Categories : Berita Foto & Kegiatan Cabang RWP

Bimbel Dasar Karantina 1 Bulan>>Belajar dari Dasar Banget untuk Pemula..!
 

Perkembangan teknologi internet & pengguna internet di Indonesia sangat menggembirakan akhir-akhir ini.

Provider internet tidak lagi didominasi pemain-pemain lama, banyak juga pemain baru yg bermunculan. Perusahaan penyedia layanan internet tersebut memberikan kemudahan berlangganan & beragam fasilitas yg plus-plus.

Akibat menjamurnya perusahaan penyedia internet & kemudahan akses internet melalui perangkat mobile, maka internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari jutaan rakyat Indonesia.

Tanpa internet, sepertinya kegiatan hidup terasa kurang…hehehe, benar gak Sobat?

Silahkan Sobat lihat Daftar Perusahaan Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada situs Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)>>

Pasar di Internet semakin Terbuka Lebar.

Dulu ketika Saya pertama kali belajar bisnis online tahun 2008-2009, jumlah pengguna internet Indonesia baru sekitar 20 Juta orang.

Pada saat itu, Belajar Bisnis Online adalah sesuatu yg aneh, gak masuk akal. Saya sering dicurigai, dikatakan kok mau sih belajar gituan, dan sindiran lainnya ketika mau menekuni bisnis online.

Lalu pada tahun 2014 jumlah pengguna internet meningkat drastis menjadi sekitar 87 Juta orang.

Kini berdasarkan hasil riset APJII akhir tahun 2016, jumlah Pengguna Internet Indonesia meningkat lagi menjadi 132 Juta orang.

Melihat data yg jumlahnya sangat wah tsb, sudah sangat layak kita melirik internet sebagai media jual beli masa depan. Baik kita sebagai Pembeli, maupun kita sebagai Penjual.

Sobat yg baru merintis profesi sebagai Pebisnis Online gak perlu khawatir kehabisan “lapak” jika bersaing dg pemain lama. Jumlah Pembeli akan selalu lebih besar daripada Penjualnya.

Bahkan Para Penjual pun bisa menjadi Pembeli jika dia membutuhkan barang yg tidak dia jual selama ini.

Misal, Kami pernah membeli flashdisk, Hp, dll via internet karena Kami memang tidak menjualnya.

Ada juga yg membeli cover bed, tas, herbal, dll via internet karena dia tidak menjual barang tsb.

Dalam hal ini, pasar internet terdiri dari konsumen murni yg bukan berprofesi sebagai penjual, dan konsumen yg merangkap sebagai penjual online juga.

Intinya, jangan pernah khawatir kehabisan pasar di internet meskipun Sobat Pemula baru Belajar Bisnis Online tahun ini. Jumlah pasarnya akan selalu lebih besar daripada penjualnya.

Apalagi jika Sobat memasarkan produk di internet lewat media mesin pencari Google. Makna 1 keyword mencerminkan 1 pasar….!

Keyword itu terdiri dari beberapa kata, dan jumlah kata itu puluhan juta sampai ratusan juta. Artinya pasar kita di mesin pencari google juga berjumlah puluhan juta sampai ratusan juta keyword.

Misal :

*Keyword “jual mainan anak” akan berbeda pasarnya dg keyword “grosir mainan”.

*Keyword “distributor gamis murah” akan berbeda pasarnya dg keyword “gamis syar’i cantik”.

*Keyword “agen kosmetik bogor” akan berbeda pasarnya dg keyword “kosmetik wajah berminyak”.

*Keyword “laptop bekas berkualitas” akan berbeda pasarnya dg keyword “jual laptop merk lenovo”.

—————

Coba Sobat perhatikan, 1 produk seperti komputer saja bakal punya puluhan pasar. Ini bisa terjadi karena merk komputer atau laptop itu beragam, lalu aksesoris komputer & laptop juga banyak sekali.

Jadi kesimpulannya, ayoo semangat berjualan via internet karena pasarnya sangat berlimpah, dan biayanya pun sangat murah….!

Gak wajib punya toko, gak wajib stok barang banyak-banyak…! Gunakan pikiran Sobat untuk menghubungkan para pemilik produk & pembeli dg teknologi Pemasaran via Internet (Internet Marketing).

 


Data Pengguna Internet di Indonesia Riset terkini.

Berdasarkan hasil Riset APJII yg diterbitkan pada bulan Oktober 2016, total data pengguna Internet di Indonesia adalah 132,7 Juta orang.

APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia adalah organisasi yg mewadahi perusahaan-perusahaan atau lembaga yg terkait dg Industri Internet di Indonesia.

Riset APJII sebelumnya di lakukan pada tahun 2014 yg bekerjasama dg Universitas Indonesia, mengumumkan bahwa Pengguna Internet kala itu masih sekitar 88 Juta orang.

Kini di akhir tahun 2016, diperolah data bahwa Pengguna Internet Indonesia melonjak drastis menjadi 132,7 Juta orang. Jumlah tersebut lebih besar dari 50% penduduk Indonesia yg berjumlah 256 Juta orang.

APJII bekerja sama dengan Lembaga Polling Indonesia untuk melakukan survei tersebut. Proses survei dilakukan melalui tatap muka dengan metode multistep random sampling atau secara bertahap (Kompas Tekno).

Yg menariknya, hasil Riset APJII tsb mengelompokkan data Pengguna Internet berdasarkan sebaran Pulau, Usia Pengguna, Profesi Pengguna, Perangkat yg dipakai (Mobile atau Dekstop), Browser, dll.

 

Berikut Data Pengguna Internet berdasarkan sebaran Pulau di Indonesia :

data penggunan internet indonesia

Sebaran Pengguna Internet di Indonesia berdasarkan Pulau-Pulau terbesar di Indonesia.

*65% Pengguna Internet berada di Pulau Jawa (86,3 juta orang).
*15,7% Pengguna Internet berada di Pulau Sumatera (20,7 juta orang).
*6,3% Pengguna Internet berada di Pulau Sulawesi (8,4 juta orang).
*5,8% Pengguna Internet berada di Pulau Kalimantan (7,6 juta orang).
*4,7% Pengguna Internet berada di Pulau Bali & NTB (6,1 juta orang).
*2,5% Pengguna Internet berada di Pulau Maluku & Papua (3,3 juta orang).

 

Berikut Data Pengguna Internet berdasarkan Usia Pengguna :

usia pengguna internet di indonesia

Gambaran usia pengguna internet di Indonesia ini bisa Sobat jadikan rujukan untuk memasarkan produk kepada kalangan umur potensial antara 25-44 tahun. Target umur ini sangat penting Sobat ketahui jika ingin memasarkan produk via Iklan Facebook berdasarkan umur pemirsa.

Oh ya, ada data lagi bahwa sebanyak 129,2 juta orang memiliki akun di Media Sosial. Total pengguna internet sekitar 132,7 juta orang, berarti lebih dari 90% dari pengguna internet memilik akun di Medsos.

Woww, data yg bagus untuk promosi di Media Sosial yah Sobat…!

Pengguna internet berdasarkan usia potensial adalah :
*Pengguna terbanyak berusia antara 35-44 tahun sebesar 29,2% ( 38,7 juta orang).
*Pengguna kedua terbanyak berusia antara 25-34 tahun sebesar 24,4% ( 32,3 juta orang).

 

Berikut Data Pengguna Internet berdasarkan Profesi :

pengguna internet indonesia berdasarkan pekerjaan

Dengan data ini, Sobat bisa lihat bahwa Pengguna Internet terbesar berasal dari kalangan Pekerja, Wiraswasta, dan Ibu Rumah Tangga. Target ini sangat potensial jika Sobat membidik produk tertentu berdasarkan pekerjaan.

*Pengguna internet terbanyak berprofesi sebagai Pekerja atau Wiraswasta sebesar 82,2 juta (62%).
*Pengguna internet kedua terbanyak berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) sebesar 22 juta (16,6%).

 

Berikut Data Pengguna Internet berdasarkan Perangkat :

pengguna internet perangkat mobile

Woww, ternyata Pengguna Internet yg mengakses lewat mobeil sangat tinggi, yaitu sekitar 63,1 juta orang (47,6%). Ini ada bagian dari ilmu SEO Google bagaimana caranya supaya situs Sobat bisa ditemui orang dg mudah pada pencarian Mobile.

Perangkat yg paling banyak digunakan untuk mengakses internet adalah :

*Perangkat mobile (smartphone) sebesar 63,1 juta orang (47,6%).
*Perangkat komputer saja sebesar 2,2 juta orang (1,7%).
*Akses lewat Perangkat Komputer & Mobile sebesar 67,2 juta orang (50,7%).

 

Berikut Data Pengguna Internet berdasarkan Browser yg dipakai :

browser pengguna internet indonesia

Pengguna Internet Indonesia lebih banyak membuka situs dg browser Google Chrome. Sebanyak 89,9 juta orang membuka internet via Smartphone.

Browser yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome sebesar 66,6%. 

*Selain dibuka lewat komputer atau laptop, browser Google Chrome juga lebih sering dibuka via Smartphone & Tablet yg ada aplikasi androidnya.

*Ini tentu harus menjadi perhatian khusus Pelaku Bisnis Online seperti kita, karena 89,9 juta orang + 5 Juta Orang (67,8% + 3,8%) menggunakan perangkat mobile saat browsing di internet.

*Supaya mudah ditemukan di halaman pertama Google, situs kita harus mobile friendly & responsive design. Artinya situs kita harus cepat dibuka via mobile dan ukurannya bisa menyesuaikan diri mengikuti ukuran smartphone atau tablet atau laptop.

 

Berikut Data Pengguna Internet berdasarkan Situs yg Dibuka :

Toko Online & Media Sosial Facebook

Toko Online & Media Sosial Facebook adalah situs yg paling banyak dibuka oleh Pengguna Internet di tahun 2016. Beruntunglah Sobat yg sudah punya Toko Online & Akun Facebook, tinggal dioptimalkan saja utk mendapatkan Pengunjung berlimpah…!

Jika dibandingkan antara Pengunjung situs Media Sosial & non-Media Sosial, maka diperoleh data sbb :

*Untuk situs Media Sosial, Pengunjung terbanyak masuk ke situs Facebook sebesar 71,6 juta orang (54%), lalu di urutan kedua adalah situs Instagram sebesar 19,9 juta orang (15%).

*Untuk situs non-Media Sosial, Pengguna Internet di Indonesia paling sering mengunjungi Situs Toko Online alias Online Shop sebesar 82,2 juta orang (62%).

Data ini tentu menggembirakan buat Sobat yg punya Toko Online & memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi, baik menggunakan Iklan Facebook maupun Fanpage Facebook (Facebook Marketing)

Jika dikombinasikan antara ilmu Facebook Marketing & ilmu SEO Google, maka Toko Online Sobat bisa kebanjiran Pengunjung. Syaratnya, Sobat harus belajar mengoptimalkan situsnya supaya ditemukan orang di Media Sosial Facebook & di mesin pencari Google.

Lalu kombinasikan antara ilmu Facebook Marketing + SEO Google + Email Marketing, maka Pengunjung akan berubah menjadi Pembeli terus-menerus secara bertahap….!

 


 

Potensi Bisnis Online di Propinsi Banten.

Loh, ada apa potensi Bisnis Online di Propinsi Banten?

Ya, pertama karena bulan Pebruari 2017 ini RWP Grup akan Launching Workshop & Bimbel Bisnis Online di Cabang Serang-Banten.

Kedua, Banten adalah Propinsi paling barat di Pulau Jawa, yg berbatasan langsung dg Pulau Sumatera.

Jika digabung, Pengguna Internet di Pulau Jawa & Sumatera adalah 107 juta orang (80,7% dari total Pengguna Internet Indonesia).

Sejak tahun 2009, ada saudara kita yg menulis lewat situs Banten Kuring, bahwa suatu saat Banten akan menuju “Banten Berbasis Internet”.

Cita-cita beliau sungguh mulia, karena sejak tahun 2009 mengharapkan seluruh Kota/Kabupaten di Banten, Desa, sekolah-sekolah, bahkan sampai Kantor Pemerintah akan terhubung dg jaringan teknologi informasi dan komunikasi (internet).

Kini, sepertinya cita-cita tsb mulai terwujud….!

Berdasarkan data Situs Biem yg beralamat di Serang-Banten, sudah dicanangkan sejak Juli 2015 bahwa Banten akan Menuju Era Digital Government.

Artinya, sarana teknologi informasi komunikasi sebenarnya sangat berguna untuk tujuan kemudahan dan efisiensi pelayanan (Aparatur Pemerintah). Efisiensi dari penggunaan media teknologi informasi, di antaranya mengenai waktu dan biaya. Misalnya, dengan cara lelang elektronik, masyarakat/pengusaha sebagai penyedia barang dan jasa, tidak perlu lagi mendatangi kantor pemerintahan untuk melihat pengumuman lelang/tender.

Lalu menurut Berita Antara Banten, Pemerintah Banten di bawah Gubernur Rano Karno sudah mencanangkan “Program Internet Desa” yg dicetus sejak Pebruari 2016.

Pemerintah Provinsi Banten mendorong aparatur desa di daerah itu agar “melek” internet dalam upaya mendukung pembangunan perdesaan yang selaras dengan perkembangan teknologi informasi.

Gubernur Banten Rano Karno di Tangerang, mengatakan era teknologi informasi saat ini memungkinkan pekerjaan maupun tugas kantor lebih cepat selesai, termasuk di jajaran pemerintahan di tingkat desa. Sehingga menuntut pemerintah desa dan aparaturnya harus memahami kemajuan teknologi informasi tersebut.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) serta Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa (BPPMD) Provinsi Banten tersebut, diikuti sekitar 1.200 aparatur desa dari empat kabupaten di Banten.

Rano Karno mengatakan, program desa internet diharapkan berdampak lebih cepat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian secara ekonomi akan mulai terlihat dengan semakin bertumbuhnya usaha-usaha mikro kecil yang berdaya saing, terutama untuk mehadapi persaingan dan tantangan ekonomi global.

————-

Nah, untuk mendukung keberhasilan Aplikasi Internet dlm bidang Bisnis Online di Propinsi Banten, RWP Grup akan menyebarkan virus Internet Marketing di Cabang RWP Serang-Banten….!

Acara Workshop & Bimbel akan berlangsung di :

Resto Sari Banten
Jl. KH Sokhari No. 55 Kota Serang, Banten-42117

Workshop : 18 Pebruari 2017.

*Format Daftar via WA/SMS/Telegram 0813-1132-1865 :

Ikut Workshop#RWP Serang#18 Peb#Nama#Asal Kota#No Hp

Bimbel Toko Online : 25-26 Pebruari 2017.

*Format Daftar via WA/SMS/Telegram 0813-1132-1865 :

Ikut Bimbel#RWP Serang#25-26 Peb#Nama#Asal Kota#No Hp

Lihat lebih lengkap : Materi Workshop & Bimbel Toko Online RWP Serang>>

Workshop SEO Google + Facebook Ads di Serang Banten

Jadwal Workshop Bisnis Online di RWP Serang tgl 18 Januari 2017. Materi tentang SEO Google Blogspot & Facebook Ads. Pengajarnya langsung dari RWP Pusat-Bogor. 

Note : Jika Sobat merasa bermanfaat, silahkan share Artikel ini ke Media Sosial dg tekan tombol Share di bawah…!

(Sumber Referensi : APJII, Kompas Tekno, Goukm, Isparmo, Biem, Antara Banten, dll).

Pencarian dari Google :

Facebook Comments

20 Responses to “Perkembangan Internet di Indonesia & Banten”
Read them below or add one

  1. Pertumbuhan internet di Indonesia ini selalu berkembang, namun kecepatan internetnya masih sangat jauh dari baik. Yang perlu dikembangkan adalah layanan dari setiap provider dan/atau pemerintah untuk memberikan akses internet cepat bagi pengguna, atau juga internet gratis.

  2. Terima kasih pak, Infonya sangat menarik sekali .. sungguh besar peluang bisnis lewat internet, makin semangat berbisnis online

  3. semoga bulan ini pecah telor.. mantabs

  4. Assalamualaikum….
    Sejak belajar menjadi Member Premium di RWP pengetahuan dan ilmu yang didapat makin berkembang, smg RWP Serang dapat membantu lebih banyak lagi orang-orang gaptek yang bisa dpt penghasilan dari bisnis online.
    Pengalaman pribadi dengan belajar di Rwp tatap muka, praktek dan diskusi di grup WA serta Telegram makin menambah kapasitas diri. Bagi teman-teman yg mau berkunjung silahkan di http://www.caramembukausaha.com
    Semoga Sukses untuk kita semua bersama RWP……
    Bravo Pak Davit…

  5. Peluang yang ada didepan mata jangan sampai disia-siakan…… sayang sekali rasanya…

    1. Siip Pak Syaprudin…jgn sampai kita sia-siakan kesempatan ini

  6. Wow, rinci dan detail sekali pak Davit, saya yakin artikel ini mengulangi suksesnya artikel terdahulu berjudul rahasia sukses steve job.

    1. Siip Pak Yudi..Insya Allah page one semua dg kata kunci target

  7. Inilah kekuatan internet marketing… Ketika kita mengetahui ilmunya, bisnis apapun bisa kita upayakan buka pasarnya,.. Internet adalah pasar tanpa batas..

    Kami dari my healthy yoghurt di http://myhealthy.web.id telah online dan merasakan manisnya berjualan di pasar online… Bagaimana dengan anda?

    Yuk saatnya onlinekan bisnis anda…
    Kami siap menjadi mitra anda membangun website toko online hanya dengan 3 langkah mudah, kunjungi jasa kami di http://enha.biz

  8. Info ini bagus sekali dan bermanfaat untuk melihat Pangsa Pasar pengguna Internet secara keseluruhan Di Indonesia, walaupun kami mash terbilang ‘pemain baru’ di Jagat maya , dengan data ini kami menjadi semakin semangat karena potensi pasarnya menjadi jelas dan memudahkan dalam membidiknya. ..SEMANGAT …. trmks Pak Davit

    1. Semoga makin sukses Pak dg Bisnis Baju Muslimnya..!

  9. Wah perkembangan RWP semakin bertambah banyak nih, kesempatan emas bagi sobat yang belum mengikuti bimbel RWP manfaatkan peluang emas ini.

  10. wuiihh peluang bisnis online memang luar biasa.. makin semangat jadi pebisnis online. thanks RWP buat semua ilmunya dan kebersamaannya membimbing saya dalam berbisnis online.

  11. semoga dengan saya belajar bimbel omset 10 juta online di RWP Grup makin naik peringkat di Google Search. Sukses buat kita semua yang mau berusaha dan sukses juga buat RWP Grup.

    1. Moga sukses Pak dg ikut Bimbel Omset 10 Juta Online..!

  12. Info yang sangat menarik … izin share pak

    1. Monggo dishare pak Nilan..!

  13. Setelah saya buka kembali file masa lalu,ternyata seorang davit yang dulu pernah saya kenal di tahun 2008 adalah orang yang selalu membimbing saya setahun terakhir ini.dari mulai membuat website wordpress,bergabung di Shakila Hijab dengan web http://www.evihijab.com.tetap jaya selalu pa davit.

  14. Semakin tambah yakin & mantap untuk full time di bisnis online nih.
    Terimakasih informasinya sangat mencerahkan sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.