Info Seputar Dodol Susu

Mengenal Susu

Susu merupakan hasil eksresi normal kelenjar susu dari hewan menyusui atau manusia untuk makanan untuk anaknya. Meskipun susu pada umumnya dapat dihasilkan oleh hewan menysusui, namun yang dikonsumsi manusi di Indosesia khusunya adalah susu sapid an kambing. Susu dari hewan lain yang juga kadang – kadang digunakan untuk konsumsi manusia, diantaranya adalah susu kerbau, susu domba, susu unta susu kedelai. Istilah susu khususnya diartikan diartikan sebagai susu sapi, seangkan susu dari hewan lain ditambahkan nama hewan yang bersangkutan, misalnya susu kambing, sus domba dan sebagainya. Susu dapat diolah menjadi berbagai produk olahan, diantaranya dodol susu.

Olahan dodol susu

Dodol susu merupakan makanan berupa gel yang terbuat dari campuran bahan tepung beras ketan, beras, gula, dan bahan tambahan lainnya seperti buah, susu atau bahan lainnya seperti penambahan bahan rasa seperti selai buah. Dodol susu juga sebagai makanan tradisional indonesia.

Tiap daerah punya varian dodol yang berbeda. Dodol garut dan Betawi merupakan dodol ternama. Ada juga dodol aneka buah dari Boyolali, Malang. Yang satu ini dibuat dari susu segar dan murni. Meskipun membuatnya lama, rasanya legit gurih dan enak.

Dodol merupakan penganan manis yang cukup sulit dibuat. Karena proses pembuatannya yang lama dan membutuhkan keahlian. Hampir semua bahan bisa dibuat dodol. Dari yang berbahan tepung ketan, buah segar juga sayuran. Termasuk dodol yang dihasilkan dari daerah Pengalengan, Jawa Barat.

Karena di daerah Pengalengan banyak dihasilkan susu sapi murni maka dodol dibuat dari susu sapi segar. Susu sapi segar diberi tambahan bahan lain seperti gula aren, gula pasir, tepung ketan dan bahan lainnya. Rasanya kenyal-kenyal gurih susu, empuk dan manis.

 

Prosesnya?

Proses pengolahannya juga tergolong mudah, pertama, seliter susu sapi dipanaskan di wajan, kemudian sambil terus diaduk selama satu jam, dimasukkan satu sendok makan mentega dan gula pasir sebanyak seperempat kilogram. Terus diaduk hingga mengental dan berubah warna menjadi agak kecoklatan.

Membuat dodol memerlukan waktu yang lama sekitar 4 jam dengan menggunakan kuali besi atau tembaga. Susu dan bahan lainnya dipanaskan dipanaskan dengan api sedang dan harus selalu diaduk hingga menjadi berwarna cokelat tua. Proses pemanasan ini membuat terbentuknya rasa karamel yang enak dan tekstur yang lembut mulur.

Setelah kental, dodol dicetak dalam wadah lalu dipotong-potong, dibungkus kertas minyak dan dikemas.Dodol susu warnanya cokelat sama seperti dodol-dodol lainnya, memiliki rasa susu yang khas, dan dibungkus dengan plastik transparan. Karena tanpa pengawet buatan, dodol susu ini diklaim dapat tahan selama satu minggu saja. Dodol susu dijual dalam kemasan dus kotak seberat 250 gram, dan dihargai RP. 10.000,00. Bisa didapat di Bandung, Puncak dan sekitarnya sering dijumpai di tempat pembelian oleh-oleh.

Ingin belajar membuat olahan susu?

Kini Anda bisa membuat dodol susu sendiri, Nudira Learning Center mengadakan Pelatihan Pengolahan Susu, mulai dari membuat dodol susu, permen susu, kerupuk susu, dan lain lain. Silahkan daftar dan belajar pengolahan susu bersama kami. Informasi lengkap ada di website kami.

Ayo berbagi informasi dengan sesama via :
Nudira Learning Center

Syahrul21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *