Selama ini kita banyak mempelajari teknik-teknik SEO friendly yg bisa mendatangkan pengunjung ke situs. Fokus kita selalu bicara tentang teknik SEO Onpage & SEO Offpage. Namun mungkin kita tidak menyadari bahwa pemilihan template SEO friendly sangat berpengaruh terhadap keberhasilan SEO Onpage?

Untuk mudahnya, pembahasan kali ini kita fokuskan pada pemilihan template wordpress free maupun template wordpress premium yg sangat berpengaruh terhadap kedatangan pengunjung dari pencarian google.

Tulisan ini Saya buat berdasarkan pengalaman mengajar 4 Murid Bimbel Privat RWP beberapa waktu lalu yg berbeda jauh trafik pengunjung webnya.

Pilih Mana, Template WordPress Free atau Template WordPress Premium?

Apapun template wordpress yg Sobat pilih, baik yg free maupun yg premium, maka itu terserah saja sesuai kemampuan anggaran masing-masing. Yang paling penting adalah perhatikan unsur-unsur SEO yg ada dalam template tsb agar Sobat tidak menyesal di kemudian hari seperti yg dialami 2 murid Bimbel RWP beberapa waktu lalu.

Sangat disarankan Sobat memilih template wordpress yg dibuat oleh seorang Internet Marketer yg jago SEO, atau template wordpress yg dibuat oleh perusahaan yg paham unsur-unsur template SEO friendly.

Sangat tidak disarankan Sobat memilih template wordpress yg dibuat oleh seorang jago komputer atau jago desain namun tidak paham unsur template SEO friendly. Juga tidak disarankan Sobat memakai template yg dibuat oleh Jasa Pembuatan Website namun tidak menerapkan unsur template SEO friendly pada pembuatan webnya.

Lebih aman lagi jika Sobat memilih template wordpress yg sudah direkomendasikan RWP karena sudah teruji dalam pemakaiannya bertahun-tahun. Atau Sobat bisa memakai template wordpress berdasarkan rekomendasi Internet Marketer yg ada di forum-forum diskusi online. Yang penting juga bagi seorang pemula yg dalam proses belajar, lebih baik bertanya dulu daripada mencoba-coba template yg belum direkomendasikan.

Jika salah memilih template wordpress dari awal, meskipun umur web Sobat sudah 1 tahun atau lebih, maka hasilnya tidak akan banyak mendatangkan pengunjung. Sobat akan merasakan lebih banyak capeknya melakukan posting, namun pengunjungnya sedikit sekali sehingga berefek pada penjualan yg minim…….!

Apakah ada diantara Sobat RWP yg merasakan hal-hal yg Saya sebutkan di atas???

Template WordPress Free dari fthemes.com

www.fthemes.com adalah salah satu kumpulan Template WordPress Free yg bisa Sobat pilih berdasarkan kategori. Masing-masing kategori template tsb sudah didesign sangat SEO freindly & Responsive design. Maksudnya situs Sobat akan mobile friendly karena tampilannya akan menyesuaikan dg ukuran layar HP/Tablet/mobile gadgets. Kami sudah menggunakan template ini beberapa tahun pada Blog Pribadi & Web Murid RWP. Hasilnya, sangat cepat mendatangkan pengunjung dari Google…!

——————-

Pengalaman Murid RWP yg Gagal & Berhasil dalam Menggunakan Template WordPress…!

Seperti disebutkan pada awal tulisan, bahwa tulisan ini Saya buat karena melihat 2 hasil yg berbeda jauh pada 4 murid Bimbel Privat RWP.

Ada 2 murid yg bagus trafik & penjualannya meski baru memasuki 1-3 kali pertemuan. Ada juga 2 murid yg payah trafik & penjualannya karena ada beberapa hal yg Saya curigai. Padahal 2 murid terakhir ini sudah memasuki pertemuan ke-3 sampai pertemuan ke-5. Dan umur domainnya sudah 3 bulan lebih dan 1 tahun lebih….!

Di awal-awal kami hanya memberikan tugas posting sesuai standar SEO Onpage. Biasanya kalo sudah dikerjakan minimal seminggu, akan ada peningkatkan sinyal SEO di web, seperti meningkatnya jumlah kueries (kata kunci), meingkatnya jumlah pengunjung yg klik dari google, meningkatknya durasi kunjungan, dll.

Sinyal SEO friendly pada 2 situs “bermasalah” tsb ada yg bagus dan ada yg tidak bagus. Namun yg tidak bagusnya ternyata fatal sekali, yaitu payahnya situs tsb untuk mendapatkan pengunjung minimal 50 visitor per hari. Yang ada hanyalah pengunjung berkutat di bawah 10 visitor per hari. Padahal jumlah Google Index (GI) masing-masing situs tsb sudah di atas 50 dan di atas 300.

Perkiraan kami, selain diperkuat SEO Onpage-nya, situs tsb harus diperkuat backlinknya. Namun setelah ilmu backlink diterapkan, hasilnya visitor web masih berkutat di bawah 10 orang per hari. Kami pantau di alat GWT & GA, rata-rata unsur SEO Onpage & SEO Offpage sudah meningkat, namun kenapa VISITOR masih di bawah 10 orang/hari???

Setelah Saya analisa, kemungkinan penyebabnya adalah salah satu dari 2 hal berikut:

1. Server Hosting yg tidak bagus sehingga menyebabkan loading situs lama, sementara loading situs yg lama menyebabkan persentase bouncing (pentalan) jadi tinggi.

2. Pengaruh template wordpress yg digunakan bukan template seo friendly, seperti yg diajarkan pada semua Kelas Bimbel RWP. Kedua murid tsb menggunakan template wordpress dari Jasa Pembuat Web & dari Jasa Anak Lulusan Design Komputer yg katanya sudah biasa membuat website.

Setelah Saya analisa & yakin penyebabnya bukan dari Server Hosting yg lambat, maka pada pertemuan ke-3 dan pertemuan ke-5 template wordpress kedua murid tsb kami sarankan diganti dg template dari Rekomendasi RWP.

Satu peserta Saya berikan template Premium Company Profile (Elegant Biz) yg Saya beli dari internet, dan peserta yg satunya lagi Saya berikan rekomendasi template gratis dari www.fthemes.com .

Untuk murid yg membuat website toko online, kami selalu merekomendasikan template wordpress premium dari Oketheme. Template karya anak bangsa ini (Mas Yuli) sudah dipakai pada Bimbel RWP selama bertahun-tahun. Hasilnya, sudah banyak murid RWP yg mendapatkan penjualan dalam hitungan minggu atau bulan karena didukung oleh template wordpress premium yg SEO friendly.

Template wordpress toko online tsb sangat mendukung kecepatan index google terhadap postingan terbaru yg dibuat oleh murid Bimbel RWP. Meski ada pekerjaan SEO lain yg juga turut menentukan seperti instal plugin SEO, teknik SEO pada artikel & gambar, namun peranan template wordpress dari Oketheme tsb sangat membantu kami dalam pemunculan situs murid RWP di halaman pertama Om Google…!

Template WordPress Premium dari Oketheme

OkeTheme (www.RWPGrup.com/oke) adalah salah satu penyedia template wordprss premium di Indonesia. Dibuat oleh anak bangsa (Mas Yuli) dan sudah dipakai oleh ratusan murid Bimbel RWP Grup. Jika Sobat sdh punya Situs Toko Online namun sepi pengunjung, padahal unsur SEO Onpage & SEO Offpage sudah diterapkan, cobalah ganti situs Sobat dg template Oketheme ini…!

——————————

Sobatku semua, Template itu ibarat kerangka rumah tinggal kita. Jika nyaman alias bersahabat dg robot google (friendly), maka robot google akan senang datang ke situs kita & memberikan rekomendasi kepada orang lain yg mencari keyword sesuai isi di artikel. Jika tidak nyaman alias tdk bersahabat (tdk SEO friendly), maka itu ibarat Sobat membuat tembok penghalang supaya robot tidak masuk ke situs kita…Akibatnya situs Sobat sulit ditemukan orang di halaman pencarian Google..!

Apa yg dialami 2 Murid Bimbel Privat RWP di atas adalah contoh nyata sulitnya mendapatkan pengunjung minimal 50 Visitor/hari karena masalahnya hanya di penginstalan template wordpress yg tidak SEO friendly. Seberapa banyak pun postingan yg Sobat buat tiap hari, dan seberapa banyak pun jumlah Google Index yg dihasilkan, semua itu akan mem-blokir pengunjung datang karena situs Sobat sudah “memasang” template wordpress yg mem-blok datangnya robot google.

Apakah ada di antara Sobat yg mengalami hal seperti ini? Situs sudah lama online, postingan sudah banyak, namun pengunjung masih saja di bawah 50 visitor per hari?

Jika itu masalahnya, coba cek template wordpress yg Sobat pakai selama ini. Mungkin saja itu adalah template wordpress yg tidak SEO friendly….!

——————————————–

Sukses utk Sobat yg sudah memakai Template WordPress SEO friendly…!

 

Davit Putra, RWP
===================
Kelas Semi Privat Murah, cuma 3-5 orang/kelas>klik

2-(300 x 300)-Fix-Privat-Unlimited

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika Sobat merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan sebarkan info blog ini ke teman-teman Sobat di Media Sosial :

About the Author

Davit Putra, S.Si. Bercita-cita mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online RWP Grup. Hobby : Jogging, Membaca, Menulis, Mengajar, dan Bisnis Online Sosial. Silahkan Cek Blog Pribadi>>www.DavitPutra.net

Facebook Comments

48 Responses to “Template WordPress SEO Friendly Pengaruhi Trafik Pengunjung”
Read them below or add one

  1. Template dr indostore bagus

  2. cctv camera says:

    Saya sudah baca ebook seo google pak davit, di BSG. Riset kata kunci di atas 10 ribu pesaing di urutkan dari yang terkecil sampai terbesar, berikut kata kunci ya : kamera cctv murah, kamera pengintai, harga cctv, kamera spy, kamera cctv, dvr cctv, cctv camera, camera cctv, ip camera, cctv online. jika ada yang salah mohon di koreksi pak? thanks.

  3. tf organik says:

    hmmm jadi tau nih penyebab lamanya visitor disitus saya sblm gabung RWP.. pantesan pa udah banyak posting, yang belinya masih jarang.. hehe.. setelah gabung RWP dikasih template yg cihuuy :) makasih ilmunya pa :)

  4. themes yang sederhana tapi menarik,cepat dalam loading dan gak lola itu yang bisa jadi pilihan kita.

  5. Kalau saya sih pilih yang premium alias yang berbayar Pak, kalau suatu saat terjadi apa2 tinggal saya telepon saja pembuatnya, kalau yang free atau gratis kan tidak bisa.

  6. Sapto says:

    Makasih Pak, artikelnya sangat berguna bagi saya…semoga dengan pemilihan template yang sudah direkomendasikan benar-benar bisa melejitkan tingkat kunjungan website saya…

  7. Gamis Bahan Sifon Ceruti says:

    Ciri template seo friendly: Loadingnya cepat, H1 judul, h2 subjudul, h3 widget, h4-h6, ada breadcrumb, struktur navigasi seo friendly, lebih baik kalau ada tempat review dan rating bintang, mobile friendly

    Sekedar berbagi, maaf jika ada yang salah

  8. terima kasih sharenya pak Davit, saya sudah mempraktekkan apa yang pak Davit ajarkan di RWP, hasilnya web saya sdh mulai banyak pengunjung..dan sudah masuk bbrp order, hhehehehe, terima kasih Pak Davit, terima kasih RWP

  9. Templatenya bagus .. Terimakasih Team RWP

  10. Terimkasih informasinya. Lagi cari-cari theme yang bagus dan SEO friendly.

  11. Salam Super, Semoga Sukses!
    Pak Davit, Info yg bagus dan saya baru tahu kalau tema blog itu mempengaruhi kualitas seo suatu blog/situs.Mohon analisa web sya http:pestaonline.com menggunakan tema http://demo.thremes.com.br/ugallu/ Apakah tema ini seo friendly? Terima kasih sebelumnya. Semoga kita jadi orang Sukses dan Bermanfaat untuk banyak orang. Amin!

  12. Mohon Analisanya pak, saya baru ganti theme ke indostore. gimana cara meningkatkan pengunjungnya http://www.cetakmugstore.com

    • Jumlah Google Index nya bagus Pak Maulana, sdh 300 lbh. Kalo jumlah search queriesnya sdh berapa Pak? idealnya 50% ke atas dari nilai GI

      • jumlah query 157 pak.
        Total clicks
        199
        Total impressions
        3,822
        Avg. CTR
        5.21%
        Avg. position
        13.4

        kurangnya dimana pak?

        • Pak Maulana, jumlah query sdh bagus karena sdh 50% dari GI, namun Query tsb masih sedikit memancing pengunjung datang, karena CTR nya masih di bawah 10% (5,21%), itu karena posisi rata2 situs masih di atas 10 besar (13,4). Strateginya yaitu harus meningkatkan posisi situs di google jadi 3 besar. Yaitu dg cara cek satu per satu queries yg sdh memancing postingan produk Bpk tampil di halaman Google, terutama yg jml pencarinya di atas 100 atau di atas 1.000..Lalu optimasi queries (keyword) tsb secara onpage & offpage agar naik posisinya sampai 3 besar di Google.

          • Sy jurang paham pk msdnya cek satu persatu query yg memancing postingan produk tampil di halaman google yg kmdn optimasi queries secara onpage dan offpage. Mohon penjelasan nya pk. Matur nuhun

  13. pengunjung toko online saya “tasranselmurah.com” sudah diatas 50 orang per hari dan dihalaman 1 mbah google, tapi sudah dua bulan lebih pengunjung melorot dibawah 1o orang, letak turun di halaman 2. dihalaman 1 hanya ada postingan lewat google +, mohon bantuannya. Terimakasih. Salam.

  14. halooo
    wah baru tau kalau template bisa mempengaruhi jumlah pengunjung.

    solehlutiana.com pakai template wp, maksudnya ganti thema nya nyari2 di dashbord wp, postingan udah banyak tapi kenapa ya pak pengunjung 200/hari..

    padahal dulu sewaktu solehlutiana.wordpress.com, pengunjung bisa mencapai 1000/hari, padahal asal posting, tidak ngerti SEO.

    NAH artikel2 di solehlutiana.com itu semuanya dari solehlutiana.wordpress.com, diekspor pak, soalnya yang situs solehlutiana.wordpress.com dibaned, ntah kenapa

    • Bagus Pak Soleh Saya cek, Bpk sudah rajin posting yah? nilai Google Index sdh di atas 1400, kalo pengunjung turun sekarang, mungkin Bpk bs cek penyebabnya di kueries…Sdh sebanding lom dg jumlah Google Index?

  15. kolid says:

    Pa davit sy punya masalah yg sm dgn pa sevanus.blog sy masih blogspot,gmnh cr ngerubah’y? Sy ga tau istilah domain/hosting & gmnh cr’y biar blog sy ada domain/hosting’y.http://jreng-91.blogspot.com

    • Pak Kolid, cara utk merubah supaya punya domain hosting tinggal Bpk beli aja domain+hostingnya…Riset dulu apa benar Bpk pakai nama domain jreng-91.com atau pakai nama keyword? Coba ikuti panduan Ebook 3 ttg Riset nama domain. Jika ad kesulitan lagi, bs hub Hp Tim Teknis RWP yah Pak…!

  16. Jilbab Khimar says:

    pak mohon cek website saya, faktor-faktor apa saja yang harus ditambahkan? alhamdulillah sudah terjadi beberapa transaksi, cmn masih banyak yang belum page one.

    • Alhamdulillah sudah bertambah ya bu yg order?? Utk analisa supaya page one, ibu perlu lihat alat GWT & GA bu..

      • iya pak alhamdulillah sudah beberapa terjadi order. n tadi juga ada konfirmasi pembayaran dari customer hehe … jadi tambah semangat optimasinya. pak untuk menanamkan backlink misalnya di alat GWT tuh ada kata kunci “Khimar Syari” dengan pencarian 210/bln. RKT 0% posisi 52.0 . untuk cara optimasinya apakah saya harus terus optimasi sampai page one atau selingan sama keyword lain?

        • Mantaps Bu…Ada order terus meski baru 1x pertemuan yah bu…Sudah Saya prediksi di awal, insya Allah ibu bs dapat Omset 10 Juta sblm pertemuan ke-6 selesai…! Untuk menaikkan posisi keyword “Khimar Syari” , ibu konsisten aja optimasi terus, tapi tiap 2-3 hari sekali dicek apakah peringkatnya meningkat..Jika meningkat, berati cara ibu sdh benar…Selingan keyword lain boleh dilakukan optimasi asal sdh melihat ada peningkatan posisi di keyword optimasi sblmnya…Semoga memnbantu…!

        • Kata Kunci “Khimar Syari” maksudnya.

  17. Maro says:

    Kemaren waktu saya ikut bimbel privat saya dikasi template indostore, dan sering bermasalah pak, sering hang dan tidak cocok dengan plugin tertentu.. Kenapa saya tidak dikasi template dari oketheme pak..

    • He..he…he…Pak Maro, indostore itu salah satu template dari Oketheme juga…Jika sering eror dan hang, kemungkinan ada plugin yg tidak cocok dg hosting…Pengalaman kami tdk masalah kalo templatenya..Coba Bpk konsultasi dg Tim Teknis RWP, plugin apa yg bermasalah ?

  18. Mohon penjelasan tentang template dengan menggunakan blogger. Kebetulan saya punya website/blog dengan menggunakan blogger

  19. 4tang says:

    info menarik, ternyata template sangat berpengaruh bagi website

  20. Jeunesse Indonesia says:

    Saya menggunakan theme free https://wordpress.org/themes/search/mantra/
    Mohon analisis dari Pak Davit, apakah theme ini merupakan penyebab blog saya susah dapat pengunjung untuk blog saya http://vituspolikarpus.com/wp sudah tiga tahun, sulit mendatangkan pengunjung di atas 100 per hari, selama ini pengunjungnya masih di bawah 100 perhari

    • Oke Pak Vitus bentar nanti Saya cek sepulang ngajar Pak Insya Allah..Saat ini lagi ada Kelas Privat Murid dari Jakrta..Moga bs ketemu solusinya yah Pak Vitus supaya visitor Bpk di atas 100/hari

  21. Selvanus Benjamin says:

    Klu Mau Pesan Domain & Hosting yang bagus dimana mas? …

  22. riaspengantindewi says:

    ooh begitu ya pak, terimakasih atas informasinya
    semoga member RWP selalu diberikan kemudahan dalam bisnis online nya :)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.


Top