JANGAN TUNDA LAGI, YUK SUKSES DENGAN USAHA TERNAK KAMBING

Judul artikel di atas sengaja dibuat untuk menantang Anda yang mungkin masih ragu dengan sejuta alasan untuk memulai. Salah satu kunci sukses kita menekuni suatu usaha adalah JANGAN TUNDA KESEMPATAN yang ada di depan kita.

Kali ini Nudira Learning Center akan berbagi tips dan kesempatan usaha bisnis kepada Anda. Ternyata ada loh usaha bisnis yang mungkin luput dari daftar list impian usaha bisnis Anda yaitu usaha ternak kambing. Hmmm .. Pastinya Anda akan bertanya “Hari gini memang masih ada yang mau pelihara kambing ?” Memang kalau kita hidup di perkotaan sudah sangat jarang bahkan tidak ada keluarga yang samping rumahnya ada kandang kambingnya, berbeda dengan di kampung hampir setiap rumah minimal punya kandang ayam dan masih banyak kita temui kandang kambing di samping rumahnya walaupun hanya beberapa ekor saja. Yuk simak artikel kali ini yang akan memaparkan usaha ternak kambing.

KENAPA ANDA HARUS USAHA KAMBING ?

Jawabannya sederhana, Anda masih suka sate kambing, gulai kambing, tongseng kambing  kan? YESS!

Kambing merupakan hewan ternak kecil yang memiliki banyak manfaat, disamping dapat menghasilkan daging untuk memenuhi kebutuhan protein hewani bagi masyarakat, maka produk lainnya juga bisa dimanfaatkan sesuai dengan komoditas yang dihasilkan oleh ternak tersebut. Jika kita melihat dari aspek sumberdayanya, Kambing banyak dibutuhkan oleh masyarakat peternak untuk dikembangkan lebih jauh. Keberadaan ternak ini dengan berbagai macam jenis, baik jenis lokal maupun bukan lokal, disamping merupakan sumber plasma nutfah hewani ternak, juga merupakan modal usaha bagi peternak yang membudidayakan ternak tersebut.

KAMBING MENOLONG PEREKONOMIAN KELUARGA ANDA

Keberadaan kambing tidak saja dapat menciptakan lapangan pekerjaan maupun lapangan usaha, namun juga mampu memberikan penghasilan dan pendapatan. Bahkan bagi sebagian keluarga peternak komoditas ini, hal tersebut merupakan jaminan pengaman ekonomi keluarga manakala saat kebutuhan mendesak muncul tiba-tiba, seperti kebutuhan biaya sekolah, perbaikan rumah, serta biaya-biaya rumah tangga lainnya.

MASIH BANYAK YANG BELUM TAHU SETIAP SISI MANFAAT KAMBING

Namun, sangat disayngkan sistem peternakan yang selama ini dilakukan oleh peternak, peternak hanya mampu menghasilkan output berupa kambing dan daging kambing saja, sehingga peternak tidak mendapatkan nilai tambah dari usaha peternakan. Padahal sebagai sumber daya selain berupa kambing atau daginya itu sendiri, jenis ternak ini dapat menghasilkan beberapa macam produk lainnya yaitu berupa susu maupun limbah kotoran ternak yang banyak manfaatnya bagi usaha budidaya pertanian tanaman pangan. Belum lagi setiap bagian dari olahan daging kambing bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk dibuat produksi selanjutnya.

Produk hasil ternak kambing sebenarnya telah mendapatkan posisi pasar yang mantap. Walaupun dilihat dari segala aspek, budidaya ternak ini tampaknya sangat menjajikan, namun kenyataan bahwa kegiatan bisnis budidaya ternak kambing belum banyak berkembang. Dilihat dari skala nasional saja pengusaha yang mau terjun ke bisnis ternak kambing masih sangat sedikit dan terbatas.

PELUANGNYA SANGAT BESAR DENGAN USAHA TERNAK KAMBING

Berdasarkan data Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) pada tahun 2017, ada sekitar 6-7 juta peternak kambing dan domba di Indonesia. Mereka menjadi pemasok kebutuhan utama daging kambing di Indonesia yang rata-rata sebanyak 10 juta ekor kambing per tahun. Ternyata angka ini seutuhnya ternyata belum bisa memenuhi kebutuhan pasar bahkan sampai skala rumah tangga, karena kebutuhan akan daging kambing akan terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga peluang bisnis ternak kambing ini masih terbuka lebar.

YUK GABUNG DI NUDIRA LEARNING CENTER

Nudira Learning Center membuka kesemoatan kepada Anda yang ingin menekuni bidang agrobisnis satu ini. Pelatihan usaha ternak kambing di Nudira Learning Center akan secara jelas dipaparkan hingga kepada prospek bisnis yang menjanjikan oleh instruktur kami yang telah berpengalaman di bidangnya.

http://nudiralearningcenter.com/blog/jangan-tunda-lagi-yuk-sukses-dengan-usaha-ternak-kambing/

Ayo berbagi informasi dengan sesama via :
Nudira Learning Center

Syahrul21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *