Blog

Rencana Bisnis Itu Sangat Penting

Banyak Orang Punya Rencana, Namun hanya Sedikit yg Menuliskannya…!

Punya impian sukses itu bagus.

Punya rencana bisnis itu akan lebih bagus.

Menuliskan rencana bisnis itu akan lebih bagus lagi…!

Yang repot adalah punya impian tapi tidak mau merencanakannya..!

———————–

Ide tulisan ini Saya dapat setelah berbincang-bincang dg Pak Firman, salah seorang peserta Bimbel Nyantri pd tanggal 15-16 Agustus 2015 lalu. Website Pak Firman adalah www.KaosMuslimAtha.com yg dibuat selama belajar 2 hari + 1 malam di Kantor RWP-Bogor bersama peserta lainnya.

Pak Firman baru pensiun dini dari status karyawan sekitar 2 bulan lalu (Juni 2015). Sebelum mengajukan pengunduran diri, Pak Firman sudah membuat perencanaan bisnis yg akan ditekuni setelah keluar dari pekerjaan kantornya.

Kebetulan selama kerja di tmp sebelumnya, Pak Firman menyukai bidang design gambar utk kegiatan teman-teman di kantornya. Sering Pak Firman membuat design baju kostum kegiatan atau sejenisnya sampai banyak yg merasa cocok dg design beliau.

Dengan bekal hobby membuat design tsb, Pak Firman menemukan passionnya sehingga mencari partner produsen yg mau memproduksi baju anak-anak dg design dari Pak Firman sendiri. Alhamdulillah setelah diproduksi, promosi dari mulut ke mulut secara offline telah menghasilkan penjualan sekitar 200 pcs per minggu.

Peserta Bimbel Nyantri RWP
Peserta Bimbel Nyantri tgl 15-16 Agustus 2015 berfoto dg semangat pada sesi akhir belajar. Tampak Pak Firman sesuai tanda panah merah, sudah pensiun dini dg memilih menjual pakaian kaos anak bercorak muslim. Sukses utk Sobat yg mau punya impian & rencana bisnis jangka panjang…!

Dengan ikut Kelas Bimbel Nyantri di RWP Bogor, Pak Firman menargetkan dalam jangka pendek bisa menjual 1.000 pcs per bulan, dan target jangka panjang bisa menjual 10.000  pcs baju anak per bulan.

Setelah target tsb tercapai, Pak Firman berencana membuat website baru untuk menjual khusus Pakaian Muslimah Syar’i yg akan diserahkan pengelolaannya kepada istri beliau nanti.

Rencana-rencana Pak Firman di atas adalah salah satu contoh bagus bagi Sobat yg ingin mempersiapkan pensiun dini dari sekarang. Sebelum resign, siapkan rencana bisnis untuk bisa dijalankan setelah keluar dari status karyawan. Memang di awalnya Sobat akan melewati masa-masa sulit atau masa peralihan, namun jika semua ditulisankan dalam bentuk rencana kerja secara garis besar, maka Sobat akan punya banyak ide di tengah perjalanan praktek nanti.

Masalah yg dihadapi dalam perjalanan bisnis itu akan ada saja. Namun yg paling penting adalah bersikap fleksibel & tidak kaku dengan rencana bisnis yg sudah ditulis. Pada kenyataannya, nanti akan ada perbedaan antara teori dalam tulisan dg praktek bisnis yg sebenarnya. Di situlah nanti dituntut fleksibelitas Sobat dalam bertindak.

Yang repot adalah jika Sobat punya impian tapi tidak mau merencanakannya..! Selamanya Sobat tidak akan berani bertindak karena tidak punya rencana utk bergerak..!!

Yang Punya Rencana itu Banyak, yg Menuliskannya itu Sedikit, dan yg Konsisten sampai Sukses itu Lebih Sedikit lagi…!

Menurut informasi yg Saya baca di internet, dari ribuan pebisnis online, hanya kurang dari 10% yg sukses karena konsisten dg target bisnisnya. Sisanya 90% lebih masih belum berhasil atau masih terseok-seok untuk mendapatkan penghasilan rutin dari internet.

Mereka bukannya tidak bisa berhasil, hanya saja mereka tidak melakukan hal-hal yg dilakukan oleh Pebisnis Online yg berhasil.

———————————–

Apa yg dilakukan Pebisnis Online yg berhasil???

Jawabnya : Mereka punya impian, mereka mau merencanakan bisnisnya, mereka mau menuliskan rencana tsb meski dalam bentuk corat-coret di kertas, dan yg lebih penting lagi adalah mereka KONSISTEN PRAKTEK sampai berhasil…!

———————————–

Fokus Praktek Bisnis Online
Jika Sobat fokus praktek & konsisten terus-menerus, maka penghasilan itu akan datang dengan sendirinya sesuai kerja FOKUS Sobat…!

Konsisten praktek betapa pun banyak rintangannya adalah KATA KUNCI penentu bagi sukses tidaknya seorang Pebisnis Online. Kalo merasa sulit, dia akan banyak mencari solusi dg cara :
1. Banyak membaca fokus,
2. Bertanya kepada yg ahli di bidangnya,
3. Lalu trial eror praktek fokus pd bisnisnya sendiri,
4. Jika gagal, dia akan mencoba lagi langkah 1 sampai 3 di atas…begitu seterusnya sampai berhasil…!

Lalu mungkin timbul pertanyaan bagi sebagian Sobat yg sudah tahunan praktek tapi belum berhasil juga : “Saya sudah banyak membaca Pak dari berbagai sumber di internet, tapi kenapa tidak bisa juga FOKUS PRAKTEK?”

Jawabnya : Pada saat praktek, terapkan ilmu PODS = Pebisnis Online Diri Sendiri.

Ya, jadilah Pebisnis Online Diri Sendiri agar tidak galau dalam praktek>>klik tips PODS.

Semoga tulisan tips di atas bermanfaat buat Sobat yg sedang punya impian mau sukses di bisnis online & mau pensiun dini dari status karyawan…!

———————–

Sukses untuk Sobat yg mau menyusun rencana bisnis & menuliskannya…!

 

Davit Putra, RWP-BSG
==================
Nama Pemenang Kuis Ke-3 Kemerdekaan RI>>

 

10 Responses

Page 1 of 1
  1. Erik says:

    Artikel yang memberikan inspirasi, bagi pemula memang banyak sekali godaan untuk bisa fokus dan konsisten di jalur yang seharusnya. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini bisa menguatkan kembali semangat untuk sukses dibidang apapun itu yang sudah di renanakan sebelumnya. Aamiin !
    Sukses buat Pak Davit dan RWP !

    Reply
    • administrator says:

      Sukses juga buat Pak Erik yg mau belajar FOKUS dg rencana bisnisnya…!

      Reply
  2. Gamis Syar'i Cantik says:

    Alhamdulillah dapat ilmu dari teman-teman di RWP. Tinggal melaksanakan, itu yang penting.

    Reply
    • administrator says:

      Semoga bisa dipraktekkan ya Pak…!

      Reply
  3. Oleh oleh khas sukabumi says:

    Semoga cita cita pak firman terwujud dan sukses buat yang mau fokus,salam buat pak davit dan rwp

    Reply
    • administrator says:

      Salam dan sukses juga Pak Acep budi dg oleh2 khas Sukabumi nya..!

      Reply
  4. firman says:

    MasyaAllah… saya tidak mengira sama sekali obrolan kita pada saat itu menjadi bahan tulisan oleh Pak Davit dan bisa menjadi inspirasi bagi sahabat semua… syukron, jazaakallah khairan Pak Davit. Salam sukses buat sahabat semua…!

    Reply
  5. penjernih air says:

    waahh pantes lama ga sukses2 ga ada road map nya yah…..bismillah

    Reply
  6. tya says:

    mrasa tersindir banget saya hehe.. hrs mulai buat corat coret goal bln depan nih..

    trimakasih atas semua ilmu dan motivasinya

    Reply
    • Admin RWP Grup says:

      Semoga byk yg tersindir bu dan mau berubah membuat rencana bisnis tertulis..!

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 0813-1132-1865 Invite Pin BBM kami : 7C31F6BC