Mengenal Sosok Edi Sugiyanto, Ahli Hidroponik Indonesia

Edi Sugiyanto, Ahli Hidroponik Indonesia. Sejak Desember 2012, seorang praktisi hidroponiuk asal Indonesia ini mengembangkan pertanian hidroponik sebagai alternatif “Keamanan Pangan” di Bahrain berhasil mengembangkan hidroponik dan sistem Greenhouse dengan teknologi canggih seluas lebih kurang 50.000 m2 di padang pasir Bahrain yang sangat panas dan gersang.

Lokasi tersebut mencapai suhu 40 – 50 derajat celcius di musim panas ditambah seringnya terjadi badai pasir di kawasan tersebut tentunya sangat tidak ramah bagi pertumbuhan tanaman, hal ini membuat banyak petani disana berhenti melakukan kegiatan pertaniannya antara bulan Juni hingga September. Lantas bagaimana mereka mendapatkan pasokan kebutuhan sayurnya ?

Hal ini menjadi tantangan besar bagi Edi sebagai seorang praktisi hidroponik yang sudah membantu para petan di beberapa negara. Hingga saat ini keberhasilan Edi sebagai hydroponics commercial grower di kawasan Timur Tengah cukup terkenal. Dengan buah karya intelektualnya, kini Bahrain dapat mengurangi ketergantungan terhadap sayur impor bahkan sebagian sayur hidroponik di Bahrain di ekspor ke Arab Saudi. Produk-produk yang dihasilkan berupa tomat, tomat cherry, paprika, selada (lettuce) dan herbs  yang dipasarkan di Bahrain dan Arab Saudi.

Edi selalu berpesan, khususnya kepada masyarakat Indonesia bahwa mayarakat Indonesia harus memanfaatkan dengan baik teknologi informasi, saat ini Indonesia sudah lebih baik dibandingkan 20 tahun yang lalu. Untuk mencari informasi tentang hidroponik dan greenhouse kini jauh lebih mudah. Edi berharap petani indonesia mampu memanfaatkan teknologi hidroponik, karena banyak kesempatan dan peluang bagi petani hidroponik untuk mengekspor sebagian produksinya ke luar negeri. Jika petani mampu mengelola dan memanfaatkan teknologi hidroponik ini dengan baik.

Semoga kisah sosok ahli hidroponik Indonesia ini bisa bermanfaat untuk semua terutama bagi para pemula dan pebisnis yang ingin terjun dalam usaha bidang agroindustri. Jika Anda Berminat untuk memulai belajar Hidroponik, Nudira Learning Center mengadakan Pelatihan Hidroponik Bagi Pemula atau Pelatihan Hidroponik Tingkat Dasar. Yuk Belajar Hidroponik bersama kami.

—-

Ringkasan Profil Edi Sugiyanto :

Nama Edi Sugiyanto, Hydroponic Grower & Consultant, Fouder Agrifam, Co-Founder PT. Nudira Sumber Daya Indonesia.

Spesialisasi: Berpengalaman dalam mengembangkan dan mengelola produk hidroponik dan Teknologi Rumah Kaca. Berpengalaman dalam koordinasi untuk Staf dan Manajer Pertanian. Berpengalaman dalam penelitian praktis sistem hidroponik. Berpengalaman dalam Konsultasi dan mengelola Proyek Hidroponik di ASEAN & Timur Tengah. Berpengalaman dalam impor – ekspor untuk produk pertanian

Ayo berbagi informasi dengan sesama via :
Nudira Learning Center

Syahrul21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *