Mau Ekpor Arang ? Ke Taiwan aja

Peluang bisnis

ekspor arang ke Taiwan merupakan peluang yang sangat besar, Taiwan merupakan jembatan awal untuk masuk ke dalam pasar Republik Rakyat tiongkok. Industri elektronik yang cukup menjanjikan di Taiwan menyebabkan permintaan arang yang tinggi dari Taiwan untuk memenuhi kebutuhan produksi Electric Double Layer Capacitor. Biaya bahan dasar (biaya bahan baku tempurung kelapa, pekerja, proses pengolahan) yang cukup rendah dibandingkan dengan negara lain. Terbatasnya ketersediaan gas atau minyak bumi sehingga arang dapat menjadi bahan pengganti dan mempunyai peluang untuk bersain di pasar Taiwan.

Taiwan dengan populasi 23 juta jiwa meskipun memiliki sumber daya alam yang terbatas, telah menjadi kekuatan baru perekonomian dunia, salah satu yang tertinggi di Asia mengalahkan Jepang dan Korea Selatan. Taiwan merupakan sebuah pasar produk konsumen yang menarik meskipun memiliki penduduk relatif kecil. GDP per kapita Taiwan senilai US$ 45,900* (2014) mengalami kenaikan US$ 1,700 dibanding periode 2013 (US$ 44,200)* dikarenakan pesatnya pertumbuhan ekonomi global. (* sumber berasal dari The World Factbook). Taiwan merupakan salah satu negara importir terbesar di dunia, dengan nilai impor sebesar USD 268.5 milyar pada tahun 2013. Sedangkan nilai ekspor Taiwan mencapai US$ 305.8 milyar, mengalami kenaikan sebesar US$ 6 milyar dibandingkan tahun sebelumnya.

Bisnis arang berkembang pesat

Begitu pula dengan kegiatan perdagangan luar negeri terhadap produk arang terus berkembang pesat. Komoditas arang dari kayu atau tempurung kelapa merupakan produk yang sangat berperan penting di Taiwan, karena pada bulan tertentu khusunya bulan September masyarakat Taiwan merayakan festival bulan dan tradisi masyarakat taiwan melakukan barbeque sehingga tingkat permintaan akan arang sangat tinggi. Selain itu tempat makan di taiwan juga banyak menyajikan makanan jenis barbeque. Untuk industri juga banyak yang masih bergantung pada arang. Sektor industri yang memerlukan arang antara lain: (a) Industri metalurgi atau peleburan besi (b) peralatan menulis dan seni rupa, Taiwan mengimpor beberapa jenis arang Indonesia merupakan salah satu negara produsen arang yang patut diperhitungkan dunia, pada tahun 2014 Indonesia mengekspor arang senilai USD 182.079.995 hal ini sangat berperan penting dalam meningkatkan devisa negara.

Akan diperkirakan bahwa ekspor arang akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa terbesar dunia dan Indonesia juga merupakan negara dengan hutan terluas didunia. Kelapa dan tanaman perkebunan lainnya memiliki peran yang penting baik ditinjau dari aspek ekonomi sebagai contohnya ialah kelapa, selain daging buah, tempurung kelapa juga dapat dijadikan arang aktif proses pembuatan arang pada dasarnya merupakan tahap yang sederhana.

Bagi masyarakat Taiwan, arang digunakan sebagai pengganti mineral batubara atau gas, arang itu sendiri dapat berfungsi sebagai bahan bakar, penyerap dan konduktor. Taiwan merupakan negara dengan lingkungan geografis yang kurang mendukung untuk melakukan proses pengolahan hasil hutan (dalam hal ini kayu) untuk diolah menjadi arang. Untuk memenuhi kebutuhan produksi arang, Taiwan perlu mengimpor arang, singkatnya ada beberapa industri utama yang menggunakan arang sebagai bahan baku penunjang : (1) arang sebagai filter, katalis dan adsorbent ; (2) proses metallurgi ; (3) bahan bakar industri (4) bahan bakar untuk memasak.

Menarik ya, Indonesia telah lama diketahui sebagai produsen arang ekspor di pasar dunia, tercatat Indonesia termasuk nomor satu dari lima negara pengekspor arang terbesar di dunia yaitu China, Malaysia, Afrika Selatan dan Argentina.

Yuk ulai belajar bisnis ekspor bersama pelatih nasional di Nudira Learning center

klik disini

Ayo berbagi informasi dengan sesama via :
Nudira Learning Center

Syahrul21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *