Pengalaman Mengajar Bimbel SEO Google selama 2 hari.

Alhamdulillah Bimbel SEO Google selama 2 hari kemarin telah selesai kita laksanakan di Kantor RWP Pusat-Bogor. Saya mendapatkan pengalaman berharga selama mengajar kemarin berdasarkan pertanyaan-pertanyaan peserta yg semuanya antusias. Pengalaman tsb melahirkan rekomendasi yg terbaik berdasarkan kondisi peserta : Mau buat banyak halaman dalam 1 Situs atau sedikit halaman namun berkualitas???

Peserta yg hadir semuanya berasal dari luar Kota Bogor. Semua peserta menginap di Kantor RWP karena diberikan tugas utk dikerjakan pada malam hari setelah pertemuan ke-1. Kelas SEO Google ini diadakan pada tgl 28 Pebruari s/d 1 Maret 2015 (Sabtu-Minggu).

Insya Allah Kelas Bimbel SEO Google berikutnya diadakan pada tgl 14-15 Maret 2015 (hari Sabtu-Minggu juga).

Kondisi situs peserta bervariasi saat mereka pertama kali datang. Ada yg sudah punya postingan banyak sampai di atas 2.000 Google Index (GI), namun ada juga yg baru punya postingan 5 (syarat minimal utk bisa ikut Bimbel SEO) dg jumlah Google Index baru 9.

Ada peserta yg ketika datang belum dapat penjualan, ada yg sudah punya penjualan sekitar Rp. 1,5 juta/bln, Rp. 20 Juta per bulan, dan ada yg sudah dapat penjualan sekitar Rp. 100 Juta/bln. Khusus utk yg sudah punya penjualan Rp. 100 Juta/bln, beliau mengakui selama ini menggunakan jasa iklan Google Adwords, Facebook, dan pakai jasa lainnya. Dengan mengikuti Bimbel SEO Google ini, beliau berharap penjualan meningkat atau ketergantungannya terhadap iklan akan berkurang.

Melalui perhitungan sederhana menggunakan excel & keyword dari alat GKP, topik website peserta berpotensi menghasilkan Omset mulai dari Rp. 40 Juta/bln sampai Rp. 800 Juta/bln. Dengan mengetahui prospek bisnis masing-masing peserta, semuanya bersemangat praktek agar potensi omset yg telah dihitung di atas bisa tercapai dalam waktu 3 bulan s/d 12 bulan.

belajar ilmu seo google 2 hari

Peserta Bimbel SEO Google yg belajar dg semangat selama 2 hari. Mereka datang dari kota-kota di luar Bogor, yaitu : Jogjakarta, Lampung, Bandung, Bekasi, dan Depok. Karena diberikan tugas utk dikerjakan malam hari, semua peserta nginap di kantor RWP Bogor. Terlihat peserta masih ada yg pakai kain sarung saat belajar…he..he…he…..Sampai lupa nih belajar pakai kain sarung….Sukses utk Sobat yg mau belajar ilmu SEO Google..!

Jika Harus Memilih Salah Satu, Pilihlah Kualitas Halaman.

Banyak pertanyaan yg diajukan  Peserta setelah Situsnya Saya bedah dari segi kualitas SEO Googlenya. Masing-masing peserta jadi tahu bahwa selama ini mereka melakukan postingan di webnya tanpa menerapkan kaidah Ilmu SEO Google secara benar.

Ada yg melakukan postingan sangat jarang dalam sebulan, namun ada juga yg melakukan postingan sangat sering dalam seminggu. Namun dari semua cara postingan/artikel yg ditulis peserta, umumnya mereka melakukan ‘kesalahan cukup serius’ yg berakibat situsnya sedikit yg tampil di halaman pertama Google. Jika halaman situs Sobat sedikit yg tampil di halaman pertama Google, sementara Sobat tidak melakukan promosi iklan sama sekali, maka efeknya adalah pengunjung situs Sobat akan sedikit & penjualan pun jadi kecil.

Pertanyaan demi pertanyaan datang bertubi-tubi dari peserta ketika sesi praktek dijalankan. Dan pertanyaan paling mengena adalah dari Pak Imron  sbb :

———————————-

“Pak kalo begitu, mana yg lebih penting didahulukan ; membuat banyak postingan atau memperbaiki postingan yg sudah ada agar SEO friendly?”

Pertanyaan tsb beliau ajukan karena Saya memberikan tugas menambah terus postingan produk/artikel, namun di sisi lain Saya juga merekomendasikan perbaiki postingan lama yg kurang SEO friendly.

———————————-

Agar peserta bisa bekerja optimal dg tenaga yg ada, Saya menyarankan berbeda utk setiap kasus peserta. Bagi peserta yg masih punya Google Index (GI) di bawah 100, maka tugas utama adalah memperbanyak postingan & menerapkan ilmu SEO Google yg sdh diajarkan di Bimbel (posting terus minimal 3 kali seminggu). Bagi peserta yg sdh punya GI di atas 100 sampai 1.000, maka tugasnya yg utama adalah memperbaiki postingan lama agar unsur SEO friendly-nya meningkat. Namun jangan lupa, sesekai peserta kategori ini harus menyempatkan waktu juga utk menambah postingan minimal 1 kali dalam seminggu.

Khusus utk peserta yg sdh punya Google Index di atas 1.000 , Saya menyarankan fokus pada perbaikan postingan produk/artikel lama agar semuanya jadi SEO friendly. Untuk urusan postingan baru, kalo cuma sempatnya 1-2 kali dalam sebulan itu sudah bagus. Kenapa Saya suruh fokus pada postingan lama? Karena idealnya jika sudah tercapai GI di atas 1.000, Omset Peserta mestinya di atas Rp. 50 Juta/bln. Namun yg Saya lihat, situs peserta (Pak Teguh) sudah mencapai GI = 2.620 , namun omsetnya masih sekitar Rp. 20 Juta/bln. Setelah Saya analisa bersama peserta, ternyata masih banyak yg harus diperbaiki dari unsur SEO onpage dan SEO offpage-nya.

Dalam Bimbel SEO Google ini juga, peserta diajarkan cara menaikkan posisi situs dari halaman belakang ke halaman pertama Google. Juga peserta diajarkan bagaimana cara membaca unsur-unsur ‘Rantai Kimia” SEO Google yg sangat berpengaruh agar situsnya dianggap Google menjadi SEO friendly secara onpage & offpage.

Jika Bisa Keduanya, Itulah yg Terbaik.

Bagi Sobat yg pernah ikut Kelas Bimbel tatap muka di kantor RWP Pusat atau Cabang, atau bagi Sobat yg belum ikut Bimbel sama sekali, saran Saya lakukan perbanyakan jumlah postingan halaman produk/artikel secara rutin namun dg menerapkan kaidah SEO Google secara benar (SEO onpage & SEO offpage barengan).

Jika Sobat bisa menjalankan keduanya sekaligus, yaitu memperbanyak postingan (kuantitas) dan langsung menerapkan teknik-teknik SEO Google secara benar. Jika Sobat sudah terlanjur memperbanyak postingan tanpa menerapkan teknik SEO Google, maka perbaikan SEO Google nya menjadi sedikit berat. Perlu dilakukan bedah websitenya dulu seperti yg Saya lakukan terhadap murid Bimbel SEO Google RWP atau Bimbel Privat Omset 50 Juta.

Namun jika Sobat sudah terlanjur memperbanyak postingan tanpa menerapkan aturan SEO Google secara benar, maka masih ada kesempatan untuk memperbaiki unsur SEO webnya dg cara ‘bedah websitenya’ dulu sebelum melanjutkan postingan lebih lanjut.  Banyak postingan namun tidak SEO friendly, maka akan membuat Sobat lelah aja karena penjualannya sedikit. Lebih baik sedikit postingan namun semuanya menerapkan kaidah ilmu SEO Google.

Jika Sobat bisa menerapkan kuantitas halaman & kualitas halaman secara barengan, itu akan lebih baik lagi utk masa depan situs Sobat, agar mendatangkan pengunjung terus-menerus dari Google. Jika situs Sobat sudah dinilai SEO Friendly, lalu Google Index-nya sdh banyak misal di atas 1.000 GI, tapi Sobat gak sempat update situsnya dalam setahun, maka besar kemungkinan pengunjung akan datang terus-menerus dari situs Om Google & penjualan terus terjadi….

Jadi jika Sobat bisa menjalankan keduanya, yaitu membuat postingan halaman sebanyak-banyaknya (kuantitas), disertai penulisan berkualitas menurut kaidah ilmu SEO Google, maka inilah yg terbaik buat meningkatkan penjualan jangka panjang….!

Target Akhir Sobat adalah Penjualan Meningkat.

Jika Kita lihat potensi Omset yg bisa diraih peserta setelah Bimbel SEO ini selesai, ternyata mereka berpeluang mendulang Omset mulai dari Rp. 40 Juta/bln sampai Rp. 800 Juta/bln. Jika ilmu SEO Google hasil Bimbel kemarin bisa diterapkan dg benar, fokus, dan konsisten praktek, maka target Omset di atas bisa peserta raih dalam waktu 3 bulan s/d 12 bulan.

Coba fokuskan di pikiran Sobat bahwa target akhir dari belajar ilmu SEO Google adalah penjualan meningkat utk jangka panjang.  Percuma jika Sobat buat postingan produk/artikel banyak-banyak, namun hanya sedikit postingan yg tampil di halaman pertama Google. Juga sia-sia jika waktu Sobat sudah bertahun-tahun, namun tidak juga mengisi postingan secara rutin sehingga hanya sedikit Google Index-nya.

Mari kita lihat Situs Peserta Bimbel SEO Google, Omset sebelumnya, dan Target Omset setelah Bimbel selesai :

1. Situs Pak Bunny – Peserta asal Lampung :

www.obatgatalkulitampuh.blogspot.com

Omset sebelum Bimbel SEO : sekitar Rp. 1,5 Juta/bln

Target Setelah Ikut Bimbel SEO berdasarkan perhitungan Keyword : Rp. 40 Juta/bln (target 3 bulan s/d 12 bulan)

2. Situs Pak Irfan – Peserta asal Bandung :

www.JilbabModernBandung.com

Omset sebelum Bimbel SEO : belum dapat order dari online.

Target Setelah Ikut Bimbel SEO berdasarkan perhitungan Keyword : Rp. 800 Juta/bln (target 3 bulan s/d 12 bulan)

3. Situs Pak Imron – Peserta asal Bekasi :

www.RajaBusanaMuslim.com

Omset sebelum Bimbel SEO : masih di bawah Rp. 5 Juta/bln

Target Setelah Ikut Bimbel SEO berdasarkan perhitungan Keyword : Rp. 700 Juta/bln (target 3 bulan s/d 12 bulan)

4. Situs Pak Teguh – Peserta asal Depok :

www.GeraiTasMaika.com

Omset sebelum Bimbel SEO : sekitar Rp. 20 Juta/bln

Target Setelah Ikut Bimbel SEO berdasarkan perhitungan Keyword : Rp. 800 Juta/bln (target 3 bulan s/d 12 bulan)

5. Situs Pak Farian – Peserta asal Jogjakarta :

www.WiraTourJogja.com

Omset sebelum Bimbel SEO : sekitar Rp. 100 Juta/bln (dari jasa iklan).

Target Setelah Ikut Bimbel SEO berdasarkan perhitungan Keyword : di atas 100 Juta/bln sampai 1 Milyar (hanya dari perhitungan SEO Google, tanpa iklan).

 

Mari kita doakan semoga target Omset masing-masing peserta tercapai dalam tempo 3 bulan s/d 12 bulan….!

——————————————–

Sukses utk Sobat yg mau Belajar Ilmu SEO Google…!

 

Davit RWP
=========
Ikuti Kontes Gratis Blog RWP Berhadiah Uang Tunai>>

 

Jika Sobat merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan sebarkan info blog ini ke teman-teman Sobat di Media Sosial :

About the Author

Davit Putra, S.Si. Bercita-cita mewujudkan 1 Juta Lapangan Kerja dg jaringan Bisnis Online RWP Grup. Hobby : Jogging, Membaca, Menulis, Mengajar, dan Bisnis Online Sosial. Silahkan Cek Blog Pribadi>>www.DavitPutra.net

Facebook Comments

37 Responses to “Pilih Mana : Kuantitas Halaman atau Kualitas?”
Read them below or add one

  1. medan tour says:

    artikel yang bermanfaat untuk saya yang belajar SEO

  2. mantab bang,, bimbel seo hanya 2 hari,,
    sukses bang
    salam
    wisata bromo

  3. wah… bagus share nya bermanfaat sekali

  4. alhamdulillah GI sudah di atas 100 tapi visitor masih sedikit pa..dan belum terjadi konversi penjualan…

    Kalo boleh tanya pa..bagaimana cara menaikan visitor dan meningkatkan konversi penjualan pa ?
    terima kasih …

  5. belajar seo kyknya kok kyknya susah ya gan, dr dulu web ane ga naik2 peringkatnya hehehe

  6. sukses terus ya pak…mantaaab..hidup RWP

  7. mantaaab pak sukses terus ya..salam kenal dari saya

  8. Jilbab khimar Sifon says:

    pak davit klo misalnya ada kata kunci di GWT yang bagus tapi T,K,D nya belum lengkap. apa kita harus lengkapi T,K,D klo mau dioptimasi?

  9. Gamis Syar'i Cantik says:

    Selamat. Semoga achieve target. Aamiin.

  10. souvenir murah says:

    trims pak atas ilmunya sangat bermanfaat buat kami yang masih pemul.

  11. crpbekatul says:

    Terimakasih mas Davit atas artikelnya yg sangat menarik …. Artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk situs saya. Bagi yang membutuhkan suplemen diet bisa kunjungi CRPBekatul.com

  12. Info yang bermanfaat Pak Davit…Namun kalau sudah di halaman pertama tetapi penjualan belum rutin kira kira penyebabnya apa ya pak?

    • Itu ada 2 kemungkinan sebabnya Pak :
      1. tampil halaman pertama, tapi Konversi Klik kecil (CTR kecil), jadi pengunjung sedikit.
      2. Tampil halaman pertama, konversi klik besar, namun pengunjung yg datang tdk langsung membeli. Di sinilah perlu ilmu meningkatkan konversi penjualan dari pengunjng yg sdh datang.

  13. Terima kasih pak Davit untuk informasinya yang sangat bermanfaat, semoga kita semua bisa menerpakannya agar web site kita bisa tampil di halaman pertama Google. Salam sukses…

  14. Mungkin kita lihat dulu tujuan dari kualitas dan kuantitas posting. Menurut pendapat saya tujuan kualitas supaya kata kunci yg ditarget ada di hal 1 google sedangkan kuantitas untuk menaikkan index. Ya itu mah tergantung kebutuhan web-nya masing2, yang penting rutin posting sesuai aturan onpage. Sukses all RWP member !!! yg belum pecah telor, jangan menyerah, mudah2an dalam waktu dekat omset pertama dapat diraih !!!

  15. Tahan Lama Diranjang says:

    Kayaknya itu persis spt PR saya ya pak Davit. Postingan lama saya hrs diperbaiki hingga T, K, D mengandung keyword dan densitynya antara 2 – 5%. Jd Title sy yg tidak mengandung keyword hrs diubah menjadi mengandung keyword ya pak?

    • Betul Pak Poetranto…Fokuskan perbaikan dulu pada artikel Bpk yg masih kurang SEO friendly sesuai yg Bpk dapatkan waktu konsultasi tatap muka kemarin. Jika sdh byk perbaikan (kualitas), barulah Bpk menambah postingan halaman baru lagi (kuantitas)..Sukses utk Bpk yg mau FOKUS…!

  16. wah lemayan banget nie…. dapet ilmu banyak dr artike ini. ternyata bisa jadi postingan web ane banyak yg blm maksimal. jadi lama bgt menuju ke halaman google pertama. intorpeksi website masing2…
    syukron banget dah buat pak davit yg ude share ilmu melalui artikel yg penuh manfaat ini.

  17. kualitas artikel dan kuantitas banyaknya artikel bagus untuk seo

  18. Belajar Akuntansi says:

    Pilih kualitas, jadi kita nggakj perlu banyak posting, sebulan 1 artikel saja hehe

  19. chomsatun says:

    wah banyak sekali masukan yang saya dapatkan dari postingan artikel diatas,….sepertinya saya juga harus segera ikut bimbel tatap muka SEO nich, agar lebih dalam ilmu yang saya dapatkan tentang SEO kuantitas dan kualitas….semangaaat

  20. dodi says:

    wahh mantap deh penghasilannya dan ilmunya.

  21. Jual Beli Online says:

    Bagi yang udh dpt penjualan enak banget, dpt penghasilan ya….he,he,he..

  22. pusat grosir mukena says:

    semoga pada tercapai targetnya…..

  23. Mengutamakan kualitas SEO dlm posting halaman memang memang lebih utama bila dibanding mengejar kuantitas yg tdk sesuai standar SEO. Mengejar kualitas memang lebih melelahkan tetapi akan terasa hasilnya 3,4,5 dan 6 bulan ke depan. Tetapi bukan berarti tidak mau melakukan posting gara2 tdk paham secara menyeluruh ttg SEO, bertindak lebih penting dan perbaikan bisa sambil jalan..Salam Sukses..!

  24. Liana Shop says:

    Pak Davit, darimana kita tahu situs kita kurang SEO friendly? Dan kalau udah tahu kurang SEO friendly, cara mengoptimalkan onpagenya gmn?

  25. Wah, blog saya sudah berumur 2 tahun belum juga mencapai indeks 1.000 ternyata sulit juga untuk mencapai google indeks ini ya. Sudah hampir 1 tahun juga belajar di RWP Grup, namun belum juga merasakan indahnya penjualan dari blog yang saya buat, sepertinya saya masih harus belajar lebih banyak tentang teknik SEO dalam mengoptimasi blog, agar terindeks lebih banyak.

  26. yudi says:

    Inilah langkah nyata yang memang harus dilakukan untuk membangun bisnis online yang “REAL” menghasilkan dalam jangka panjang…
    Bukan hasil instant yang boom sesaat, lalu padam perlahan-lahan seiring waktu..
    Semoga pak Davit dan team RWP senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah untuk dapat terus menyebarkan ilmu bermanfaat bagi masyarakat..
    Hasil besar tidak didapat dari kerja semalam.. bisa jadi diperlukan bermalam-malam untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel agar terindex di google..
    Alhamdulillah, sedikit – sedikit saya berusaha menerapkan ilmu pak Davit dan RWP..
    Trimakasih pak Davit dan RWP yang sudah berbagi ilmu..
    Bisnis online memang di dunia ‘MAYA”, namun hasilnya benar-benar “NYATA” :)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.


Top