Gak Fokus Bisa Bikin Babak Belur

Ini adalah cerita lama yg rasanya sangat penting untuk diulang-ulang…!

Sudah banyak Member RWP yg konsultasi perihal sulitnya meraih FOKUS dalam berbisnis online, baik karena faktor internal maupun faktor eksternal. Gara-gara TIDAK fokus, Sobat bisa babak belur nantinya. Semua cita-cita & semangat kita di awal bisa mengendur tatkala menghadapi badai cobaan penghalang fokus.

Apa Saja Faktor Internal maupun Faktor Eksternal yg Jadi Penghalang Sobat untuk Fokus?

Beberapa hari lalu, Saya menerima konsultasi Peserta Bimbel Semi Privat yg berasal dari Solo. Kita sebut saja namanya Tono (bukan nama sebenarnya….he…he…). Apa yg dialami Pak Tono berikut kebetulan pernah Saya alami juga waktu awal merintis bisnis online. Perasaan galau karena faktor internal & eksternal sangatlah mengganggu pikiran sehingga menjadi TIDAK FOKUS..!

Beliau bertanya kepada Saya : “Pak Davit, bagaimana caranya supaya bisa FOKUS Pak?”

“Saya ini sudah pernah menghasilkan bersih sekitar 1-2 Juta/bln dari Toko Online Saya. Lalu karena gak enak sama omongan orang tua/mertua, akhirnya Saya melamar kerjaan lagi di Kantor Pak. Saya ini dibilang masih muda, masih punya banyak kesempatan cerah untuk kerja di Kantor, dll (mungkin mereka kira Bisnis Online itu tidak cerah hasilnya, jadi ngapain buang-buang waktu kerja di online…he…he…he…Itu sekilas yg Saya tangkap dari cerita Pak Tono-Red.).!”

Dengan bekerja lagi di Kantor, Pak Tono menyerahkan pengelolaan Toko Online beliau kepada istrinya. Berharap ada 2 penghasilan nanti : dari Gaji Pak Tono Bulanan, dan dari Pendapatan Online yg dikelola istrinya. Namun harapan tsb kayaknya hampa. Dengan dipegang oleh istrinya yg belum berpengalaman, Omset Toko Online Pak Tono menurun drastis, sampai tidak ada penjualan satupun dalam sebulan. Kondisi demikian tentu membuat Pak Tono Puyeng 7 keliling…!

Saya yakin sebagian pembaca tulisan ini juga pernah mengalami hal yg sama, tidak fokus gara-gara faktor lain yg bisa mengganggu pikiran kita. Benar gak Sobat?? Hi..hi…hi.

akibat tidak fokus
Tawaran Peluang Bisnis yg macem-macem bisa membuat Sobat kehilangan FOKUS. Kepala bisa pusing memikirkan jadwal kerja, badan bisa capek gak karuan. Namun biasanya hasil yg didapat tidak sebanding dg capeknya…! (Image : Amazon).

——————

Faktor Internal yg Menjadi Penghalang Tidak Fokus :

1. Ingin Mendapatkan Duit Besar tapi Pengen yg Instan.

Ini adalah tabiat buruk kita sebagai manusia yg ingin dapat sesuatu yg besar namun dengan sedikit kerja. Bukan saja ini dialami oleh Sobat yg sedang merintis, Saya pun dulu punya sifat pengen dapat duit instan tanpa perlu waktu lama utk bekerja.

Duit besar, kerjanya instan. Itu suatu sifat yg buruk, menyalahi hukum alam. Sobat aja untuk dapat ijazah SD sampai Perguruan Tinggi, itu perlu proses belajar. Kalo mau instan, nanti Sobat hanya akan beli ijazahnya saja…!

Sobat yg mau punya anak dg tenang, perlu nikah dg jalur resmi. Kalo tidak nikah, nanti Sobat punya anak dg sembunyi-sembunyi alias MBA.

Begitu juga kalo Sobat pengen duit besar di bisnis online, harus menjalankan proses bisnisnya setahap demi setahap. Kalo mau instan, nanti Sobat akan kecewa di belakang. Uang sudah banyak keluar untuk investasi beli ini & beli itu, namun hasilnya tidak sesuai harapan…Itu karena Sobat menentang hukum alam…!

So, jika Sobat pengen dapat DUIT besar, jalani dulu prosesnya dari yg kecil-kecil…!

2. Mudah Tergoda karena Sedang Lemah Iman.

Kuncinya supaya Sobat tidak mudah tergoda dengan bisnis lain yg terlalu muluk, adalah dg memperkuat keimanan masing-masing di dalam dada.

Jika Sobat sedang memiliki iman yg lemah, maka akan mudah dibisikin ama syaitan dg janji-janji muluk dunia yg tidak realistis. Sayangnya kebanyakan kita tidak tahu, bahwa selain kita sedang berjuang keras mempelajari ilmu bisnis online, setiap hari syaitan juga berjuang untuk menggoda kita dari depan, dari belakang, dari kiri, dan dari kanan.

Orang yg sulit FOKUS dalam bisnis online sebenarnya dia juga sedang digoda oleh syaitan setiap hari. Syaitan akan senang ketika melihat Sobat terpuruk, menderita, dan lalu melupakan Tuhan untuk beribadah kepada-Nya.

Oleh karena itu, ketika Sobat sedang tidak fokus, maka cepat-cepatlah mengingat Tuhan dan beribadahlah kepada-Nya. Sering-seringlah mengucapkan istighfar, sering-seringlah berdoa saat bersujud baik di siang hari, maupun di malam hari. Dengan khusuk memohon hanya kepada-Nya, maka insya Allah Sobat akan diberikan hidayah FOKUS & dikuatkan iman sehingga tidak mudah tergoda bisnis lain.

Ingat : Tidak Fokus berarti sedang lemah iman…!

3. Kelelahan Fisik karena Rutinitas Pekerjaan Kantor.

Sangat mudah dijelaskan kenapa orang yg lelah bekerja di kantor akan sulit untuk bisa fokus dalam menjalankan bisnis online. Apalagi mereka berangkat kerja setelah shalat subuh, dan pulang setelah shalat isya di malam hari. Kondisi macet di perjalanan akan membuat pikiran semakin lelah & stress.

Untuk itu, perlu komitmen Sobat pada diri sendiri, kapan bisanya Sobat untuk Fokus belajar bisnis online : apakah malam sebelum tidur, atau subuh sebelum berangkat kerja, atau cuma bisanya seminggu sekali ketika libur bekerja.

Sobatlah yg bisa menentukan target fokusnya masing-masing di Bisnis Online ini…!

—————–

Adapun Faktor Eksternal yg Menjadi Penghalang Tidak Fokus adalah :

1. Tidak Kuat Melihat Penderitaan Istri.

Ini yg sering dialami para suami. Biasanya untuk meyakinkan istri, kita berjanji akan memperlihatkan penghasilan online masuk sekitar beberapa bulan setelah belajar. Namun setelah beberapa bulan belum memperlihatkan hasil seperti yg dijanjikan, biasanya istri sedikit kecewa. Lama-lama nanti kekecewaannya menumpuk, sehingga kita jadi merasa kasihan melihatnya, seolah-olah “menderita” akibat perbuatan kita..!

Saya dulu menjanjikan ke istri :¬† 3 bulan setelah belajar Insya Allah bisa menghasilkan 5-10 Juta/bln. Namun dalam 6 bulan janji tsb belum terwujud. Ditunggu sampai 12 bulan pun belum terwujud juga. Istri sudah mulai lelah mendengar janji Saya, sudah mulai berkurang kepercayaannya…!

Wuuiih….Rasanya gak tega melihat wajah istri dg raut kecewa & tidak semangat kalo mendengar cerita bisnis online yg sedang Saya rintis. Hari-hari terasa hambar, pelayanan istri pun mulai berkurang kualitasnya. Saya sudah setengah jalan, mau mundur itu tidak mungkin bagi Saya..! Yang penting Saya harus membuktikan bisa mendapatkan minimal Rp. 5-10 Juta/bln.

Istri sempat keluar-masuk kerja 3x ketika Saya sedang merintis bisnis online. Penghasilan Online Saya kadang mencukupi, kadang juga tidak cukup untuk keluarga. Ini yg mendorong istri Saya bekerja lagi sampai 3x setekah sempat resign dari status karyawan sebelumnya.

Kalo Saya gimana? Saya keukeh gak mau melamar kerja lagi. Apapun yg terjadi, Saya harus bisa sukses di Bisnis Online. Karena Saya punya feeling bakal bisa berhasil di Bisnis Online gak lama lagi. Hanya saat itu kesabaran Saya sedang diuji dg berbagai kesulitan ekonomi & psikologis…!

——————————

“Seharusnya ketika pasangan kita mengeluh karena susah mendapatkan penghasilan dari online, justru harus membuat kita semakin kuat utk membuktikannya. Perbanyak belajar & bertanya, perbanyak praktek. Bukan malah berhenti berusaha di online, lalu mencari pekerjaan offline lagi dg melamar menjadi karyawan. Kalo itu hanya sebuah strategi supaya dapur tetap ngebul, itu boleh-boleh saja…!”

——————————

2. Tidak Kuat Diomongin Keluarga, Orang Tua, maupun Mertua.

Ini yg terjadi pada Pak Tono, Saya, dan banyak juga diantara Para Suami yg sedang belajar merintis bisnis online…!

Gara-gara diomongin mertua dulu, Saya jadi pura-pura bekerja di Kantor lagi dg berangkat jam 08.00 pagi, pulang¬† jam 19.00 Malam. Saya bawa tas kerja & baju rapih layaknya karyawan berangkat ke kantor. Sobat tahu gak ke mana Saya berangkat? ha..ha..ha…Jadi pengen ketawa sendiri…! Waktu itu dg baju rapih sebenarnya Saya ke warnet untuk belajar bisnis online. Kadang kalo capek, Saya mencari peluang usaha sampingan dari brosur atau koran, kadang mencari pelatihan-pelatihan gratis untuk bisa belajar tentang bisnis.

Pernah juga Saya merintis bisnis sepatu di Mall, pernah juga menjual kopi panas & snack sambil jual sepatu, pernah juga menjual sepatu di emperan masjid yg bekerja sama dg pedagang buku, dll,

Pokoknya, yg Saya lakukan adalah untuk menyelamatkan muka dari mertua atau keluarga, namun tidak membuat kegiatan bisnis online terhenti. Saya juga ingin dapur istri tetap ngebul, namun tidak ingin melamar lagi jadi karyawan…!

Saya mendukung usaha Pak Tono & teman-teman yg lain untuk terus mengurus kembali bisnis onlinenya, meski dg melakukan beberapa strategi darurat (jangka pendek) untuk memenuhi kebutuhan makan anak-istri.

3. Tawaran yg Menggiurkan dari Pekerjaan Kantor ataupun Bisnis Lain.

Ini khusus untuk Sobat yg sudah menghasilkan. Kadang jika Sobat sudah bertekad bulat memutuskan untuk resign dalam jangka waktu sekian bulan lagi, ada saja tawaran dari Kantor tempat kita bekerja utk gaji/posisi yg lebih tinggi. Atau pihak kantor akan memberikan kemudahan-kemudahan lain agar Sobat tetap bertahan bekerja di sana. Jika Sobat tidak ingat dg tekad semula untuk fokus di Bisnis Online, maka tawaran tadi akan membuat impian Sobat tenggelam sementara waktu. Fokus untuk mandiri dari Bisnis Online pun akan terlupakan…!

Atau jika Sobat sudah menghasilkan sekitar 1-2 Juta/bln, namun suatu ketika ada lagi tawaran Bisnis lain yg menarik perhatian. Dikatakan bonusnya bisa puluhan juta sampai ratusan juta, lalu Sobat tidak perlu bekerja keras, hanya luangkan waktu 1-2 jam per hari, dan tawaran lain yg menggiurkan. Bisnis pertama yg sudah menghasilkan 1-2 Juta/bln akan Sobat tinggalkan karena tergiur dg tawaran bisnis baru yg belum tentu cocok dg Sobat.

Dengan bersikap mudah tergoda dari bisnis lain tsb, Sobat akan kehilangan FOKUS untuk melanjutkan bisnis awal yg sdg menghasilkan 1-2 Juta/bln. Padahal jika ditekuni, bisnis pertama ini bisa saja menghasilkan Omset 10-20 Juta/bln, atau 100-200 Juta/bln.

—————

Jadi intinya yg paling menentukan Sobat Sukses adalah adanya sikap FOKUS menjalankan bisnis. Bukan pada banyaknya JENIS Bisnis yg diikuti, lalu dijalankan sebagian-sebagian.

Jika Bisnis Pertama Sobat sudah menghasilkan Omset 50 Juta/bln misalnya, maka bolehlah Sobat menjalankan Bisnis lain yg terlihat menarik tsb. Kuatkan dulu pondasi di Bisnis yg pertama, Insya Allah utk menjalankan bisnis kedua, ketiga, dst, Sobat akan lebih mudah menjalaninya. Kenapa? Karena Sobat sudah punya pengalaman jatuh-bangun di bisnis yg pertama. Jatuh-bangun dalam bisnis itu akan membentuk pondasi yg KUAT. Pindah-pindah dalam bisnis itu akan membentuk pondasi yg LEMAH.

———————————-

Menjalankan Fokus 1 Bisnis akan lebih DAHSYAT hasilnya…!

Menjalankan Bisnis yg berbeda-beda sebelum kuat salah satu pondasinya, akan MELEMPEM hasilnya semua…!

TIDAK Fokus dalam Bisnis akan membuat Sobat babak-belur..!!

———————————-

Kenapa Sobat perlu kuat dulu pondasi salah satu bisnisnya?? Karena DAPUR rumah Sobat harus tetap ngebul setiap hari. Anak & istri di rumah harus tetap makan setiap hari. Jika belum ada salah satu bisnis yg berhasil, sementara Sobat menjalankan bisnis lain lagi, maka butuh waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk berhasil. Sementara anak & istri perlu makan tiap hari, tagihan-tagihan yg tertunda perlu dibayar segera…!

Jadi pilih mana Sobat? Mau FOKUS 1 Bisnis tapi hasilnya dahsyat, atau menjalankan banyak bisnis tapi hasilnya melempem??? Pengeluaran semakin banyak, sementara bisnis melempem, maka itu akan membuat Sobat babak-belur nantinya…!

Sobatlah yg menentukan jalan hidupnya sendiri utk keluarga…!

———-

Sukses untuk Sobat yg mau FOKUS pada 1 Bisnis dg penghasilan dahsyat…!

 

Davit Putra, RWP
=================

Jadwal Bimbel Semi Privat Desember hari Sabtu-Minggu>klik (Poin 5)

 

Pencarian dari Google :

Blog RWPGrup

Davit Putra, S.Si. Bercita-cita mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online RWP Grup. Hobby : Jogging, Membaca, Menulis, Mengajar, dan Bisnis Online Sosial. Silahkan Cek Blog Pribadi>>www.DavitPutra.net

64 thoughts on “Gak Fokus Bisa Bikin Babak Belur

  1. Betul sekali Pak…
    Godaan terbesar pebisnis online memang tidak fokus, kerasa saya sendiri, faktor Internal dan juga Eksternal saling berkombinasi secara terus menerus menggoda kita untuk berpaling ke banyak pilihan yang sebenarnya pas di jalani sama-sama tak Mudah.
    Tapi saya sudah tentukan bahwa bisnis Online yang selama ini saya jalani dan sudah menghasilkan akan tetap saya pelajari sampai ke akar-akarnya, sehingga cemoohan orang di luar sana akan saya buktikan dengan hasil yang masksimal…
    semangat untuk para pebisnis Online, karena ketika kita lewati prosesnya setahap demi setahap. I.Allah hasil pun tinggal menunggu…
    dan jangan lupa untuk terus berdoa agar selalu di berikan kelancaran dalam berikhtiar…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *