Website Pulih : Order 25 Juta Dalam 2 Minggu

Pengalaman Memperbaiki Website yg “Sakit” Karena Sepi Penjualan.

Alhamdulillah akhirnya “sembuh” juga website Toko Online Bu Wawan yg sempat “sakit” dan sepi penjualan selama 3 bulan berturut-turut. Website yg tadinya tidak ada penjualan selama 3 bulan berturut-turut kini sudah menghasilkan order sekitar Rp. 25 Juta dalam 2 minggu (tgl 1 s/d 16 Januari 2015).

Target Bu Wawan untuk mendapatkan Omset minimal Rp. 50 Juta sebulan kelihatannya sebentar lagi akan tercapai dg melihat perkembangan order tiap hari dan bertambahnya jumlah Reseller yg ikut mempromosikan produk Baju Muslim Bu Wawan. Apalagi Bu Wawan sudah Saya kasih tugas PR utk dikerjakan selama 2 minggu dan masuk kembali pada pertemuan ke-9 tanggal 31 Januari 2015. Semoga pada tanggal tsb Saya bisa dapat laporan Omset Bu Wawan tercapai Rp. 50 Juta selama bulan Januari 2015.

Bu Wawan ikut kelas Omset 50 Juta sejak 23 Oktober 2015, sekitar 3 minggu setelah Pak Hendra ikut Bimbel Omset 50 Juta pada 1 Oktober 2014. Pak Hendra sudah menghasilkan Order Rp. 1,1 Milyar setelah pertemuan ke-3, yaitu pada akhir Nopember 2014. Silahkan Sobat cek Testimoni Pak Hendra dg Order Rp. 1,1 Milyar>Klik.

Kekhawatiran Bu Wawan terjadi sejak bulan Juli 2014 ketika situs Toko Online beliau tidak terjadi penjualan sama sekali sampai Oktober 2014 (selama 3 bulan). Padahal sejak Toko Onlinenya dionlinekan pada bulan Desember 2013, pernah pecah telor dan mendapatkan penjualan sekitar Rp. 5 Juta s/d Rp. 10 Juta per bulan.

Namun karena tidak terlalu paham ilmu SEO Onpage, Bu Wawan sering menghapus halaman-halaman situsnya jika ada produk yg sudah habis atau tidak ada stok lagi. Padahal tindakan beliau berakibat fatal, yaitu hilangnya sebagian halaman yg sudah terindex google sehingga menurunkan jumlah kata kunci (search queries) yg datang dari pencarian di google. Jika ada produk di toko online Sobat habis atau tidak ada stoknya, lebih baik jangan dihapus halaman tsb, tulis saja keterangan “stok habis”. Nanti calon pembeli yg berminat dg produk tsb bisa Sobat tawarkan utk membeli produk lainnya yg mirip atau yg lebih bagus tipenya.

Salah satu indikator “sakitnya” website Toko Online Bu Wawan adalah jumlah Search Queries (SQ) yg jauh di bawah normal jika dibandingkan dg jumlah Google Index (GI). Nilai GI saat itu sudah 766, sedangkan nilai SQ masih 45 (standarnya total nilai SQ mendekati 50% dari nilai GI, bahkan utk situs yg bagus nilai SQ-nya bisa di atas 50% dari nilai GI-berd pengalaman mengajar, Red.).

Foto Bu Wawan sekeluarga dari Cilegon.
Alhamdulillah Bisnis Online Bu Wawan didukung oleh Suami & anak-anak beliau. Bu Wawan harus pintar-pintar membagi waktu antara belajar di RWP seminggu sekali (Cilegon-Bogor pp), mengerjakan tugas PR Bimbel, dan mengurus keluarganya….Sukses untuk para Ibu yg berbisnis membantu memperbaiki ekonomi keluarga….!”

Ketika pertemuan bimbel pertama dimulai, Saya melakukan “bedah website” Bu Wawan utk melihat apa penyebab sepinya pengunjung dan hilangnya penjualan selama 3 bulan terakhir, Analisanya sbb :

1. Ternyata penulisan postingan produk tidak memenuhi standar SEO Onpage, baik dari segi title, deskripsi, penyebaran keyword, dan penulisan format Heading yg tidak memenuhi standar google (H1, H2, dan H3).

2. Ternyata banyak plugin yg masih keliru dalam settingannya sehingga mempengaruhi kinerja plugin untuk mendongkrak SEO Onpage situs Bu Wawan.

3. Dari nilai Search Queries (SQ) yg cuma 45, ternyata masih banyak nilai klik yg nol alias tidak ada pengunjung dari pencarian Google (Nilai RKT = Nol. RKT = Rasio Klik per Tayang). Hal ini berkaitan dg posisi situs yg masih jauh dari halaman pertama Google dan penulisan title-deskripsi yg masih harus diperbaiki.

4. Setelah berlangsung beberapa kali pertemuan, ada lagi kelemahan Situs Toko Online Bu Wawan yg kami temukan, yaitu template Toko Online yg beliau pakai kurang SEO Friendly & kurang Human Friendly sehingga kami harus mengganti total template situs Bu Wawan dg Template baru.

—————————————-

“Alhasil, situs Toko Online Bu Wawan sudah kami rombak dari isi dalam dan tampilan luarnya secara total. Ibarat kerjaan “Bedah Rumah”, semua pondasi dan interior di dalam rumah banyak yg diganti, plus penggantian atap rumah dan dinding rumah dg bahan yg lebih kuat dan pengecatan yg menarik”.

—————————————-

Ini ringkasan posisi situs Bu Wawan di Google pada 11 kata kunci dari Search Queries (SQ) sebelum Bimbel Omset 50 Juta dimulai :

-baju muslim kaos spandek, RKT = 0 , posisi rata-rata = 30, posisi ril > 300
-baju muslim katun bordir, RKT = 0, posisi rata-rata = 38, posisi ril = 40
-busana muslim blazer, RKT = 0, posisi rata-rata = 44, posisi ril > 300
-baju muslim jumpsuit, RKT = 0, posisi rata-rata = 41, posisi ril = 47
-jual baju muslim bahan jersey,RKT = 0, posisi rata-rata = 49, posisi ril = 53
-jual baju muslim, RKT = 0, posisi rata-rata = 74, posisi ril > 300
-set baju muslim, RKT = 0, posisi rata-rata = 48, posisi ril = 61
-azzuka bergo, RKT = 0, posisi rata-rata = 7,1 , posisi ril = 16
-jual pashmina syar’i, RKT = 0, posisi rata-rata = 31, posisi ril > 300
-jual busana muslim murah, RKT = 0, posisi rata-rata = 96, posisi ril = 86
-jual baju muslim murah , RKT = 0, posisi rata-rata = 70, posisi ril > 300

Keterangan : RKT = Rasio Klik per Tayang

————————————————

Dengan mengetahui kondisi ril situs Bu Wawan yg tampil buruk di halaman Google (karena posisi Ril tidak ada di halaman pertama Google dg kata kunci target), maka tugas berat Saya adalah “menarik’ situs Bu Wawan tampil di halaman pertama Google dg kata kunci baru atau sebagian kata kunci di atas…..Hmmmm, kerjaan berat tapi menantang Sobat…!

————————————————

Berikut Testimoni Sukses Lengkap yg dikirim Bu Wawan beberapa waktu lalu :

“Saya kepingin punya toko online itu semenjak di perkuliahan, sampai-sampai judul skripsi  Saya pun tentang menjual HP secara online. Bikin otodidak aja pake program Joomla. Singkat cerita, setelah selesai kuliah, saya masih penasaran yang namanya bikin toko online, karena saya kepingin ngerasain dapet duit dari internet. Ketemulah dari mbah google sistem belajar online dengan  mengikuti ebook yang saya download,… tapi… ga da yang nyantollll.. hadeeh .. uang melayang sia sia.

Saya tinggalkan pembelajaran itu, Saya ga mau putus asa, cari lagi di google,.. malem-malem…eeh ketemu tuh ama RWP.. download ebook gratisnya, Saya pelajari.. bla bla..bla.. Saya lama ga mau jadi member, takut omdo (omong doang).. Saya sering dpt email dari RWP, tentang member RWP yang sudah berhasil.

Akhirnya Saya masuk member dan bulan April 2013, langsung ikut bimbel nya, kepinginnya sih Bimbel Nyantri di pusat (Bogor),.. eh dah penuh sehingga kebagian di sentul waktu itu.

Saya ga tau mesti ngerjain apa wktu bimbel itu, karena Saya ga tau produk yang mau dijual. Akhirnya Saya disarankan membuat website dengan isi artikel tentang pelajaran yang Saya ajarkan di sekolah (profesi Bu Wawan sebagai Guru-Red), nanti penghasilannya bisa dari iklan yang google adsense, pasang di web kita kata Pengajar.

Sampai pulang bimbel, saya rajin bikin artikel. tapi males ah…. belom keliatan aja duitnya, Saya tinggalin web pertama saya www.DampakTeknologiInformasi.com (skrng ga aktif lagi soalnya saya ga perpanjang domainnya).

Saya bikin website baru lagi tgl 25 Desember 2013 dengan nama www.JualBajuMuslimBanten.com. Yang Saya lakukan dengan website baru ini adalah posting produk setiap hari seperti yang disarankan pada Ebook RWP dengan tidak lupa mengikuti SEO Onpage nya, baik di gambar maupun pada artikel atau deskripsi produknya.

Berjalanlah waktu…..Aaakhirnya penjualan pertama Saya datang dari Lampung, Jakarta dan Kalimantan pada hari yang sama dengan pesanan baju muslim semuanya 17 pcs (Rp. 2.840.000).  Alhamdulillah….Suueneeng bukan main, percaya ga percaya sh.. masa iya gitu loh.. dari situ Saya semakin yakin kalo terus melakukan apa yang disarankan pada Ebook RWP tentang cara posting yang benar dibarengi SEO Onpage nya, omset pun semakin meningkat…..

Tapi dipertengahan tahun 2014, Saya kehilangan omset saya hampir 3 bulan tidak ada penghasilan dari web Saya, Kenapaaa??? Ada apa dengan web saya?? GI tetap tinggi tapi Query nya turun. Saya ingat kalo Saya sering menghapus produk yang sudah habis di web, kira-kira 100 produk yang saya hapus. Apa mungkin itu mempengaruhi penjualan Saya?

Dan di akhir bulan Oktober 2014, Saya putuskan untuk mengikuti Bimbel Omset 50 Juta. Saya berharap ada banyak perubahan dan perbaikan pada web Saya terutama juga pada omsetnya.

Pada sesi Kelas Bimbel Omset 50 Juta, pertemuan pertama sampai ketiga masih membetulkan website dan masih belum terjadi penjualan, pertemuan ke-empat mengganti template dari RWP, akan tetapi sudah ada penjualan walaupun tidak banyak, artinya web saya sedikit demi sedikit sudah sembuh dan artinya ada perubahan.

stok baju muslimah
Dengan semakin meningkatnya order dari Web Bu Wawan yg sudah sembuh, kini beliau sudah mulai berani me-nyetok barang di rumah. Bahkan Bu Wawan sedang mencari kerjasama partner pembuat baju muslimah seiring dg tingginya permintaan dari konsumen beliau. Jika mau diingat, awalnya Bu Wawan adalah Reseller Dropship yg menjual produk orang lain…Kini Semua sudah berubah…Sukses utk Para Ibu yg gigih berjuang utk keluarganya…!”

Selang dua minggu kembali lanjut ke pertemuan ke-lima pada tanggal 13 Desember 2014, setelah pertemuan kelima ini saya merasakan perubahan yang drastisss, satu minggu ini hampir setiap hari terjadi penjualan bahkan ada yang beli buat dijual lagi, Saya total dalam seminggu sudah mendapat omset Rp. 8.200.000. Kini mulai tanggal 1 Januari sampai 16 Januari 2016, Omset Saya sudah mencapai Rp. 25 Juta…(kalo konsiten segitu, maka Insya Allah dalam sebulan Bu Wawan bisa mencapai order Rp. 50 Juta-Red).

Bagi Saya itu sudah sangat luar biasa, karena website Saya kan tadinya bermasalah….Terimakasih Pa Davit beserta Tim RWP yang mau membantu keberhasilan setiap membernya…..Saya akan terus melakukan tugas “PR Bimbel” Saya untuk memperbaiki website dan memecahkan omset sampai “Ratusan Juta Rupiah”, Aamiin..!

Intinya benar kata Pa Davit, harus fokus dengan satu produk sampai bisa menghasilkan Puluhan Juta Rupiah bahkan Ratusan Juta hingga Milyaran Rupiah.”

Salam Sukses dari Saya
Ibu Wawan Islamiyah – Member RWP Cilegon, Banten
www.JualBajuMuslimBanten.com

==============================

Note :

Jadwal Bimbel Nyantri, Bimbel Omset 10 Juta & Bimbel Cabang RWP :

1. Jadwal Bimbel & Workshop Cabang RWP Bandung, RWP Bintaro, RWP Jatijajar, RWP Pondok Gede :
Sobat bisa cek lebih lengkap infonya di : www.rwpgrup.com/bimbel/jadwal

2. Bimbel Omset 10 Juta bulan Pebruari 2015 :

#Hari/tanggal : Belajar tiap hari Minggu, mulai tanggal 8 Pebruari 2015 sampai 9x pertemuan. Belajar mulai Pukul 10.00 s/d 15.00 WIB.
>Belajar selama 9x pertemuan @4jam dg kapasitas 10 orang/kelas.
>Belajar seminggu 1x dan diberikan tugas-tugas utk dikerjakan di rumah.
Lihat Uraian & Materi Lengkap Bimbel Omset 10 Juta>>>Klik

>Jika Sobat mau Daftar : Hubungi kontak Admin RWP Pusat di samping kanan…!

——————————-

Sukses untuk Sobat yg mau FOKUS mengejar Omset Puluhan Juta dari Internet…!

 

Davit, RWP
========

Blog RWPGrup

Davit Putra, S.Si. Bercita-cita mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online RWP Grup. Hobby : Jogging, Membaca, Menulis, Mengajar, dan Bisnis Online Sosial. Silahkan Cek Blog Pribadi>>www.DavitPutra.net

66 thoughts on “Website Pulih : Order 25 Juta Dalam 2 Minggu

  1. kasusnya hampir dg web sy davit, kl ad waktu bs dong dibedah jg web sy, nilai GI tinggi sampai 500an, tp SQ msh jauh dibawah 50% mgkn aj ga sampe 50% sekitar 10% aj, shg g ada kunjungan, tp dgr crita diatas, sy salut dg smangat bu Wawan yg terus belajar menaikkan daftar kunjungan sampe meningkat omzet, smg jaya terus bu olshopnya…

    1. Iya Pak Dedy, jika SQ masih 10% GI, itu masih jauh dibawah Sehat Pak…Kemungkinan karena kontennya pendek2 atau konten tidak membidik keyword yg ramai pencarinya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *