CARA SERANG HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN HIDROPONIK

Salah satu cara menanam tanaman yang sedang populer saat ini adalah hidroponik. Cara menanam hidroponik yang mudah serta sederhana menjadikannya banyak dicoba oleh masyarakat Indonesia. Walaupun seperti itu, ternyata masih banyak diantara mereka yang bingung bagaimana cara mengatasi hama pada tanaman hidroponik ini. Saat ini, cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan bisa saja anda coba. Pasalnya, hidroponik bukanlah cara menanam tanaman yang sulit untuk dilakukan karena tidak memerlukan tanah seperti cara menanam tanaman pada umumnya.

Berasal dari kata dasar Hydro yang berarti air, cara menanam hidroponik adalah cara menanam yang menggunakan air secara efisien karena tidak membutuhkan air sebanyak menanam tanaman secara konvensional. Inilah kenapa cara menanam hidroponik ini sangat cocok untuk daerah yang memiliki sedikit air.

Hanya saja, masih banyak yang bingung bagaimana cara mengatasi hama pada tanaman hidroponik. Dan jika anda memiliki masalah yang sama seperti kebanyakan dari mereka, kini anda tidak perlu lagi bingung untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara mengatasi hama pada tanaman hidroponik yang bisa membantu anda:

Biasanya tanaman yang dibudidaya secara hidroponik oleh masyarakat adalah tanaman sayur dan buah. Hidroponik lebih dipilih masyarakat karena tidak membutuhan lahan yang luas. Namun, tahukah Anda cara menanggulangi serangan hama dan penyakit pada tanaman hidroponik?

Penanganan hama dan penyakit pada sayuran hidroponik harus dilakukan secara dini dan tepat agar serangan hama ataupun penyakit tidak cepat melebar dan meluas. Sebenarnya, penyebaran hama dan penyakit yang menyerang sayuran hidroponik tidak banyak seperti budidaya tanaman secara konvensional.

Penanganan serangan hama pada tanaman hidroponik

Hama yang sering menyerang tanaman sayur biasanya adalah belalang dan ulat. Hama belalang menyerang tanaman dengan memakan daun sayuran yang membuat daun menjadi rusak dan tidak menarik saat dipasarkan. Jika serangan hama belalang ini tidak segera ditangani, daun akan habis dan menyisakan batang daunnya saja.

Untuk mengatasinya, gunakanlah insektisida hayati yang banyak dijual di pasaran. Penggunaannya cukup Anda semprotkan ke tanaman sesuai dengan dosis yang tercantum pada kemasan.

Penanganan serangan penyakit pada tanaman hidroponik

Sebenarnya, hampir tidak ada sayuran yang dibudidayakan secara hidroponik terkena serangan penyakit. Perawatan tanaman secara intensif terutama pemberian nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman dan juga kandungan kalsium yang tinggi membuat sel daun rapat dan tidak mudah ditembus jamur ataupun bakteri penyebab munculnya penyakit pada sayuran hidroponik Anda. Jadi, untuk masalah yang satu ini kuncinya adalah Anda harus selalu menjaga dan merawat tanaman dengan teratur.

 

Informasi :

Mau makan sayur dan buah bebas pestisida dan 0% residu ?

Hidorponik solusinya!

Silahkan, jika Bapak/Ibu berminat untuk memulai belajar bagaimana bertanam sayur dengan media hidroponik, Nudira Learning Center mengadakan Pelatihan Hidroponik Bagi Pemula dan Tour De Farm & Hidroponik Skala Komersil, serta Pelatihan Meracik Nutrisi Hidroponik.

Yuk Belajar Hidroponik bersama kami.

hubungi: nudiralearningcenter#gmail.com /

 +62 852-2113-8651

Ayo berbagi informasi dengan sesama via :
Nudira Learning Center

Syahrul21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *