Trik Reset WordPress Tanpa Menghilangkan Postingan

Apakah Anda saat ini sedang merasa pusing dengan WordPress Anda yang banyak masalah? Hemm… semoga Panduan Lengkap Trik Reset WordPress dengan tanpa menghilangkan postingan in dapat membantu ya.

Iya… jadi mungkin saja Anda saat ini juga sedang merasakan mengapa kinerja Dashboard WordPress Anda saat diakses semakin mengalami penurunan performanya, seperti semakin lambat dan bahkan terdapat error di berbagai fitur.

Baiklah… coba Anda ingat – ingat dulu, mungkinkah pernah melakukan hal – hal di bawah ini :

A. Sering Bongkar-Pasar bermacam-macam Plugin WordPress

Plugin merupakan alat bantu terbaik untuk meningkatkan kinerja website wordpress Anda, namun apa jadinya jika Anda salah pilih dan salah setting plugin tersebut, tentunya hal ini dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan – kerusakan sistem “komunkasi” antar skrip, baik dengan sistem wordpress itu sendiri atau bahkan dengan plugin – plugin lainnya.

Keseringan melakukan install … lalu Un-Install lagi sepertinya memang terasa aman – aman saja, namun Anda tentu perlu tahu, bahwa setingan – settingan yang telah tersimpan dari plugin – plugin tersebut akan meninggalkan jejak dalam sistem wordpress Anda.

Benar juga, bahwa memang tidak ada cara lain selain melakukan trial / uji coba plugin yang cocok di website Anda, namun juga kami sangat menyarakan agar Anda betul – betul teliti, terutama dalam membaca dan melihat testimoni – testimoni dari orang – orang yang telah memakai plugin – plugin tersebut.

B. Sering Melakukan Pergantian Tema

Memiliki website dengan tampilan yang cantik dan elegan, paastinya semuanya mau donga yaa… tetapi terkadang disaat tidak memiliki refferensi tema untuk produk / jasa yang akan di tawarkan tersebut, membuat Anda memerlukan gonta – ganti tema yang Anda kira – kira cocok. Maka dalam hal ini, Anda perlu lihat website – website yang telah menggukan tema tersebut atau kalau tidak ada, biasanya ada menu Lihat Preview nya… coba deh lakukan itu dahulu yaa… kalau sudah cocok… baru deh di install ya

C. Sembarang Dalam Melakukan Edit tema melalui fitur Penyunting/Editor di Dashboard WordPress Anda.

Hal ini lebih krusial lagi ya… karena jika Anda lakukan koreksi melalui menu Editor disini, perlu memastikan, koneksi internet Anda dalam posisi stabil dan kuat, karena dalam hal ini, akan memerlukan komunikasi data yang mumpuni, agar saat editting dan saving tidak ada hambatan apapun, sehingga dalam berjalan sukses.

Lalu bagaimana Reset WordPress Anda bila sudah terlanjur banyak Crash / Error nya?

1. Anda dapat reset wodpress Anda ke settingan bawaan wordpress Anda seperti saat awal atau seperti semula ketika pertama Anda install 

2. Mencari titik  error lalu memperbaikinya (jika Anda memang memiliki pemahaman bahasan skripnya). 

3. Mereset seluruh settingan wordpress Anda agar sama seperti saaat Anda install pertama kali.


Hem… mungkin saat ini terbayang bagaimana cara untuk reset wordpress Anda agar sergera dapat kembali seperti awal pertama kali Anda membuat website


Baiklah, berikut langkahnya. Reset WordPress seperti semula dengan menggunakan Plugin.

Sebelum melakukan reset wordpress Anda ini, kami sangat menyarankan Anda untuk backup data website Anda terlebih dahulu, bisa dengan menggunakan FTP supaya lebih aman.

Selanjutnya, ikuti step dibawah ini dengan benar dan Ingat widget yang kita pasang menggunakan TEXT backup dulu menggunakan notepad, yang nantinya akan dipasang kembali ke dalam widget setelah direset.

  1. Seperti biasa, Baca Do’a terlebih dahulu ya
  2. Login akun wordpress Anda
  3. Silahkan Anda pilih tambah plugin
  4. Ketik saja di kotak pencarian (katakunci) plugin : WordPress Database Reset
  5. Bila sudah ketemu, silahkan langsung klik Install saja
  6. Setelah berhasil terinstall, Anda langsung Aktifkan saja plugin tersebut
  7. Pilih Perkakas yang Anda sukai, misal dengan menggunakan berbahasa indonesia selanjutnya pilih Database Reset
  8. Langkah meresetnya silahkan klik Select Tables dan pilih Option
  9. Sebaiknya jangan pilih yang lain apabila tidak sesuai kebutuhan. Dan boleh digunakan asal sobat paham.
  10. Terdapat tulisan : Reactivate current theme and plugins after reset? Silahkan Anda centang saja bila tema dan plugin tetap ingin diinstal (setingan tema dan plugin menjadi standart/awal), namun Jangan centang bila Anda benar-benar ingin mengembalikan dashboard ke setingan awal dengan menggunakan tema standart awal dan bersih tanpa plugin, kecuali bawaaan seperti aksimet dan hello dolly.
  11. Masukkan kode keamanan kedalam kotak yang tersedia
  12. Klik Reset Tables dan selesai sudah

Itulah trik Trik Reset WordPress Tanpa Menghilangkan Postingan Anda, sehingga web Anda dapat tampil seperti semula. Selamat mencoba.

Note : Jadwal Pelatihan RWP Grup di Bogor Bulan Juli 2019 :

Jadwal Pelatihan Digital Marketing RWP Grup
Jadwal Pelatihan Digital Marketing RWP Grup di Bogor untuk Bulan Juli 2019.

 

 

Blog RWPGrup

PT. RWP Grup Indonesia Mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online Website Utama : www.RWPGrup.com | Website Jasa Digital Marketing : www.RWPBC.com Kontak RWP Support : 0813-3454-2867 (SMS/WA/Telegram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Produk >>