Musim Penghujan Apakah Bencana Untuk Petani?

Datangnya musim hujan sangat mengkhawatirkan bagi sebagian besar petani. Musim hujan sering menimbulkan kerusakan dan munculnya berbagai penyakit pada sayuran daun maupun buah, sehingga berdampak pada target pasar dan produksi yang menurun drastis. Namun, sebagian besar para petani musim hujan juga merupakan berkah yang dinantikan para petani di lahan tadah hujan.

 

Teknologi Hidroponik

merupakan salah satu alternatif solusi bagi para pelaku agribisnis terutama sayuran terhadap berbagai kendala yang dihadapi agar produksi sayuran tetap stabil di musim hujan dan membantu produksi sayuran selalu kontinyu tanpa terhalang oleh musim hujan maupun musim kemarau. Hidroponik merupakan salah satu metode bercocok tanam dengan teknologi yang menggunakan  media tanam selain tanah dan dapat dilakukan di dalam rumah tanaman atau greenhouse. Greenhouse dibuat sebagai rumah atau naungan untuk tanaman agar iklim mikro dapat dioptimalkan, seperti halnya air hujan.

 

Saat ini, hidroponik dalam greenhouse telah banyak diminati bukan hanya para petani atau pelaku agribisnis, para kalangan lingkup rumah tangga yang sebatas menyalurkan hobi. Teknologi Hidroponik & Greenhouse kali pertama diperkenalkan oleh Dr. WF. Gericke di Universitas California, Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri pada tahun 1992 telah mengalami pasang surut. Hal ini disebabkan karena penyerapan SDM yang lambat dan sebagian besar bahan dan alat yang digunakan dalam teknologi hidroponik dan greenhouse adalah masih Impor. Barang Impor biasanya harganya cukup tinggi, karena kebijakan bea masuk tidak mengenal apakah barang tersebut diperuntukkan untuk pertanian atau tidaknya. Seiring berjalannya waktu dan trend, luasan hidroponik di Indonesia cepat naik, tercatat greenhouse sudah lebih dari 200 ha untuk produksi sayuran, buah dan bunga terutama di dataran tinggi, baik Greenhouse buatan dalam negeri maupun Impor.

Perkembangan Teknologi Hidroponik & Greenhouse saat ini sangat pesat dari mulai hanya sayuran daun hingga buah dan bunga. Teknologinya pun dari mulai menggunakan teknologi hidroponik manual sampai yang dikendalikan oleh teknologi komputer.

Hal tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan kapasitas produksi, nilai jual, kuantitas dan kualitas untuk memenuhi kebutuhan pasar yang tidak mengenal musim.

Apakah anda masih ragu untuk memulai bisnis Hidroponik ?

ayo Ikuti peatihan memulai bisnis hidroponik dapat dilihat di tautan dibawah ini

Jadwal Pelatihan

Ayo berbagi informasi dengan sesama via :
Nudira Learning Center

Syahrul21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *