Blog

Lanjut, Cara Membuat Landing Page Bagian Ke-3

Alhamdulillah, semakin banyak respon positif dari Pembaca blog ini terkait Artikel Kami yg menjelaskan Cara Membuat Landing Page bagian ke-2.

Sebenarnya ini adalah Materi untuk Para Peserta Kontes Affiliate RWP Grup, yg sedang belajar cara membuat landing page untuk Kelas SEO Google & Bedah Website.

Namun bagi Sobat yg tidak mengikuti Kontes ini gak masalah, ilmunya bisa Sobat terapkan untuk Bisnis Onlinenya masing-masing.

optimasi landing page
Poin-poin penting yg harus ada dalam sebuah Landing Page, dikenal dg istilah Optimasi Landing Page. Sobat bisa terapkan dalam membuat Landing Page untuk Kontes Affiliate RWP Grup ini (image source : Hubspot Blog)

Semakin Dalam, akan Semakin Berkualitas…!

Satu cabang ilmu jika dipelajari semakin dalam, maka akan semakin terlihat esensi materinya. Dengan kedalaman Materi yg Sobat pelajari, maka lama kelamaan Sobat akan menjadi ahli sendiri.

Meskipun tidak ada yg menyebutkan Sobat sebagai ahli Landing Page, namun Sobat akan merasa ahli saja & lancar dalam mengerjakan proyek landing page berikutnya.

Efek positifnya akan Sobat rasakan untuk diri sendiri. Pekerjaan bidang landing page tidak akan lagi jadi masalah. Pede Sobat akan muncul, karena sudah terbiasa mengerjakan hal ini secara mendetail.

Sebenarnya, Sobat yg sedang mengikuti Kontes Affiliate RWP ini sedang dituntun untuk mengerjakan tugas secara detail & berkualitas. Semakin Sobat praktekkan ilmunya, tentu Sobat akan semakin mahir.

Apalagi ada acara tanya jawab di Grup Telegram Affiliate atau pada form komentar di bawah. Bagi Sobat yg paham manfaatnya, pasti tujuannya bukan hanya mengejar hadiah uang tunai yg Kami sediakan.

Lebih dari itu, Sobat akan belajar lebih terarah mengejar suatu target penjualan dari sistem Komisi Affiliate RWP.

Jika sudah terbiasa mendapatkan Komisi dari Program Affiliate, percayalah bahwa menjual Produk Toko Online atau produk lainnya di internet akan terasa lebih mudah.

Menjual Produk Toko Online sebenarnya lebih mudah, karena produknya dalam bentuk fisik & sudah familiar dikenal calon Pembeli.

Sebaliknya, menjual Produk Affiliate yg berbentuk non fisik biasanya terasa lebih sulit bagi Pemula.

Mengapa sulit??

Karena calon Pembeli tipe orang Indonesia masih terlalu banyak yg tanya-tanya, kadang masih ada rasa curiga takut ditipu. Mereka lebih percaya membeli barang fisik daripada membeli ilmu yg sepertinya tidak kelihatan.

Padahal ilmu tsb bisa saja merubah hidup mereka jadi pribadi yg mandiri, berpenghasilan dari dalam rumah tanpa kelihatan seperti orang pulang-pergi kantor.

Tapi yg jelas, kalo sudah berhasil mereka akan lebih sering bolak-balik ATM. Bukan sebagai petugas ATM yg ngisi duit…ha…ha..ha…Tapi kerjanya ngambil duit dari ATM atau transfer duit ke rekening orang lain.

Yah…itulah kesibukan Pebisnis Online yg tidak kelihatan…!

Namun pelan tapi pasti, Kami yakin bahwa image negatif bahwa menjual Affiliate itu susah akan hilang dg sendirinya, seiring dg semakin banyaknya masyarakat Indonesia yg sudah terbiasa online setiap hari.

Ada 132 Juta masyarakat Indonesia yg kini bisa mengakses internet.

Dan tentunya akan semakin banyak orang Indonesia yg butuh ilmu pemasaran lewat internet. Bukan hanya perorangan atau perusahaan yg butuh, bahkan sudah ada SMK di Bogor yg memiliki jurusan khusus Pemasaran via Internet (Bisnis Online).

Tahun ini, Kantor RWP Grup Pusat sedang menerima 2 orang siswa PKL dari SMK Wikrama Bogor. Mereka dari Jurusan Pemasaran (Teknologi Informasi), dan magang di Kantor RWP selama 3 bulan untuk belajar memasarkan produk RWP via Media Sosial & SEO Google.

Tahun lalu Kami menerima 2 siswa dari SMK 1 Cibinong-Bogor, jurusan Multimedia. Salah satu siswa tsb sudah dapat order dari Websitenya sebelum masa PKL nya berakhir di RWP.


Okay Sobat, informasi di atas hanyalah intermezzo atau selingan…hehehe…Kami perlu cerita apa adanya dg perkembangan bagus yg terjadi saat ini…!

Supaya Sobat semakin semangat belajarnya.

Selanjutnya kita akan masuk ke Materi inti, yaitu Poin-Poin apa saja yg harus ada dalam sebuah Landing Page?

Berikut 7 Poin Penting yg  harus ada dalam sebuah Landing Page :

*1. Ketahui dulu Tujuan Sobat.

Coba perhatikan kembali Artikel bagian ke-1 yg membahas 3 jenis Landing Page berdasarkan tujuan.

Jika tujuan Sobat adalah untuk mendapatkan penjualan langsung dengan mengarahkan Pengunjung klik tombol order, maka buat Landing Page jenis Click Through.

Landing Page jenis ini dibuat agak panjang & detail.

Disertai dengan bukti-bukti testimoni atau foto-foto kegiatan.

Sebaliknya, jika tujuan Sobat adalah untuk mendapatkan data Pengunjung yg isi form opt in (Lead Capture), bukan penjualan langsung saat itu juga, maka sebaiknya dibuat Landing Page yg singkat.

Buat form opt in agak besar & berwarna terang, agar fokus Pengunjung mau mengisi biodata yg kita sediakan formnya.

Hindari cerita yg panjang-panjang & kurangi menu di bagian atas atau bawah Landing Page kita. Hal ini bertujuan supaya pengunjung tidak mengklik sana-sini.

Fokusnya adalah pengunjung membaca paragraf singkat yg Sobat bikin dg tawaran mendapatkan hadiah/souvenir gratis kalau mereka mau memberikan nama & emailnya pada form opt in.

*2. Ketahui dulu Target Pasar Kita, lalu Beri Sentuhan Personal.

Jika mengetahui target pasar yg sedang dibidik, maka Sobat akan lebih mudah memberikan informasi dg sentuhan personal.

Sobat akan bisa masuk ke wilayah emosi positif-negatif yg sedang dialami calon Pembeli. Sobat akan bisa memilih kata atau kalimat yg tepat yg memang sedang dialami oleh calon Pembeli kita.

Misal, jika Sobat menjual baju untuk ibu hamil, maka Sobat bisa cerita banyak dalam Landing Page nya terkait emosi positif-negatif yg sedang dialami ibu hamil tsb.

Sobat bisa ceritakan bagaimana enaknya beli baju hamil lewat online tanpa harus capek datang ke Mall atau ke Toko Offline dg berdiri lama. Sobat sentuh emosinya bahwa baju hamil itu penting untuk kenyamanan sang Bunda beraktivitas.

Apalagi kalo Sobat kasih garansi uang kembali atau retur gratis. Calon Pembeli yg ibu hamil tsb tentu merasa semakin nyaman berbelanja di Toko Online Sobat.

Begitu juga jika Sobat menjual Produk Affiliate SEO Google & Bedah Website dari RWP Grup.

Sobat bisa ceritakan manfaat positif yg akan diperoleh calon Pembeli jika situs mereka tampil di halaman pertama om Google.

Anggaran iklan bisa dikurangi jika situs kita sudah tampil di halaman pertama Google. Bahkan jika pengunjung sudah di atas 100-200 Visitor/hari, anggaran iklan bisa saja Sobat stop.

Sentuh emosinya dg membayangkan bahwa Pengunjung akan datang dengan sendirinya dari Google meskipun kita sedang tidak online beberapa hari.

Bayangkan enaknya melayani order dari HP atau chat di WA ketika banyak calon Pembeli yg tanya sementara kita baru bangun tidur. Bahkan ketika kita sedang pergi kondangan, bisa saja order masuk lewat WA yg berasal dari Google tsb.

Memang penjualan tidak serta-merta langsung terjadi. Namun setidaknya situs yg sudah tampil di halaman pertama Google berpotensi dapat banyak Pengunjung terus-menerus (organic search).

Jika sudah banyak pengunjung, maka selanjutnya terserah kepada pemilik website mau gimana cara followup nya.

*3. Buat Judul atau Headline yg Mengandung Kata Kunci.

Judul yg mengandung kata kunci mempunyai 2 manfaat : untuk tujuan SEO Google & untuk tujuan menarik minat Pengunjung membaca lebih lanjut isi Landing Page kita.

Untuk tujuan SEO, gunakan kata kunci yg ditetapkan RWP pada Kontes ke-2 nanti, yaitu keyword : belajar seo google di rwp grup.

Sobat bisa saja membuat judul dg kalimat sbb :

Asyiknya Belajar SEO Google di RWP Grup sambil Ngopi-Ngopi.

atau

Belajar SEO Google di RWP Grup secara Detail & Mendalam.

atau

Masalahku Terpecahkan dg Belajar SEO Google di RWP Grup.

Coba perhatikan, judul di atas selain mengandung kata kunci, juga bisa menarik minat pengunjung & membuat penasaran untuk membaca lebih lanjut Landing Page Sobat.

Sobat hanya punya waktu 5 detik pertama untuk membuat Pengunjung bertahan di situs kita atau kabur dg menutup halaman Landing Page kita.

Judul atau Headline ini merupakan bagian dari ilmu copy writing yg bisa Sobat pelajari polanya.

Terapkan konsep copy writing AIDA dari mulai Judul, Sub judul, body Landing Page kita, hingga bagian penutupnya.

AIDA = Attention – Interest – Desire – Action.

  1. ATTENTION :
  • Tangkap perhatian Pengunjung dalam 5 detik pertama.

Terapkan pada :

  • Judul
  • Sub Judul.
  • Kalimat Pembuka.
  • Gambar
  1. INTEREST :
  • Buat Pengunjung Tertarik dg Kita.

Terapkan pada :

  • Profil Kita.
  • Profil Produk Kita.
  • Alasan memilih Kita & Produk Kita.
  1. DESIRE :
  • Ciptakan keinginan yg kuat untuk Membeli, lebih tajam daripada Interest.

Terapkan pada Isi (Body) Tulisan :

  • Sebutkan Fitur Produk > Lalu sebutkan Manfaat Produk.
  • Mainkan Emosi Negatif > Lalu berikan Solusi dg produk Kita.
    Misal dg kalimat : “Jika Anda tidak mau belajar ilmu SEO Google dari sekarang, maka selamanya Anda akan bergantung pada iklan atau situs Anda akan sepi Pengunjung…!””Kami punya SOLUSI untuk Anda dalam jangka panjang. Belajarlah ilmu SEO Google & Bedah Website di RWP Grup, baik secara tatap muka, maupun secara online di Grup Telegram….bla…bla…bla…..”
  1. ACTION :
  • Ajak Pembaca untuk Mengambil Tindakan segera..!
  • Dikenal dg istilah CTA = Call To Action.

Terapkan pada akhir Tulisan:

  • Tombol Order.
  • Hubungi Nomor Kontak.
  • Berikan Ruang Terbatas jika sedang ada Promo :
    -Terbatas Waktu.
    -Terbatas Harga.
    -Terbatas Jumlah.
  • Form isi Nama & Email.

*4. Design Penting, tapi Copy Writing lebih Penting.

Pelajari pentingnya Copy Writing dulu, baru kemudian faktor Design>>.

Design itu dibuat menyesuaikan KONTEN yg ada di Copy Writing.

“Most conversion rate optimization Experts you’ll meet would agree: Copywriting first. Design second”.

*5. Testimoni Didukung dg Gambar atau Video.

Jika Sobat menjual Produk Affiliate atau Toko Online, Testimoni merupakan suatu kebutuhan mutlak.

Kenapa?

Karena Testimoni bisa meningkatkan konversi penjualan.

Karena Testimoni Pembeli yg disertai gambar foto atau video bisa bercerita tentang seribu bahasa.

Biarlah Testimoni yg akan bicara lebih banyak tentang kelebihan produk kita yg sudah dirasakan oleh Pembeli.

Testimoni dari WA juga bisa Sobat sertakan screenshot nya jika memang itu berkesan.

*Sobat juga bisa kopi Profil Sukses Member RWP Grup dari sini :
http://rwpgrup.com/blog/category/profil-sukses-member-rwp/

Silahkan Sobat ambil 1 sampai 3 Testimoni yg berkesan secara singkat, lalu kopi-paste ke halaman sales letter Sobat untuk mendukung kepercayaan pengunjung.

Ambil fotonya juga yah…! Lalu ganti nama file foto tsb ketika akan diupload ke situs Sobat. Supaya Google tidak mengenal sumber aslinya.

*6. Buat Tombol Call To Action dg Konversi Tinggi.

Pelajari pentingnya memilih warna yg cocok dg tujuan kita membuat Tombol Call To Action>>.

*7. Akhiri Tulisan dg Mengulangi Kata Kunci Judul & Manfaat Produk.

Dengan mengulangi kata kunci yg ada di Judul awal & ditulis pada akhir paragraf, ini akan memberikan efek positif buat SEO Landing Page kita.

Juga akan memberikan efek repetisi yg bagus bagi Pengunjung, apalagi yg diulang tsb beserta manfaat produk yg memang dibutuhkan pengunjung. Efek pengulangan ini bisa meningkatkan konversi penjualan.

Google menyukai 1 kata kunci yg disebar pengulangannya pada judul, awal paragraf, tengah paragraf, dan pada akhir paragraf.

Namun pengulangan tsb harus enak dibaca & masih terlihat natural. Jangan berlebihan. Juga diselingi dg kata kunci frase lain  yg mirip atau masih terkait dg keyword judul.

Tujuannya supaya tulisan kita akan terlihat kaya konten dg kata-kata lain yg relevan. Teknik ini dinamakan teknik SEO LSI.

LSI = Latent Semantic Index.

Misal, kata kunci utama = belajar seo google di rwp grup.

Kata kunci atau frase LSI = belajar seo wordpress, panduan seo, belajar seo pdf, kelas seo google, bedah website, analisa google webmasters tools, laporan google analytics, dll.


Okay, sekianlah pembahasan Cara Membuat Landing Page yg Kami buat sampai 3 episode tulisan.

Kami berharap, Sobat yg mengikuti Kontes Affiliate RWP Grup bisa menerapkan 3 episode tulisan tsb dalam Landing Page nya masing-masing.

Bagi Sobat yg tidak mengikuti Kontes Affiliate, silahkan saja terapkan ilmu Landing Page yg sudah Kami uraikan secara panjang lebar untuk Bisnis Online-nya masing-masing.

 

Sukses untuk Kita yg mau berusaha…!

Note : 

Bagi Sobat yg mau tahu Jadwal Bimbel RUTIN yg Kami adakan setiap bulan, silahkan klik menuju Halaman Jadwal Bimbel Rutin>>.

 

*1. Jadwal Bimbel Karantina 6 Bulan :
(khusus utk Sobat Pemula yg belum punya Website)

Sabtu-Minggu, 29-30 Juli 2017, Pukul 10-00-17.00 WIB.

Materi : Dari mulai Riset Pasar, Kata Kunci di Google, buat Website yg disukai Google, Cara tampil di Halaman Pertama Google, dan Facebook Marketing : Fanpage & Facebook Ads.

Setelah Bimbel, Sobat dimasukkan ke Grup Telegram Karantina 6 bulan. Biaya = Rp. 1,5 Juta.

*2. Jadwal Bimbel SEO Google + Bedah Website bulan ini :
(khusus utk Sobat yg sudah punya Blog atau Website)

Minggu, 30 Juli 2017, Pukul : 10.00-17.00 WIB.

Beli 5 Ebook & Ikut Kelas Tatap Muka & ikut Grup SEO di Telegram, hanya bayar dg 1 harga = Rp. 270.000,-.

 

 

15 Responses

Page 1 of 1
  1. kecantikan kulit wajah says:

    Artikelnya sangat bermanfaat sekali. Sangat membantu untuk para pebisnis Online. Barokallah RWP yang mau berbagi tips dan pengetahuan..

    Reply
    • Admin RWP Grup says:

      Oke semoga bisa diterapkan bu utk Bisnis nya masing-masing…!

      Reply
  2. Belajar Seo Google Di Rwp Grup says:

    Wah, nambah lagi nih ilmunya, tinggal praktek, praktek, dan praktek lagi.
    Terima kasih…

    Reply
    • Admin RWP Grup says:

      Betul Pak Dede..tinggal praktek n praktek terus..!

      Reply
  3. irpan sabani says:

    Masih banyak yang harus di perbaiki pada blog saya, tapi mata tidak kuat menahan kantuk lantaran cape bekerja sianga hari.

    Reply
    • Admin RWP Grup says:

      Heheh…Semangat Pak Irpan…Lanjutkan Besok Pak pas Libur Sabtu-Minggu…!

      Reply
  4. bibit buah nangka kandel says:

    alhamdulillah,…bisa gabung dan menimba ilmu di RWP grup

    Reply
  5. Spesifikasi daihatsu luxio says:

    Artikel sangat bermanfaat, semoga bisa buat landing page yg baik

    Reply
  6. jual sepatu ultra boost.com says:

    Artikelnya bagus dan sangat menunjang pembisnis web site

    Reply
  7. jual sepatu ultra boost.com says:

    Artikelnya sangat bermanfaat sekali

    Reply
  8. Songket Palembang Pengantin Murah says:

    Landing page, kalau boleh tau itu bagusnya untuk web toko online atau apa ya???

    Reply
    • Admin RWP Grup says:

      Biasanya bukan utk Web Toko Online Pak….Namun Kalo Toko Online Bpk perlu menangkap data Pengunjung utk tujuan List Building, maka perlu buat Landing Page singkat.

      Reply
  9. nur kolis says:

    mau tanya landing page yang paling baik menggunakan platform apa? wordpress atau blogspot? maturnuwun

    Reply
    • Admin RWP Grup says:

      Itu tergantung kesukaan masing2 Pemilik Web Pak. Kalo kami lebih suka WordPress karena ada byk plugin yg bs membantu optimasi Web…Semoga membantu.

      Reply
  10. Marimas bikin adem tidak bikin batuk says:

    Terimakasih ilmunya buat RWP.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 0813-1132-1865 Invite Pin BBM kami : 7C31F6BC
- Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Dan Sekitarnya. - Baros, Cilegon, Pandeglang, Rangkasbitung, Serang, Tangerang, Tigaraksa, Anyer, Merak, Balaraja, Serpong / BSD. Kabupaten Serang, Pandeglang, Lebak, Tangerang, - Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cibinong, Cikarang, Cimahi, Cirebon, Depok, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Ngamprah, Cimareme, Purkawarka, Pelabuhan Ratu, Singaparna, Soreang, Subang, Sukabumi, Sumber, Sumedang, Tasikmalaya, Majalaya, Jatilangor, Lembang, Rancaekek, Jatibarang, Kadipaten, Losari, Palimanan, Jatiwangi. Kabupaten Ciamis, Cianjur, Bogor, Bekasi, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Bandung Barat, Purwakarta, Sukabumi, Tasikmalaya, Bandung, Subang, Cirebon, Sumedang, - Banjarnegara, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Mungkid, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purwokerto / Banyumas, Purwodadi, Purworejo, Rembang, Salatiga, Semarang, Slawi, Sragen, Sukoharjo, Surakarta / Solo, Tegal, Temanggung, Ungaran, Wonogiri, Wonosobo, Ambarawa, Cepu, Bojonegoro, Majenang, Ajibarang, Kartosuro, Bumi Ayu. Kabupaten Banjarnegara, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Magelang, Kudus, Pati, Pemalang, Purbalingga, Banyumas, Grobogan, Purworejo, Rembang, Tegal, Sragen, Sukoharjo, Temanggung, Semarang, Wonogiri, Wonosobo , - Bantul, Sleman, Wates, Kulon Progo, Wonosari, Yogyakarta, Prambanan. Kabupaten Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul - Bangkalan, Banyuwangi, Batu, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Caruban, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Kepanjen, Trenggalek, Krasaan, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pandaan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Surabaya, Tuban, Tulungagung, Paiton, Wlingi. Kabupaten Bangkalan, Banyuwangi, Bojonegoro, Bondowoso, Madiun, Gresik, Jember, Jombang, Malang, Trenggalek, Probolinggo, Lamongan, Lumajang, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Tuban, Tulungagung, Blitar - Amlapura / Karangasem, Bangli, Denpasar, Gianyar, Menguwi, Badung, Jembrana, SamarapurA, Klungkung, Singaraja, Buleleng, Tabanan, Kuta, Nusa Dua, Sanur, Gilimanuk, Ngurahrai, Jimbaran. Kabupaten Karangasem, Bangli, Gianyar, Badung, Jembrana, Klungkung, Buleleng, Tabanan - Baturaja, Indralaya, Kayu Agung, Lahat, Martapura, Muara Beliti Baru, Musi Rawas, Muara Enim, Tanjung Enim, Muaradua, Lubuk Linggau, Pagar Alam, Palembang, Pangkalan Balai, Banyuasin, Prabumulih, Sekayu, Tebing Tinggi, Sungai Lilin, Sungai Gerong / Plaju. Kabupaten Ogan KOmering Ulu, Ogan Ilir, Ogan Kemering Ilir, Lahat, OKU Timur, Musi Rawas, Muara Enim, OKU Selatan, Banyuasin, Musi Banyuasin, Empat La , - Arosuka, Batu Sangkar, Bukittinggi, Lubuk Basung, Lubuk Sikaping, Muara, Sijunjung, Padang, Padang Panjang, Painan, Pariaman, Padang Pariaman, Payakumbuh, Dharmasraya, Sawahlunto, Solok, Tuapejat, Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Kep Pagai, Lubuk Alung. Kabupaten Solok, Tanah Datar, Agam, Pasaman, Sijunjung, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota - Balige, Binjai, Dolok Sanggul, Gunung Sitoli, Gunung Tua,Kabanjahe, Kisaran, Limapuluh, Lubuk Pakam, Medan, Padang Didempuan, Pangururan, Panyambungan, Pematangsiantar, Rantau Prapat, Salak, Sei Rampah, Sibolga, Sibuhuan, Sidikalang, Sipirok, Stabat, Tanjung Balai Asahan, Tarutung, Tebing Tinggi, Teluk Dalam, Pangkalan Brandan, Laguboti, Belawan, Siborong Borong, Tanjung Morawa. Kaputaten Toba Samosir, Humbang Hasudutan, Nias, Padang Lawas Utara, Karo, Asahan, Batubara, Deli Serdang, Samosi, Mandailing Natal, Simalungun, Labuhan Batu, Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Tapanuli Tengah, Padang Lawas, Dairi, Tapanuli Selatan, Langkat, Tapanuli Utara, Nias Selatan, - Banda Aceh, Bireuen, Biang Kejeren, Biangpidie, Idi Rayeuk, Jantho, Kuala Simpang, Kutacane, Krueng Sabee, Langsa, Lhokseumawe, Lhoksukon, Meulaboh, Meureudu, Sabang, Sigli, Simpang Tiga Redelon, Sinabang, Singkil, Subulussalam, Suka Makmue, Takengon, Tapak Tuan, Calang. Kabupaten Bireuen, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Timur, Aceh Besar, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Aceh Jaya, Aceh Utara, Aceh Barat, Pidie Jaya, Pidie, Bener Meriah, Simeulue, Aceh Singkil, Nagan Raya, Aceh Tengah, Aceh Selatan - Bagan Siapi-Api, Bangkinang, Bengkalis, Dumai, Pangkalan Kerinci, Pasir Pangaraian, Pekanbaru, Rengat, Siak Indrapura, Teluk Kuantan, Tembilahan, Minas, Rumbai, Marpoyan, Ujung Batu, Duri. Kabupaten Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir - Bandar Seri Bintan, Batam, Ranai, Tanjung Balai Karimun, Kundur, Tanjung Pinang, Nongsa, Kabil, Lingga, Daik, Dabo Singkep, Kabupaten Natuna, Karimun, Lingga, Meliputi ; Koba, Manggar, Mentok, Pangkal Pinang, Sungailiat, Tanjung Pandan, Toboali, Belinyu, Jebus, Kelapa. Kabupaten Bangka Tengah, Belitung Timur, Bangka Barat, Bangka, Belitung, Bangka Selatan, - Arga Makmur, Bengkulu, Curup, Kaur, Kepahiang, Lebong, Manna, Muko-Muko, Tais. Kabupaten Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kaur, Kepahiang, Lebong, Bengkulu Selatan, Muko-Muko, Seluma, - Bandar Lampung, Blambangan Umpu, Gedong Tataan, Gunung Sugih, Kalianda, Kota Agung, Kotabumi, Liwa, Menggala, Metro, Sukadana, Bakauheuni, Krui / Pesisir Tengah, Sumber Jaya, Talang Padang, Pringsewu, Bukit Kemuning. Kabupaten Way Kanan, Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Tanggamus, Lampung Utara, Lampung Barat, Tulang Bawang, Lampung Timur, - Bangko, Jambi, Kuala Tungkal, Muara Bulian, Muara Bungo, Buara Tebo, Muara Sabak, Sarolangun, Sengeti, Sungai Penuh, Ramba. Kabupaten Merangin, Tanjung Jabung Barat, Batang Hari, Bungo, Tebo, Tanjung Jabung Timur, Sarolangun, Muaro Jambi, Kerinci, - Bengkayang, Ketapang, Mempawah, Nanga Pinoh / Melawi, Ngabang, Pontianak, Putussibau, Sambas, Sanggau, Sekadau Hilir, Singkawang, Sintang, Sungai Raya / Kubu Raya, Teluk Melano, Wajok. Kabupaten Bengkayang, Ketapang, Pontianak, Melawi, Landak, Kapuas Hulu, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Kubu Raya, Kayong Utara, - Amuntai, Banjarbaru, Banjarmasin, Barabai, Batu Licin, Kandangan, Kotabaru, Marabahan, Martapura / Banjar, Paringin / Balangan, Pelaihari, Rantau, Tanjung, Sungai Danau. Kabupaten Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Tanah Bambu, Hulu Sungai Selatan, Kota Baru, Barito Kuala, Banjar, Balangan, Tanah Laut, Tampir, Tabalong, - Buntuk, Tamiang Layang, Parukcahu, Muara Teweh, Kasongan, Kuala Kapuas, Kuala Pembuang, Palangkaraya, Pangkalan Bun, PUlang Pisau, Sampit, Sukamara, Lamandau / Nangebulik. Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Murung Raya, Barito Utara, Katingan, Kapuas, Gunung Mas, Seruyan, Kotawaringin Barat, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur, Sukamara, Barito Timur, - Balikpapan, Bontang, Malinau, Nunukan, Penajam, Samarinda, Sanggata, Sendawar, Tanah Grogot, Tanjung Redep / Berau, Tanjung Selor, Tarakan, Tenggarong, Teluk Pandan, Sebatik, Palaran, Sanga Sanga, Muara Badak, Loa Kulu. Kabupaten Malinau, Nunukan, Penajam Paser Utara, Kutai Timur, Kutai Barat, Paser, Berau, Bulungan, Kutai Kartanegara, - Ampana / Tojo Una Una, Banawa / Donggala, Banggai, Bungku / Kolonedale, Buol, Tolitoli, Luwuk, Palu, Parigi, Poso. Kabupaten Tojo Una-Una, Donggala, Banggai Kepulauan, Morowali, Buol, Toli-Toli, Banggai, Parigi Moutong, Poso, - Banteang, Barru, Belopa, Benteng, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Takalar, Makale, Makassar, Malili, Maros, Masamba, Palopo, Pangkajene, Sidenreng, Pare-Pare, Pinrang, Sengkang, Sinjai, Sungguminasa, Watampone, Watansoppeng, Soroako. Kabupaten Banteang, Bamu, Luwu Utara, Selayar, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Takalar, Tana Toraja, Luwu Timur, Maros, Luwu Utara, Pangkajene, Sidenreng Rappang, Pinrang, Wajo, Sinjai, Goa, Bone, Soppeng, - Bau-Bau, Kendari, Kolaka, Lasusua, Pasar Wajo, Raha, Rumbia, Unaaha, Wanggodo / Andolo, Wangi-Wangi / Wakatobi. Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Buton Dan Buton Utara, Muna, Bombana, Konawe, Konewe Utara / Selatan, Wakatobi, - Airmadidi, Amurang, Bitung, Boroko, Kotamobagu, Manado, Ratahan, Tauna, Tomohon, Tondano. Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Bitung, Bolaaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow, Minahasa Tenggara, Kepulauan Sangihe, Minahasa, - Majene, Mamasa, Mamuju, Pasangkayu, Polewali. Kabupaten Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara, Polewali Mandar, - Gorontalo, Kwandang, Limboto, Marisa, Suwawa, Tilamuta. Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, Pahuwato, Bone Bolango, Boalemo, - Ambon, Dataran Hunimoa, Dobo, Masohi, Namlea, Piru, Saumlaki, Tual. Kabupatan Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, Maluku Tengah, Buru, Seram Bagian Barat, Maluku Tenggara Barat, Maluku Tenggara, - Jailolo, Labuha, Maba, Sanana, Ternate, Tidore, Tobelo, Weda / Soasiu. Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Timur, Kepulauan Sula, Halmahera Utara, Halmahera Tengah, - Bima, Dompu, Gerung, Mataram, Praya, Selong, Sumbawa Besar, Taliwang, Woha / Ramba, Batu Hijau. Kabupaten Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, - Atambua, Baa, Bajawa, Borong, Ende, Kafamenanu, Kalabahi, Kupang, Labuan Bajo, Larantuka, Lewoleba, Maumere, Mbay, Oelamasi, Ruteng, Soe, Tambolaka, Waibakul, Waikabubak, Waingapu. Kabupaten Belu, Rote Ndao, Ngada, Manggarai Timur, Ende, Timur Tengah Utara, Alor, Manggarai Barat, Flores Timur, Lembata, Sikka, Nagekoe, Kupang, Manggarai, Timur Tengah Selatan, Sumba Barat Daya,Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Timur, - Bintuni, Fak-Fak, Kaimana, Monokwari, Rasei, Sorong, Waisai, Timika, Tembaga Pura, Teminabuan. Kabupaten Teluk Bintuni, Fak-Fak, Kaimana, Manokwari, Teluk Wondama, Sorong, Raja Ampat, Mimika, Sorong Selatan, - Agats, Biak, Botawa, Jayapura, Mulia, Merauke, Nabire, Oksibil, Sarmi, Sorendiweri, Sumohai, Timika, Wamena, Waris, Maapi, Paniai / Enarotari, Yapen Waropen / Serui, Sentani, Mamberamo / Bursemo, Boven Digul / Tanah Merah. Kabupaten Asmat, Biak Numfor, Waropen, Puncak Jaya, Merauke, Nabire, Pegunungan Bintang, Sarmi, Supiori, Yahukimo, Mimika, Jayawijaya, Keerom, Maapi, Enarotari, Yapen Waropen, Jayapura, Mamberamo, Boven Digul,