanan waktu 26 jam tsb Saya ceritakan dalam Artikel ini yg berjumlah 2.724 kata.

Bekerja sambil Berlibur……….Berlibur sambil Bekerja.

Selamat menyelami hikmah perjalanan 26 jam dalam 2.724 kata….!

 

Sukses untuk Kita yg mau BERUSAHA…!

Davit Putra, S.Si RWP.

Dan Tim Digital Marketing PT. RWP Grup Indonesia.

pelatihan digital marketing rwp
Jadwal Pelatihan Digital Marketing RWP bulan Maret-April 2020.
× Bisa Kami Bantu? Chat Aja