3 Kiat Penting dalam Memulai Bisnis Ekspor

Seiring dengan semakin luasnya kebutuhan dan keinginan pasar, apa pun kini dapat menjadi produk usaha yang menjanjikan. Ruang dan waktu pun kini tak lagi menjadi batasan untuk melebarkan sayap. Bila Anda mampu untuk melangkah lebih jauh dan meraih sukses yang lebih besar, mengapa harus ragu mengambil kesempatan untuk bisnis ekspor?

Setiap orang berhak untuk berkembang lebih besar, termasuk dalam menjalankan bisnis. Bila Anda seorang pebisnis dan masih berkutat pada pemasaran lokal maupun nasional, mungkin kini saatnya untuk mempertimbangkan bisnis ekspor.

Dengan melakukan ekspor, berarti Anda memperluas pasar dan memperbesar kesempatan untuk mendapatkan profit yang lebih optimal. Peluang yang menjanjikan ini pun dapat Anda raih selama memahami apa saja yang dibutuhkan untuk menaklukkan tantangan. Untuk mempersiapkannya, berikut tiga bekal utama yang harus Anda miliki.

Kenali target pasar

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah mengenali target pasar dengan baik. Anda perlu melakukan riset yang cukup detail, apalagi jika sudah ada banyak pemain lama yang berkecimpung di lingkaran target bisnis Anda. Tak hanya fokus pada produk yang sudah dibuat, Anda juga butuh menyesuaikan dengan kondisi pasar yang dituju.

Sesuaikan kualitas produk

Kualitas barang ekspor memiliki standar yang berbeda dengan kualitas barang yang dijual lokal. Pastikan produk yang Anda tawarkan telah memenuhi standar nasional maupun internasional ekspor. Sebagai pendatang baru, Anda akan membutuhkan impresi yang baik untuk mendobrak pasar, bukan? Jika tidak, konsumen yang sudah merasa ‘klik’ dengan produk serupa dari pemain lama pun tidak akan repot-repot menjajal produk yang Anda tawarkan.

Pahami aturan

Karena menyangkut wilayah yang lebih luas, maka ada lebih banyak aturan yang perlu Anda pahami dan jadikan pedoman. Seperti contoh, Anda harus melakukan registrasi produk eskpor di KPPBC, memenuhi syarat-syarat baik produk maupun sebagai pelaku ekspor, memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh diekspor, dan lain-lain.

Melakukan bisnis ekspor tidaklah susah, tetapi tantangan yang besar tentu harus dibekali dengan persiapan yang tidak main-main. Anda bisa memperbanyak keterampilan dan wawasan untuk menjadi eksportir andal dengan bergabung di pelatihan Nudira Learning Center. Melalui sharing dan konsultasi bersama para praktisi ekspor sukses, Anda dapat meningkatkan bisnis ke level yang lebih tinggi.

Ayo berbagi informasi dengan sesama via :
Nudira Learning Center

Syahrul21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *