Dilema Makan Sayur dan Buah

Menjadi satu dilema saat kamu ingin makan sehat

Problemnya adalah terkendala dengan zat yang terkandung pada buah dan sayur. Mengonsumsi secara rutin buah dan sayur setiap hari akan memenuhi kebutuhan nutrisi kamu. Sayangnya, tidak semua buah dan sayur yang dijual di pasar terjamin bebas dari pestisida dan residu yang buruk bagi kesehatan.

Residu merupakan bahan kimia yang masih tersisa pada bahan pangan, pestisida yang terdapat dalam sayuran dan buah yang dikonsumsi. Tanpa sadar masuk ke dalam tubuh melalui hidangan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Semakin tinggi residu tentunya akan makin berbahaya.

Penggunaan pestisida dalam budidaya pertanian memang dilematis,

karena di satu sisi penggunaannya bermanfaat untuk meningkatkan hasil tanam, namun di sisi yang lain dapat berbahaya bagi kesehatan manusia jika penggunaannya berlebihan. Selain itu, penggunaan pestisida secara berlebihan juga mengurangi daya jual produk pertanian karena kandungan residu pestisida menjadi salah satu pertimbangan diterima atau ditolaknya produk pertanian oleh negara importir.

Pestisida merupakan senyawa kimia yang tidak mudah terurai. Jika terkonsumsi, residu pestisida tidak mudah dikeluarkan dan akan mengendap di dalam tubuh. Dalam jumlah yang kecil, tubuh masih dapat menetralisir residu pestisida. Namun jika asupannya sering dan dalam jangka waktu lama maka dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Mengenal Pestisida, Saat ini kebutuhan akan buah dan sayuran semakin meningkat, kondisi tersebut mendorong petani melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas produksi. Salah satunya adalah penggunaan pestisida untuk mengurangi faktor penghambat produksi pertanian agar hasil produksi berlimpah. Pestisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membasmi hama tanaman, baik berupa jamur, bakteri, gulma, maupun serangga. Sesuai dengan keperluannya, pestisida dibagi dalam tiga jenis, yakni fungisida untuk membunuh jamur, bakterisida untuk membunuh bakteri, dan insektisida untuk membasmi serangga.

Meski pengunaan pestisida terbukti efektif  meningkatkan produksi pertanian, bukan berarti penggunaannya tidak menimbulkan dampak buruk, baik dari sudut pandang kesehatan maupun ekonomi.

Agar hal buruk tak terjadi pada Anda dan keluarga, ada baiknya mengetahui cara menghilangkan pestisida dari sayur dan buah yang benar. Seperti yang dikutip dari Hubpages,

 berikut 10 cara tersebut.

  1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang produk makanan, termasuk saat akan mencuci buah dan sayur.
  2. Cuci buah dan sayur dengan air bersih dan mengalir untuk membersihkan sisa-sisa tanah dan kotoran yang menempel.
  3. Gunakan sikat gigi atau sikat yang lembut untuk membersihkan pestisida dari buah dan sayur, serta tetap gunakan air yang mengalir.
  4. Buang daun terluar dari sayuran berdaun dan kemudian bilas dengan air bersih dan mengalir.
  5. Kupas kulit sayur dan buah yang memiliki kulit tebal, terutama buah dan sayur yang dilapisi lilin.
  6. Untuk menghilangkan lilin juga bisa dengan dicuci dengan air hangat yang dicampur garam dan air lemon atau cuka.
  7. Jangan gunakan deterjen atau sabun yang dapat meninggalkan sisa bahan kimia lain di buah dan sayur.
  8. Memasak membantu mengurangi beberapa sisa pestisida dalam buah dan sayur yang tidak hilang saat dikupas atau dicuci.
  9. Sebaiknya belilah buah dan sayur organik bila Anda tetap takut dengan pestisida.
  10. Jika memiliki kebun, Anda juga bisa menanam sendiri buah dan sayur sehingga dapat dipastikan tidak mengandung pestisida.

Memastikan buah dan sayur yang akan kamu konsumsi benar-benar sehat sangat penting bagi kesehatan. Jangan menyepelekan hal ini, penting bagi kita untuk tetap mengonsumsi makanan yang bebas dari kandungan yang berbahaya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Informasi :

Mau makan sayur dan buah bebas pestisida dan 0% residu ?

Hidorponik solusinya!

Silahkan, jika Bapak/Ibu berminat untuk memulai belajar bagaimana bertanam sayur dengan media hidroponik, Nudira Learning Center mengadakan Pelatihan Hidroponik Bagi Pemula dan Tour De Farm & Hidroponik Skala Komersil, serta Pelatihan Meracik Nutrisi Hidroponik.

Yuk Belajar Hidroponik bersama kami.

http://nudiralearningcenter.com/blog/dilema-makan-sayur-dan-buah/

Ayo berbagi informasi dengan sesama via :
Nudira Learning Center

Syahrul21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *